Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Per-38/PJ/2009 tentang Form SSP Baru

Posted by Faisal Abet pada 30 Juni 2009


Formulir Surat Setoran Pajak(SSP) telah diubah dan mulai berlaku sejak 01 Juli 2009 namun apabila Wajib Pajak telah membuat SSP dalam bentuk cetakan masih boleh dipergunakan sampai 31 Desember 2009.

Nah sebenarnya apa yang berubah dari SSP yang lama ke SSP yang baru(bentuk formulirnya dalam format excel ada di kolom download), perubahan yang mencolok adalah adanya kolom NOP dan Alamat OP, hal ini diperlukan dalam hal SSP dipergunakan untuk pembayaran PPh atas Pengalihan hak atas tanah atau/dan bangunan lain hal kolom ini tidak perlu diisi, hal yang lain adalah perubahan istilah dari kode MAP/Kode Jenis Pajak menjadi Kode Akun Pajak selebihnya hanya perubahan design seperti kolom masa pajak, kolom nominal & terbilang serta kolom validasi bank persepsi dan penambahan kata “Terima Kasih Telah Membayar Pajak – Pajak Untuk Pembangunan Bangsa“. Perubahan juga terjadi di lembar kedua dimana sebelumnya tertulis “untuk KPP melalui KPPN” sekarang menjadi “untuk KPPN”.

Adakah yang lain yang berubah dan bertambah, ya memang tidak ada perubahan namun penambahan pada kode akun pajak dan kode jenis setoran, penambahan itu adalah :

Kode Akun Pajak :

  1. 411131 Pembayaran Fiskal Luar Negeri sehingga kode akun pajak 411128 dan kode jenis setoran 100 untuk fisal luar negeri sudah tidak ada lagi.
  2. 411612 Penjualan Benda Materai
  3. 411613 Penjualan Batubara

 

Kode Jenis Setoran :

  1. 301 Denda Penagihan
  2. 417 Bunga Simpanan Koperasi ke Orang Pribadi
  3. 418 Penghasilan transaksi Derivatif yang diperdagangkan di bursa
  4. 419 PPh Final Pasal 17 ayat 2c atas Deviden
  5. 499 PPh Final Lainnya
  6. 500 setoran untuk pengungkapan ketidakbenaran dalam SPT.
  7. 501 setoran penghentian penyidikan tindak pidana
  8. 510 setoran sanksi administrasi atas pengungkapan ketidakbenaran pengisian SPT
  9. 511 setoran atas sanksi administrasi atas penghentian penyidikan tindak pidana.

Perubahan ini dilakukan agar informasi dalam SSP menjadi jelas oleh karena itu atas pengalihan hak atas tanah bangunan juga mencantumkan nama pembeli pada kolom uraian pembayaran atau nama penyewa apabila PPh atas sewa tanah dan/atau bangunan disetor sendiri selain itu juga design yang lebih memudahkan dalam pengisiannya yakni peletakan masa pajak, jumlah nominal dan terbilang, serta mengingatkan Wajib Pajak bahwa pajak yang telah disetornya adalah demi berlangsungnya pembangunan Bangsa yang Mandiri.

57 Tanggapan to “Per-38/PJ/2009 tentang Form SSP Baru”

  1. fifi berkata

    pak…mauu tny u/ unduh file terbilang.xla gimana caranya???

  2. fifi berkata

    pak…..bila saya mau menghilangkan lembar 1-5 nya bisa ga???karena saya mauu pakai lembar yg rangkap carbon langsung yg sudah ada tulisan cetaka lembar 1 – 5 nya???cr nya gmn???trus untuk nambahin di bawah logo departemen keuangan bisa saya tambahin ga KPP pratama palmerah gt biar jelas…???mohon jawabannya thx….

  3. fifi berkata

    u/ yg unduh terbilan.xla sy sudah bisa….thx y

    • Faisal berkata

      Sudah ya bu, maaf baru sempat buka.. Maaf bu file yang saya buat memang tidak diperuntukkan untuk kertas karbon. Sedangkan KPP tempat Wajib Pajak terdaftar sejak perubahan SSP tahun 2006 sudah tidak ada lagi artinya Wajib Pajak tidak perlu mencantumkan KPP tempat terdaftar dan penyetoran bisa dilakukan dimana saja.

      Terima kasih. :)

  4. dhawir berkata

    Mas Faisal

    Bagus sekali blognya..mungkin bisa jadi bahan referensi yang bagus untuk komunitas pajak di indonesia..

    untuk PER 32 , apakah dengan pelaporan SPT Masa form 1721 maka SPT Tahunan 1721 tidak ada lagi mas..? saya cari referensi nya tapi belum ketemu..

    terima kasih dan salam
    Dhawir

    • Faisal berkata

      Tidak ada ketentuan yang mengatur bahwa SPT Tahunan PPh Pasal 21 sudah tidak ada lagi namun mengingat Per-32/PJ/2009 sepertinya mengadopsi dari formulir SPT Tahunan PPh Pasal 21 dengan demikian dapat disimpulkan SPT Tahunan PPh Pasal 21 Tahun Pajak 2009 dan seterusnya tidak ada lagi.

      Terima kasih atas kunjungannya :)

  5. DIAN MULYANINGRUM berkata

    pak..saya mau download ssp format excel, bgm caranya …?
    Thanks

    DIAN (BEKASI)

    Klik Tab Download lalu cari tulisan SSP per-38/PJ/2009 klik aja kemudian klik download.

    Terima kasih. :)

  6. Ami berkata

    Pak….Kok msh sulit yah download Ssp per-38/PJ/2009.
    Apa yang salah yah?

    Terima Kasih,
    Ami

    Sulit ya bu, kesulitannya dimana ? Bukan jaringan internet ibu yang lambat kan.. he..he… Btw, udah saya email kok bu… :)

    Terima Kasih. :)

  7. fahmi berkata

    Pak….Kok msh sulit yah download Ssp per-38/PJ/2009.
    Apa yang salah yah?

    Terima Kasih,
    fahmi

    sudahkan pak, tidak ada masalah lagi. Kalau ada masalah silahkan hubungi saya kembali…

    Terima kasih. :)

  8. Sumanto A Siar berkata

    Salam kenal Pak Faisal, mohon bantuannya untuk bagaimana cara “unduh file terbilang.xla” karena saya mengikuti cara yang saya download kok masih mengalami kesulitan

    Atas perhatian dan kerjasamanya saya haturkan terima kasih.

    Salam kenal juga Pak Sumanto.. Maaf, kesulitan download terputus atau tidak tampil, atau cara settingnya ? Kalau filenya sudah saya email pak..

    Terima kasih.. :)

    • Sumanto A Siar berkata

      kesulitan saya pada Setting Terbilang Pak Faisal, sebenarnya saya sudah mengikuti instruksi yang tertuang dalam aplikasi yang bapak buat.

      Trims atas perhatiannya

      Sumanto

      Sama-sama… O begitu, maaf sudah dicoba di sheet yang lain misalnya mengetikan nilai tertentu di kolom A1 kemudian di kolom A2 ketikan =terbilang(A1) kemudian enter, apakah berfungsi ? Klu sudah gunakan file SSP New Otomatis1.xls saja.

      Terima Kasih. :)

  9. yudi berkata

    Malem pa,

    gimana cara merubah isi dari bagian “Uraian Pembayaran”
    misal saya cuma ingin isi dengan : PPH pasal 25 bulan juli

    thank’s be4

    Sepertinya tidak perlu pak, kan masa pajaknya sudah disilang…

    Terima Kasih. :)

  10. raka berkata

    bisa ngak di bantu kirim kan email ke saya raka_najib@yahoo.com
    format SSP pajak yg dlm format exel…
    terima kasih atas bantuan nya jika email nya dapat saya terima

    Ok….
    Terima Kasih. :)

  11. Herry Sutjipto berkata

    Hallo pak Faisal,
    Sudah lama nggak ketemu nih …..
    eSPT PPh 21/26 yang baru …. masih harus menghitung pajaknya diluar program tersebut? Dengan kata lain masih harus menghitung pajak dll secara manual lebih dulu?
    Dari form yang ada, dalam format Excel bukannya sudah bisa dibuat secara otomatis pak?
    Saya sudah buat, kalau pak Faisal mau akan saya kirim untuk mendapatkan komen dari bapak (cuman programnya besar sekali, hampir 1.5 MB).
    Oy iya pak …… SPT Tahunan WPOP dan WP Badan dalam format Excel apa sudah punya???
    Kalau sudah tolong di upload …. sehingga kami sebagai WP dapat kemudahan.
    Wassalam, terima kasih.
    Herry Sutjipto.

    Iya nih dah lama, kemana aja pak ? Bisa sih tetapi kan eSPTnya sudah ada soal perhitungan pegawai tetap kan sudah saya buat tinggal dikombinasi deh… Mudah kan… Selain memudahkan WP juga memudahkan aparat pajak, bukan begitu ? Dengan pertimbangan eSPT itulah saya menganggap belum begitu diperlukan untuk membuat SPT OP atau Badan dalam format excel.

    Wassalam. Terima Kasih. :)

    • Herry Sutjipto berkata

      Pak Faisal,
      SPT PPh Pasal 21/26 tmt Juli 2009 dalam format Excel lengkap, saya kirim ke email pribadi Bapak.
      Terima kasih.
      Salam.
      Herry Sutjipto.

      Dah saya liat, kreatif full… tapi kalau boleh saya mengkoreksi sedikit di bukti potong final dan tidak final.

      Terima Kasih. :)

      • Herry Sutjipto berkata

        Terima kasih atas koreksinya pak …
        Sudah saya koreksi dan saya reply …..
        Sekali lagi terima kasih ….
        Salam ….

        Sama-sama Pak Herry…

        Terima Kasih. :)

  12. dewi eka berkata

    salam kenal p’ faisal…….,
    saya juga bingung cara ngunduh file terbilangnya,boleh minta di e-mail nggak pak? makasih sebelumnya

    Salam kenal juga ibu, sudah saya email…

    Terima Kasih. :)

  13. dewi eka berkata

    terimakasih file sudah saya terima pak,
    tapi saya ada kesulitan bagaimana cara mengaplikasikannya,
    komputer saya pakai ms excel 2007,yang saya download ssp new otomatis excell & barusan juga sudah download terbilang excell 2007, langkah selanjutnya bagaimana ya pak? karena kalau saya buka format excel 2007 tidak ada menu tools, apa ada cara yang lain yang lain yang saya belum tahu?

    Maaf ibu, coba ibu buka file terbilang excell 2007 yang sudah ibu unduh, file tersebut berbentuk pdf yang merupakan petunjuk agar dapat mensetting file terbilang di ms office 2007.

    Terima Kasih. :)

    • dewi eka berkata

      halo lagi pak faisal,
      barusan sudah saya cari dan akhirnya ketemu caranya,terima kasih ya,blog ini emang no.1…..:)

      Ha..ha… ibu bisa saja…
      Banyak kok blog yang lebih baik dari saya, saya hanya serpihan yang mencoba untuk berbuat…

      Terima Kasih. :)

  14. sofyan berkata

    Salam……
    Saya Minta tolong dikirimi contoh formulir ssp terbaru yang berlaku 01 Juli 2009 ke email saya dalam bentuk exel dari lembar 1 s/d 5. terima kasih bantuannya.,

    Sudah saya emailkan pak… :)

    Terima Kasih. :)

    • sofyan berkata

      Salam, Kiriman file ssp yang sesuai PER-38/PJ/2009 belum dapat saya lihat, mohon dikirimin kembali ke.. asofyan20@yahoo.co.id, thanks ya….

      ====Faisal====

      Sedang saya email pak, kebetulan jaringan sedang lambat.

      Terima Kasih. :)

  15. Herry Sutjipto berkata

    Ass pak Faisal,
    Saya ada pertanyaan, mohon penjelasannya:
    PT. GPE (perusahaan DN) mendapat tagihan (Invoice) untuk jasa Forwarder (dari perusahaan LN) sebesar US$ 4,895.00.
    Ada tiga kemungkinan pembayaran yang akan dilakukan oleh PT. GPE atas invoice tsb adalah;
    I. Cara pertama:
    • PPN 10 % akan dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia sebesar 10% x US$ 4,895.00 = US$ 489,50
    • PPh 26 akan dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia sebesar 20% x US$ 4,895.00 = US$ 979,00
    • Pembayaran ke Forwarder LN sebesar US$ 4,895.00 – 20% x US$ 4,895.00 = US$ 3,916.00
    II. Cara kedua:
    • Invoice di gross up sebesar 20 % (PPh 26) menjadi sebesar US$ 4,895.00 : 80% = US$ 6,118.75
    • PPN 10 % akan dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia sebesar 10% x US$ 6,118.25 = US$ 611.88
    • PPh 26 akan dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia sebesar 20% x US$ 6,118.25 = US$ 1,223,75
    • Pembayaran ke Forwarder LN sebesar US$ 6,118.25 – 20% x US$ 6,118.25 = US$ 4,895.00
    III. Cara ketiga:
    • PPN 10 % tidak dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia
    • PPh 26 akan dibayarkan ke kantor Pajak Indonesia sebesar 20% x US$ 4,895.00 = US$ 979,00
    • Pembayaran ke Forwarder LN sebesar US$ 4,895.00 – 20% x US$ 4,895.00 = US$ 3,916.00
    Terima kasih atas penjelasnan bapak.
    Wass wr wb,
    Herry sutjipto

    Wa’alaikusalam Warahmatulahi Wabarakatuh.
    Seperti Pak Herry sampaikan sebelumnya melalui email bahwa perlakukan pajak atas pembayaran pemakaian jasa forwarder LN untuk pengiriman barang ke luar negeri diluar PPh, karena pemanfaatannya berada di luar daerah pabean maka seharusnya bukan merupakan obyek PPN.

    Terima Kasih. :)

    • Herry Sutjipto berkata

      Ass pak Faisal,
      Bukan pengiriman ke LN, tapi PT. GPE impor barang dari LN menggunakan jasa Forwarder LN.
      Mohon penjelasannya, alternatip yang di ambil.
      Terima kasih pak,
      Wass wr wb.

      Wa’alikumsalam Warahmatulahi Wabarakatuh.
      Sepertinya alternatif ke-3 karena tidak dikenaka PPN.

      Terima Kasih. :)

  16. ANGELINA berkata

    Selamat siang pak.
    Apakah FORM PAJAK 1770, 1770S, 1770SS, 1771 dan Semua bukti potong PPh Ps 4 ayat 2 tahun 2009 dalam bentuk excel sudah ada? Kalau sudah ada, tolong di email ke saya. Tq

    Siang ibu.
    Maaf ibu kalau untuk bukti potong PPh Psl. 4 ayat 2 tahun 2009 saya ada, sudah saya email ke ibu.

    Terima Kasih. :)

  17. hendro berkata

    Pak mau tanya tentang bagaimana pangisian terbilang di SSP nya,
    kami mencari file terbilang dengan format terbilang.xla tetapi tidak menemukan,
    harap bantuannya ya.
    S.O.S

    Ada kok di blog ini, di tab download… Silahkan dibuka dan didonwload…

    Terima Kasih. :)

  18. Widya berkata

    Assalamu’alikum Pak Faisal

    Salam kenal, saya baru buka blok ini, ok banget, bisa langsung minta tolong Pak, mau juga dong SSP lembar 1-5 dan Form PPh Ps.4(2) dalam bentuk EXEL, sebelumnya dan sesudahnya Terima kasih banyak,
    Wassalam

    ====Faisal====

    Wa’alikumsalam Warahmatulahi Wabarakatuh.
    Salam kenal juga ibu, terima kasih.. Kan ada di blog ini bu… tapi sudah saya email kok..

    Terima Kasih. :)

  19. ANGELINA berkata

    Slamat siang pak.
    Minta di email form pajak PPh 23 tahun 2009 yang lengkap dalam bentuk excel ya. Tq

    ====Faisal====
    Sudah saya email bu….

    Terima Kasih. :)

  20. Susan berkata

    Selamat siang pak.

    Pak minta tolong diemail per 38/PJ/2009 tentang form SSP yang terbaru, dalam bentuk excel ya…..

    txs.

    ===Faisal====

    Sudah saya email berikut file terbilangnya..

    Terima Kasih. :)

  21. verna berkata

    Siang pak…

    Saya mau minta di-emailkan form SSP yang terbaru (dalam format excel). Saya sudah coba download tapi gagal euy….

    Thanks ya….

    ======Faisal====
    Sudah saya emailkan..

    Terima Kasih. :)

  22. aris berkata

    pagi pak..

    mo nanya tt kode MAP : PPh atas pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan yang tidak bersifat final Badan.

    di aturan yang lama kode MAPnya 411126.101
    tapi di per yang baru kok ga ada ya?
    trus untuk transaksi tsb pake kode MAP yang mana?

    makasih sebelumnya.

    =======Faisal======

    Sesuai PP 71 tahun 2009 dan Per28/PJ/2009 yang mulai berlaku 01 Januari 2009 atas pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan dikenakan PPh Pasal 4 ayat 2 sehingga tidak dibedakan lagi antara orang pribadi atau badan atau yang bergerak di bidang jual beli tanah dan/atau bangunan (real estate) maka diperlakukan sama yakni dikenakan tarif final 5% dari nilai bruto pengalihan kecuali atas penyerahan RSS dikenakan tarif final 1% atau penyerahan yang dikecualikan hibah sedarah atau semenda, warisan, wakaf atau orang pribadi yang penghasilan dibawah PTKP juga nilai penyerahannya tidak melebihi 60juta rupiah dalam satu tahun kalender.
    Oh ya tambahan sekarang istilahnya bukan lagi kode MAP tetapi Kode Akun Pajak (KAP)

    Terima Kasih. :)

  23. Kasih Ani berkata

    Yth Pak Faisal
    sy tidak tahu kalo sudah ada form SSP yg baru, sy sudah kadung ngeprint form SSp yg lama banyak sekitar 40 bendel, apakah masih dipakai ?
    Mohon di-emailkan form SSP yang terbaru (dalam format excel).

    maturnuwun .

    =====Faisal=====
    Formulir cetakan SSP Format lama menurut ketentuan hanya bisa digunakan sampai 31 Desember 2009. Filenya sudah saya email ibu…

    Terima Kasih. :)

  24. dewi berkata

    selamat siang pak faisal…..
    ak baru buka blognya dan aku langsung minta bantuannya….
    bisa ga dikirimkan ssp terbaru tapi dlm excel ya..
    minta dikirmin 1770,1770s,1771 dlm excel jg,biar aku gampang masukin datanya.untuk persiapan buat pajak tahunannya.

    terima kasih

    ===== Faisal ======

    Maaf bu, di blog ini kan ada diunduh(download) aja…

    Terima Kasih. :)

  25. Danny berkata

    Pak Faisal,

    Saya mau tanya, apa bisa saya menggunakan satu SSP untuk membayar PPh Pasal 25 beberapa bulan sekaligus (mis. Agustus s/d Desember 2009)?

    Terima kasih sebelumnya

    ==== Faisal ====

    Maaf pak tidak diperkenankan, satu SSP untuk satu masa pajak..

    Terima Kasih. :)

  26. Yanto berkata

    Pak Faisal saya mau nanya utk aplikasi SSP.
    1. Masalah program terbilang apakah akan berpengaruh ke NB saya jika sy sdh mempunyai Program terbilang yg lainnya?
    2. Bagaimana cara mengisikan pangkat dan Nomor Induk di kolom tajuk tanda tangan.
    3. Terimakasih atas jawabannya. ditunggu..

    ====Faisal====

    1. Tidak masalah pak, gunakan saja file terbilang Bapak dan file SSP yang dipakai SSP New Otomatis1.xls.
    2. Tidak perlu pak tetapi kalau Bapak mau menambahkan juga lebih baik dapat ditambahkan dengan cara stempel bersamaan dengan pemberian stempel lembaga/instansi/perusahaan. File untuk pencatuman jabatan sudah saya email..
    3. Sama-sama..

    Terima Kasih. :)

  27. Mamet berkata

    Pa Faisal tolong saya dong..
    saya minta file SSP dalam bentuk Excel yg terbaru (2009)
    soalnya saya download dari pajak.go.id selalu gagal
    tolong bantu kirim via email ya Pa’

    Trimakasih sebelumnya…

    ====Faisal=====

    Sudah saya email pak…

    Terima Kasih. :)

  28. abu kuniyah berkata

    Asslm. Wr.Wb.
    Pak Faisal sy mengucapkan terima kasih atas Form 1770S-2009, cuma kalau boleh sy kasi masukan, lihat sheet 1770-II bagian D (Daftar Susunan Anggota Keluarga), khusus kolom Hubungan Keluarga dan Kolom Pekerjaan “RUMUS” nya ada sedikit keliru. Silahkan dikoreksi kalau sy yg salah.

    Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    Wassalam,
    Bustami Nasrun
    PT. Perusahaan Perkebunan Bajabang Indonesia
    email : bustami@bajabang.co.id

    ====Faisal=====

    Iya pak terima kasih atas masukannya, sudah saya perbaiki…

    Terima Kasih. :)

  29. Winda berkata

    Pak tlg emailin saya ya format ssp yg baru dlm bentuk excel, saya uda coba berkali-kali tapi ngga bisa. Trima kasih.

    ======Faisal=====

    Sudah saya email…

    Terima Kasih. :)

  30. riska berkata

    Siang Pak,
    Saya mau dong di emailin form SSP yang sesuai PER-38/PJ/2009

    Thanks,
    Riska

    ====Faisal=====

    Sudah saya email bu…

    Terima Kasih. :)

  31. deka susanti berkata

    Pa Faisal tolong saya dong..
    saya minta file SSP dalam bentuk Excel yg terbaru (2009)

    saya udah coba unduh tp gag bisa tlg dibantu kirimin via email ya pak,

    Terima kasih
    Deka

    ====Faisal=====

    Sudah saya email bu…

    Terima Kasih. :)

  32. deka susanti berkata

    Oia pak fais saya udh bisa unduh cm kok read only yah gag bisa di edit gmn nih caranya??

    Bantuin deka pak?

    Regards
    Deka

    ====Faisal=====

    Tolong dibaca petunjuknya bu…

    Terima Kasih. :)

  33. dita febrina e berkata

    Pak faisal, aq minta tlg diemailkan Form SSP dlm bentuk excel versi terbaru (2009).
    soalnya aq download dr tempat lain ga bs bs..

    Tks

    =======Faisal=====

    Sudah saya email…

    Terima Kasih. :)

  34. nanda berkata

    P’faisal, aq minta tlg diemailkan Form SSP dlm bentuk excel versi terbaru (2009).
    soalnya aq download ga bs bs..

    Thx

    ======Faisal====

    Sudah saya email…

    Terima Kasih. :)

  35. Risma berkata

    Dear pak Faisal,
    Pak boleh minta tolong diemailkan Form SSP dlm bentuk excel versi terbaru (2009).
    Soalnya saya download dr tempat lain ga bisa buka karena di password..

    rgds,
    risma

    ====Faisal=====

    Kalau di download dari blog ini gimana bu…

    Terima Kasih. :)

  36. Nora berkata

    dear pak faisal

    pak saya minta form SSP dan form 1770 I s/d IV untuk pengisian pajak pribadi bukan karyawan dlm bentuk excel ya pak?

    terima kasih pak sebelumnya

    =======Faisal=========

    Ada ditulisan saya tentang SPT Tahunan 2009 bu….

    Terima Kasih. :)

    • Nora berkata

      pak faisal mengenai file 1770 lampiran 1 s/d 4 belum saya temukan saya sudah coba buka instruksi dari bapak , mohon bantuannya pak

      ======Faisal====

      Ada bu di tulisan saya tentang “Menilik Perubahan SPT Tahunan 2009″ bagian bawah…

      Terima Kasih. :)

  37. wahyuni berkata

    pak faisal apakah ada form faktur pajak baru?

    ====Faisal=======

    Memang ada bedanya bu…

    Terima Kasih. :)

  38. wahyuni berkata

    pak faisal mau tany mengenai UU baru PPN, gimana kalau ada transfer uang masuk sekaligus untuk penjualan contoh 1000, shipmennya 2 hari kemudian secara parsial 500 dua hari lagi 500? apakah penerbitan faktur pajak nya bisa mengikuti shipmennya?

    =====Faisal======

    Boleh tetapi diberi keterangan pada faktur pajaknya dalam hal pembayaran ke-1 dan ke-2 dan kalau dibuat sekaligus pada pembayaran kedua kan masih dapat dilakukan bu…

    Terima Kasih. :)

  39. pauline berkata

    Pak Faisal sy koq blm bisa pakai file =terbilang untuk SSP nya padahal sudah dicoba seperti yg tertera dikolom komentar , bs tlg dijelaskan sekali lg Pak?
    Dan sy mau membayar BPHTB (SSB) konsumen apakah ada formatnya dan kalau ada bisa diunduh dimana, saya mohon bantuannya, terimakisih Pak.

    ======Faisal======

    Maaf ibu petunjuknya sudah saya buat sejelas mungkin… Untuk SSB sudah saya email ibu…

    Terima Kasih. :)

    • pauline berkata

      Maaf Pak Faisal semuanya sudah jelas dan SSB sudah saya dapat, terimakasih atas bantuannya.

      ======Faisal=====

      Sama-sama ibu…

      Terima Kasih. :)

  40. Abdillah berkata

    tolong kirimkan form SSP terbaru dong ke E-mail saya !!!

    ======Faisal=======

    Sudah saya email pak…

    Terima Kasih. :)

  41. Surya berkata

    bisa tolong di email ke saya juga pak SSP terbaru .

    trims

    =====Faisal=====

    Sudah saya email…

    Terima Kasih. :)

  42. Tony berkata

    kalau menggunakan excel, apakah bank mau mengvalidasi per halaman karena dengan excel berarti tidak langsung tembus seperti ssp kertas karbon kan ya?
    thanks a lot

    ======= Faisal=======

    Biasanya lembar validasi hanya di lembar pertama pak, kecuali WP menggunakan kertas carbonise untuk menggunakan kertas carbonise silahkan menggunakan file SSP saya untuk PPh Pasal 22

    Terima Kasih. :)

  43. siswoko berkata

    sy ingin membuat SPPT tp di tanya SSP & SSB,objek pajak bumi : Rp 916.000 & Bangunan : Rp 1.200.000 luas bangunan 30 M2, tolong dibantu cara hitung dan biaya yg di keluarkan.

    =======Faisal========

    Untuk pembayaran PBB ya pak, cukup memberikan SPPT di tempat pembayaran saja pak tetapi kalau diminta SSP PBB isikan saja sesuai data SPPT-nya.

    Terima Kasih. :)

  44. Arti berkata

    Pak, saya sudah download file SSP excel terbaru – terima kasih pak…tapi kenapa untuk terbilangnya error ya…?
    sudah saya lakukan semua petunjuk bapak tapi kok tdk bs jg ya…?
    saya coba di file excel yg lain bs tp tdk bs klo di file SSP excel yg manapun…
    gimana ya pak…?

    terima kasih sebelumnya

    =======Faisal========

    Kalau begitu Pak Arti bisa menggunakan file “SSP New Otomatis1.xls”

    Terima Kasih. :)

  45. Arti berkata

    Pak faisal saya sudah download SSP New Otomatis 1.xls dan terima kasih sekali karena sangat membantu saya, tapi karena saya wajib pungut jd perlu lembar ke-5 sebagai arsip. apakah bs ditambah untk lembar ke-5 nya pak ?

    terima kasih.

    ====Faisal======

    Gunakan file SSP untuk PPh Pasal 22

    Terima Kasih. :)

  46. merina berkata

    pagi pak,

    pak saya butuh form spt masa pph 23/26 dlm btk excl yg terbaru ( thn 2010),apakah bpk punya?klo ada saya mohon bantuanny utk di share.terima kasih

    ======Faisal=====

    Sudah saya email ibu Merina …

    Terima Kasih. :)

  47. novi berkata

    salam kenal pak faisal…

    saya mo minta tlg dishare form sspnya yg terbaru beserta SPT pph 23 & pph 4 (2) boleh kan pak…?? Saya mohon bantuannya ya pak…tx alot atas bantuannya…

    =======Faisal========

    Sudah diemal bu…

    Terima Kasih. :)

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 773 pengikut lainnya.

