Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Gagal impor data ke eSPT PPh 21 Tahunan

Posted by Faisal, S.Mn. pada 18 Maret 2009


Dari beberapa kasus yang dialami kegagalan impor data disebabkan oleh :

  1. eSPT tidak memperkenankan adanya tanda koma atas pada nama pegawai, misalnya Sa’diyah harus ditulis Sadiyah
  2. Nominal dalam rupiah penuh oleh karena itu tidak boleh ada angka koma (misalnya pada kolom A1 ada nilai sebesar 31245,4532) solusinya apabila nominal yang dpidahkan nilainya tidak bulat maka jangan dikopi pastekan melainkan gunakan fungsi =trunc(A1)
  3. Apabila diperusahaan tidak memberikan tunjangan PPh atau tunjangan lannya atau natura maka jangan kosongkan kolom terebut tetapi isikan dengan angka 0 (nul)
  4. Tidak ada boleh ada nama yang sama persis jika ada maka hanya nama yang pertama yang kebaca dan nama lainnya tidak terbaca, maka tambahkanlah dibelakang namanya angka 1,2,3 dan seterusnya untuk membedakan (misanya Aman Setiawan ada dua orang maka pada nama aman setiawan kedua tuliskan angka 1 menjadi aman setiawan1) dan setelah data diimpor baru kemudian namanya diedit kembali dengan masuk ke lampiran 1721 A lalu cek list nama yang akan diubah kemudian simpan.
  5. Data setelah berhasil diimpor tidak langsung masuk ke SPT Induk data ini masuk harus menyimpan dulu dengan cara buka lampiran 1721A kemudian simpan
  6. Untuk karyawan yang penghasilan dibawah PTKP daftarnya ada di lampiran 1721A maka kliklah orang maka akan muncul daftar pegawai dibawah PTKP kemudian kopikan total penghasilan bruto ke 1721 A dan ketikan jumlah orangnya kemudian simpan
  7. Cetakan 1721 A1 menjadi dua halaman, tambahkan ukuran kertas folio dengan cara ini (Klik di sini)
  8. Jangan mengubah data file impor di file csv tetapi pengubahan dilakukan di file xls-nya, apabila diubah di csv data terbaca menjadi error misalnya format NPWP tidak sesuai.
  9. Untuk pegawai asing/expatriat yang lebih dari 183 hari file impor yang digunakan adalah sama yakni file impor pegawai tetap lokal jadi tidak dipisahkan (diimpor bersamaan dengan pegawai lokal) sehingga cek list pegawai expartiat tidak perlu diconteng.
  10. Jangan menyimpan/mengubah file xls ke format csv apabila setting regional di komputer bukan disetting di Indonseia

Untuk lebih mudahnya atau tidak dapat menemukan kesalahannya sebaiknya gunakan file ini (unduh-save target as kemudian buka dengan excel) sehingga data-data pegawai cukup diisikan di sheet Rincian Gaji atau dengan cara dilink kan apabila datanya sudah ada atau bisa juga dengan kopi paste special pilih value ke sheet rincian gaji lalu buka sheet 1721A1 apabila jumlah karyawan tidak cukup kopi pastekan dari baris ke-11 ke baris dibawahnya sampai secukupnya(sesuai data di sheet Rincian Gaji)

About these ads

2 Tanggapan to “Gagal impor data ke eSPT PPh 21 Tahunan”

  1. Muhammad Heri said

    Salam Pak Faisal,

    Maáf Pak Faisal, kalau bisa Bapak mengadakan training secara langsung kepada kami. Karena Mungkin dengan cara seperti ini kami bisa lebih mengerti untuk mengisi kalkulasi pajak tahunan ( 1721 A1).

    Terima Kasih

    heri

    ===Faisal====

    Salam juga pak heri,
    Maaf, kalau untuk pelatihan pengisian eSPT PPh 21 tahunan bukan kah sudah kami lakukan di UIB Desember 2008 kemarin pak.. Kalau pun masih ada kendala Bapak bisa kok datang ke kantor.

    Terima Kasih. :)

  2. meli said

    saat proses impor hasilnya menjadi error dengan tulisan ” NPWP harus 15 digit” maksudnya apa ya? apa yang mesti dilakukan? agar proses impor data menjadi sukses. trims


    =======Faisal=========

    Coba dicek penulisannya NPWP-nya digitnya harusnya 15 digit… kemungkinan angka 0 di depan npwp tidak terbaca, coba beri tanda kutif satu atas pada awal npwp..

    Terima Kasih. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 790 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: