Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Faktur Pajak Pengganti

Posted by Faisal Abet pada 16 Januari 2012


Sudah salah diperbaiki ternyata salah lagi… Kok bisa ? Merasa sudah tahu sehingga tidak perlu bertanya lagi atau mendapat info yang keliru.. Ya.. tulisan ini dibuat agar tidak terjadi kekeliruan lagi.

Ada dua perlakukan faktur pajak pengganti :

  1. Kesalahan di nomor urut faktur pajak
  2. Kesalahan selain nomor urut, seperti identitas pembeli/pemakai jasa, nilai transaksi baik uraian barang/jasa, DPP, atau PPN-nya,  transaksi yang digunakan rupiah atau dollar , nilai jual,  nilai pengganti

maka dua kondisi diterapkan perlakukan yang berbeda, untuk kondisi yang pertama faktur pajak pengganti yang akan diterbitkan menggunakan nomor urut dan tanggal seharusnya, contoh kasusnya misalnya :

PT Sumber rezeki menerbitkan faktur pajak pada tanggal 2 Januari 2012 kepada PT Kaleng Grondangan dengan nomor seri faktur pajak 010.000-12.00000435 diketahui pada tanggal 16 Januari 2012 nomor faktur pajak seharusnya dimulai lagi dengan nomor urut 1 sesuai diatur di PER-13/PJ/2010 stdtd PER-65/PJ/2010 faktur pajak pada awal tahun dimulai lagi dari nomor pertama.  Maka segera perbaiki faktur pajak ini dengan membuat faktur pajak baru yakni faktur pajak pengganti karena apabila timbul pemeriksaan maka faktur pajak ini dianggap cacat. Untuk itu pada tanggal 16 Januari 2012 PT Sumber Rezeki menerbitkan faktur pajak pengganti dengan nomor seri 011.000-12.00000001 dengan tanggal yang sama dengan faktur pajak yang diganti yakni tanggal 2 Januari 2012, ada pun inilah Contoh Faktur Pajak Pengganti Salah nomor Urut  untuk kasus ini.

Sedangkan untuk kondisi yang kedua maka diterbitkan faktur pajak baru berupa faktur pajak pengganti dengan memperbaiki kesalahan yang terjadi kemudian membuat nomor urut sesuai nomor urut yang terakhir akan digunakan dan tanggal kapan faktur pajak tersebut diterbitkan. Agar lebih jelas berikut contoh kasusnya :

Pada tanggal 30 Nopember 2011 PT Sumber Rezeki menerbitkan faktur pajak kepada PT Adam Bener dengan nomor seri faktur pajak 010.000-11.00000317 tetapi ternyata di tanggal 11 Januari 2012 diketahui terjadi kesalahan nilai transaksi karena tercantum DPP & PPN masing-masing adalah Rp 2.000.000,-  & Rp 200.000,- yang seharusnya masing-masing DPP dan PPN-nya adalah Rp 1.500.000,- & Rp 150.000,- sehingga dibuat faktur pajak pengganti dengan nomor urut pada tanggal 11 Januari 2012 yakni 16 sehingga nomor seri faktur pajak penggatinya adalah 011.000-12.00000016 dan tanggal faktur pajak penggati adalah tanggal diterbitkan faktur pajak penggati yakni tanggal 11 Januari 2012. Ada pun inilah Contoh Faktur Pajak Pengganti Salah Selain Nomor Urut  untuk kasus ini.  Atas faktur pajak pengganti ini dilaporkan dalam pembetulan SPT Masa PPN masa Nopember 2011 sedangkan untuk masa Januari 2012 faktur pajak pengganti ini juga dilaporkan dengan DPP dan PPN nihil (nul).

Contoh kasus kedua.

PT A melakukan 4(empat) kali transaksi dengan PT B dibulan September 2011 yakni tanggal 5, 15, 20, dan 27 Sepptember 2011 dengan total nilai transaksi Rp 200juta dan PPN-nya adalah Rp 20 juta maka dibuatlah faktur pajak tanggal 27 September 2011 dengan nomor seri 010.000-11.00000217 tanggal faktur pajak 27 September 2011 kemudian pada tanggal 16 Januari 2012 baru diketahui bahwa untuk transaksi tanggal 5 dan 15 September 2011 menggunakan mata uang asing US Dollar maka untuk kasus ini diterbitkanlah dua faktur pajak pengganti yakni untuk tanggal 5 dan 15 September 2011 dengan nomor seri 011.000-12.00000008 dengan nilai DPP USD 2 ribu dan PPN US $ 200.-  (Kurs. KMK berlaku tanggal tersebut untuk USD misalnya $ 1 USD = Rp 1.000,00) dan faktur pajak penggati nomor seri 011.000-12.00000009 dengan DPP Rp 10juta dan PPN Rp 1juta dengan tanggal faktur pajak penggati yang sama yakni tanggal 16 Januari 2012.

Hal lain yang perlu diperhatikan :

  1. Faktur Pajak pengganti mencantumkan nomor seri dan tanggal faktur pajak yang diganti.
  2. Digit ketiga pada nomor seri faktur pajak adalah kode faktur pajak 0 untuk faktur pajak 1 untuk faktur pajak penggati.
  3. Digit ketujuh dan kedelapan adalah kode tahun pembuatan faktur pajak
  4. Untuk transaksi menggunakan mata uang asing maka faktur pajak yang digunakan bukan faktur pajak yang biasa digunakan apabila menggunakan mata uang rupiah (sesuai Lampiran 1 A dari PER-13/PJ/2010) melainkan diterbitkan adalah faktur pajak menggunakan mata uang asing yakni Faktur Pajak Valas sesuai yang ada di Lampiran I B PER-13/PJ/2010 dan mata uang yang dicatumkan sesuai mata uang yang digunakan dalam transaksi tersebut.

Catatan 27-11-2012 :

Untuk faktur pajak pengganti yang diterbitkan setelah tahun pajak berganti di eSPT PPN 1111 tidak dapat diinput karena akan muncul comment tahun pembuatan faktur pajak tidak boleh melebihi dari tahun pelaporan, contoh kasus faktur pajak penggati yang diterbitkan Nopember 2012 untuk menggantikan faktur pajak yang diterbitkan Agustus 2011 maka ketika diinput di pembetulan masa Agustus 2011 akan muncul comment seperti ini :

 

 

 

 

 

 

Untuk itu tahun pembuatan faktur pajak pengganti pada nomor seri faktur pajak pengganti sementara diinput sesuai tahun pelaporan misalnya  nomor seri faktur pajak pengganti seharusnya adalah 011.000-12.00055555 maka diinput ke eSPT pembetulan masa Agustus 2011 menjadi 011.000-11.00055555  sementara itu tanggal faktur pajak pengganti tetap diinput sesuai tanggal diterbitkannya faktur pajak pengganti misalnya 27-11-2012 sampai ada perbaikan eSPT PPN 1111.

About these ads

115 Tanggapan to “Faktur Pajak Pengganti”

  1. Dian said

    Mohon maaf Pak Faisal.. Saya mau tanya tentang Faktur Pajak tahun 2012.
    Apa ada perubahan untuk ketentuan faktur pajak tahun 2012?
    Dan apa benar tahun ini faktur pajak standar, gabungan dan khusus sudah tidak berlaku lg, pak?
    Mohon bantuannya, pak..
    terima kasih sebelumnya.

    =======Faisal=========

    Mulai April 2010 bu Dian tidak ada lagi faktur pajak standar dan faktur pajak sederhana yang ada hanya faktur pajak sementara itu faktur pajak gabungan dan dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak masih tetap ada…

    Terima Kasih. :)

    • Dian said

      Maksudnya, sekarang hanya ada satu faktur pajak ya, pak??
      sedangkan faktur pajak gabungan dan dokumen yg dipersamakan dgn faktur pajak hanya sebagai dokumen pendukung??
      maaf, pak.. saya masih bingung dgn ketentuan faktur pajak yg sekarang.
      Mohon bantuannya lg ya, pak Faisal.. (^o^)..

      =======Faisal=========

      Bu Dian, maaf ibu salah persepsi.. istilah faktur pajak gabungan dan dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak tetap ada, bentuk faktur pajak gabungan sama dengan faktur pajak sedangkan dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak bentuknya sesuai yang telah ditentukan. Dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak antara lain seperti rekening listrik, air, telepon, dan lain-lain.

      Terima Kasih. :)

  2. M. Arief said

    Pak Faisal.. Saya mau tanya mengenai pembuatan faktur pajak yang nomornya berurutan..
    Apabila penyerahan bkp/jkp telah dilakukan pada bulan desember 2011 yang seharusnya faktur dibuatkan pada bulan tersebut tetapi baru diketahui ada penyerahan bkp/jkp tersebut pada bulan februari 2012.. untuk pembuatan fakturnya bagaimana.. dimisalkan nomor urut terakhir desember 2011 adalah 60.. kemudian awal tahun kembali dari awal lagi dan sampai sekarang adalah nomor 10 apakah saya membuatkan faktur atas penyerahan bkp/jkp desember 2011 dengan nomor 61 pada bulan februari ini apakah dibuatkan jadi nomor 11..

    =======Faisal========

    Faktur pajak seharusnya dibuat pada saat penyerahan atau dibayarkan, kalau penyerahan tersebut dilakukan di Desember maka faktur pajak dibuat seharusnya bulan Desember. Namun dalam kasus Bapak Arief baru diketahui saat ini maka tanggal faktur pajak sesuai kapan faktur pajak dibuat. Kalau Bapak membuat bulan Desember berarti Bapak membuat tanggal mundur dari faktur pajak dibuat.

    Terima Kasih. :)

  3. Fitri said

    Ass Pak,

    Mau nanya lagi :
    Kalo nomor faktur pajak tidak urut berdasarkan tanggal dimasa pajak yang sama gimana pak, mis. masa pjk jan’12 no. urut 7 tgl 10 jan’12 dan no urut 13 utk tgl 7 jan’12 yang lupa dibuatkan faktur pajak

    Thanks

    ======Faisal======

    Seharusnya berurut ibu, nomor urut kan mengikuti tanggal faktur.. nomor urut 13 seharusnya di atas tanggal 13 jan 2012 karena kan ibu buat setelah membuat faktur pajak nomor urut 7 s.d. 12, ibu membuat tanggal mundur faktur pajak nomor 13 ke tanggal 7 agar supaya tidak terlambat kan ? maaf klu saya keliru..

    Terima Kasih. :)

    • Fitri said

      ya kan pak saya lupa buat waktu tgl 7nya. terus kalo kaya gitu jadinya gimana pak. apa fp saya cacat

      thx

      ======Faisal=======

      Iya bu fitri karena seharusnya ibu buat tanggal 7…

      Terima Kasih. :)

      • Nova said

        halo Pak,

        kasus saya kebetulan agak mirip. Saya membuat faktur pajak sudah mencoba secara urut, tp apa daya, suatu saat saya harus membuat faktur pajak dengan tanggal mundur (kebetulan masih dalam masa yang sama) supaya sesuai dengan berita acara, otomatis saya hanya mengurutkan penomoran faktur nya saja, tanggal saya abaikan.

        Lalu langkah apa yang sebaiknya saya lakukan, mengingat cukup banyak juga faktur “telat” saya. Apa boleh diabaikan, karena mungkin masih dalam batas maklum pajak?

        Satu kasus lagi yang mirip, ada berita acara atas order tertanggal 6 Des ‘2011 yang belum saya buatkan faktur pajaknya. Seandainya tanggal berita acara tidak bisa dikompromi ke masa sekarang, apa saya harus merevisi laporan Des 2011 kemarin? Lalu apakah ada jangka waktu revisi tidak lagi diperkenankan?

        terima kasih

        ======Faisal========

        Nah itulah cara Wajib Pajak membuat agar faktur pajak yang dibuat tidak terlambat maka dibuatlah tanggal mundur. hehehe.. Hal inilah deteksinya nomor faktur tidak berurut sesuai tanggalnya maka atas keterlambatan penerbitan faktur pajak ini dapat diterbitkan sanksi 2% dari DPP sesuai Pasal 14 ayat (4) UU KUP namun demikian faktur pajak yang diterbitkan ini masih dapat dikreditkan oleh pembeli atau pengguna jasa sepanjang tidak melebihi 3 bulan dari seharusnya…
        Pembetulan SPT Masa PPN tidak masalah bu nova, yang jadi masalah kalau ibu belum menerbitkan faktur pajak maka jika ibu terbitkan saat ini maka faktur pajak yang ibu terbitkan adalah terlambat dan ibu bisa dikenakan sanksi pasal 14 ayat (4) UU KUP tetapi faktur pajak tersebut masih dapat dikreditkan oleh lawan transaksi ibu.. Untuk ke depannya saya sarankan ibu nova tetap membuat faktur pajak jika ada nilai yang salah maka dapat diterbitkan faktur pajak pengganti atau jika transaksi dibatalkan maka faktur pajak dapat dibatalkan dibanding ibu dikenakan sanksi pasal 14 ayat (4) UU KUP

        Terima Kasih. :)

      • Nova said

        terima kasih balasan nya Pak,

        tp saya masih bingung, status saya aman atau terancam sanksi 2% ya? Di huruf (d) disebut “…membuat faktur pajak, tetapi tidak tepat waktu”
        Apakah ini tidak tepat waktu “spesifik” merujuk ke nomor urut & tanggal faktur, apabila ada peraturannya tolong diinfokan donk Pak.

        =======Faisal========

        iya ibu, ibu Nova ada potensi diterbitkan sanksi bunga 2% pasal 14 ayat (2) KUP… bukan merujuk tapi sebuah indikasi wajib pajak melakukan pembuatan faktur pajak menggunakan tanggal mundur untuk menghindari sanksi pajak bunga 2% atau tidak dapat dikreditkan bagi penerima faktur.. Karena kalau faktur pajak dibuat pada saat seharusnya dibuat maka sudah pasti nomor urut dan tanggal penerbitan faktur pajak berurut, bagaimana menurut bu Nova ?
        Seperti contoh kasus penyerahan barang dilakukan 6 Maret 2012 tetapi faktur pajak baru dibuat tanggal 21 Maret 2012 maka sesuai ketentuan faktur pajak terlambat diterbitkan.
        Nah untuk menghindari pasal 14 ayat (4) KUP faktur pajak dibuat tanggal mundur menjadi tanggal 6 Maret 2012 padahal nomor urut faktur pajak tanggal 21 Maret 2012 sudah nomor 00000051 sedangkan pada tanggal 6 Maret 2012 nomor urut faktur pajak baru sampai nomor 00000027.
        Selain tanggal mundur adakah indikasi lain yang menyebabkan nomor urut dengan tanggal tidak berurut ?

        Terima Kasih. :)

      • Nova said

        ya semoga saja saya tidak kena…:D
        kebetulan tanggal mundur ini yang agak sering saya alami, karena tanggal faktur merujuk ke tanggal berita acara dari lapangan yang selalu terlambat sampai ke saya, sementara penerbitan faktur saya di kantor jalan terus..

        terima kasih

        ======Faisal========

        Ya bu, mudah-mudahan bu nova beruntung.. hehehe
        Saya do’akan deh mudah-mudahan ke depannya ada koordinasi yang lebih baik dengan orang lapangan ya bu sehingga tidak terlambat lagi.. amin..

        Terima Kasih. :)

  4. omi said

    Good day pak,
    mau tanya,kalo saya uda terbitkan faktur pajak di Januari 2012 dan sudah setor dan lapor di akhir bulan. pada February ini,saya baru tahu kalau nilai PPN dari faktur pajak yang saya terbitkan Januari kemarin ternyata kurang..misal nilai nya 4 juta,di faktur pajak cuma 3 juta.
    Apakah bisa saya hanya membuat faktur pajak pengganti? atau harus pembetulan?dan kalau harus pembetulan prosedurnya bagaimana yah pak?apakah ada sanksinya?
    thx

    =======Faisal=========

    Iya ibu ibu membuat faktur pajak pengganti atas faktur pajak yang telah ibu terbitkan, misalnya ibu kemarin menerbitkan faktur pajak nomor 010.000-12.00000035 tanggal 25 Januari 2012 maka kalau ibu menerbitkan faktur pajak penggati hari ini tanggal 08 Maret 2012 maka faktur pajak yang diterbitkan misalnya 011.000-12.00000124, maka faktur pajak pengganti ini harus dilaporkan di pembetulan SPT Masa PPN masa Januari 2012.

    Terima Kasih. :)

    • tanggal faktur pajak penggantinya itu tanggal berapa pak?
      disesuaikan dengan tanggal kita buat faktur pajak pengganti atau sesuai masa pajak dari faktur pajak yang sebelumnya pak?
      terima kasih

      ======Faisal========

      Tergantung kekeliruannya bu ghea, kalau kekeliruan pada nomor urut maka tanggal sesuai tanggal faktur pajak yang diganti sedangkan jika kekeliruan bukan nomor urut faktur pajak misalnya nama atau NPWP pembeli atau nilai transaksi maka tanggal faktur pajak penggati sesuai tanggal faktur pajak penggati dibuat/diterbitkan.

      Terima Kasih. :)

      • kesalahan faktur pajaknya terletak pada nilai transaksinya pak, berarti sesuai tanggal faktur pajak pengganti itu diterbitkan ya pak?
        lalu faktur pajak pengganti itu dilaporkannya di masa apa pak?
        misal FP semula masa Jan 2011, lalu diterbitkan faktur pajak pengganti tanggal 4 Apr 2011, berarti faktur pajak pengganti itu dilaporkan di masa Jan atau Apr pak?

        terima kasih pak

        =======Faisal======

        Iya ibu Ghea, faktur pajak penggatinya 4 aprl 2011 dan dilaporkan dipembetulan masa Jan 2011 serta di spt normal masa Apr 2011.. di pembetulan masa Jan 2011 dicatumkan sesauai FP Penggatinya sedangkan di masa Apr 2011 DPP dan PPN-nya dicantumkan 0 (nul)..

        Terima Kasih. :)

      • Ricky said

        apabila kesalahannya lebih dari satu kali gimana cara melaporkannya di SPT masa. sebelumnya saya sudah menerbitkan dua buah FP pengganti karena nilai transaksinya salah terus. dengan contoh sbb ;
        1. No. 97 tgl 02 November 11 jumlah 2.000.000,- (data awal)
        2. No. 14 tgl 15 Februari 12 jumlah 3.500.000,- (data kedua)
        3. No. 68 tgl 20 October 12 jumlah 5.500.000,- (data terakhir)

        pertanyaan saya bagaimana cara melaporkan SPT Masa PPN pembetulannya pak???
        Trims

      • Rini Kriswanti said

        Pak, saya ada transaksi pembelian di bulan Juli dan faktur pajak atas pembelian tersebut salah, dan tidak dilaporkan pada SPT masa PPn Juli. sedangkan pihak penjual sudah menyetorkan dan melaporkan di Masa Juli. Bulan september ini mereka mengajukan faktur pajak pengganti, apakah diperkenankan apabila faktur pajak yang awal kami laporkan di bulan ini bersamaan dengan faktur pajak penggantinya?


        ======Faisal========

        Boleh saja ibu tetapi yang pertama ibu input adalah faktur pajak-nya kemudian baru faktur pajak penggantinya.. Kemudian pastikan bu rini, pada faktur pajak yang diganti DPP dan PPN adalah nihil (nul).

        Terima Kasih. :)

  5. sanji0ne said

    kalau misalkan penggantiannya dari faktur pajak sederhana ke faktur pajak standar bagaimana, Pak?
    sebelum 1 april 2010 kan masih ada faktur pajak sederhana

    =======Faisal======

    Sepertinya tidak diatur pak sanji tetapi kemungkinan perlakukan sama seperti faktur pajak sederhana..

    Terima Kasih. :)

  6. wewe said

    Selamat sore pak. Ada yang ingin saya tanyakan mengenai masalah SPT Masa PPN. Pada Formulir 1111 A2, kami melakukan kesalahan pengiputan nama dan NPWP pembeli BKP seharusnya PT. A malah diinput PT. B. Kode, nomor seri, tanggal, DPP dan PPN terutangnya tidak salah (sesuai faktur pajak). Nah yang jadi masalah adalah ketika kami hendak melakukan pembetulan SPT Masa tersebut, ditolak oleh AR dengan alasan kami harus menerbitkan faktur pajak pengganti terlebih dahulu sedangkan PT. A juga menolak diterbitkannya faktur pajak pengganti tersebut karena faktur pajak tersebut menurut mereka tidak cacat ataupun salah. mohon bantuannya pak Faisal. terima kasih


    =======Faisal======

    Kalau salah input tinggal diganti saja bu wewe ditambah surat pernyataan tidak ada transaksi dengan nomor faktur yang salah input tersebut dari PT B yang bu wewe salah input, untuk menguatkan..

    Terima Kasih. :)

    • Ranti Csis said

      Slamt Sore pak…. Bisa dibantu contoh draft untuk “Surat Pernyataan tidak ada transaksi dengan nomor Faktur yang salah input”

      Surat pernyataannya dibuat oleh Perusahaan ibu wewe atau PT.B pak?

      Terima kasih

      =======Faisal=======

      Sebenarnya hanya menguatkan bukti saja bu riris, surat pernyataan dari PT B. Surat pernyataan seperti surat pernyataan lainnya namaun isinya mentakan PT tidak ada transaksi dengan perusahaan bu wewe dengan faktur pajak nomor.. tanggal.. dpp dan ppn msg-msg sebesar …..

      Terima Kasih. :)

  7. Aday said

    Thnks Bgt..blog mas Faisal sgt berguna..jika 20 dari 50 orang Pegawai Dirjen Pajak Punya Blog Seperti ini maka saya rasa tiap Tugas AR dimasing – masing daerah lebih ringan


    =======Faisal======

    Banyak kok mas aday… :)

    Terima Kasih. :)

  8. wati said

    selamat sore pak, ada yang mau saya tanyakan. jika faktur pajak yg saya buat bulan januari 2012 ternyata ada kesalahan nama perusahaan. seharusnya PT B tapi saya masukin ke PT A, jika saya melakukan pembetulan dibulan maret apakah kena denda apa tidak? thanx infonya

    =======Faisal==========

    Tidak dikenakan sanksi ibu wati karena tidak ada batasan waktunya untuk faktur pajak pengganti..

    Terima Kasih. :)

  9. Pal said

    Slmt siang Pak Faisal, saya mau nanya nih
    terdapat kesalahan pengisian nomor faktur pajak, misalnya masa januari 2012 no faktur 25 nilai DPP 1.000.000, PPN 100.000 salah input seharusnya masih nomor 23, kemudian diterbitkan faktur pajak pengganti dengan nomor dengan kode pengganti 011, nomor urut 23 dengan tanggal yang sama. yang ingin saya tanyakan untuk penomoran faktur berikutnya adalah 24 dan 25, dst… apakah nomor fp 25 masih bisa digunakan atau dari nomor 24 langsung ke 26, karena nomor 25 telah digunakan sebelumnya.

    kemudian atas pergantian faktur pajak tadi di SPT pembetulan masa januari dilampiran 1111A2 apakah nomor faktur 25 masih di isi dilampiran tersebut, atau hanya faktur pajak penggantinya

    =======Faisal=========

    Kalau diketahuinya pada saat nomor 26 dan seterusnya belum dipakai pak pal maka penomoran seharusnya melompat yakni 23, 24, 26 dan seterusnya, karena nomor 25 terlanjur dipakai.

    Terima Kasih. :)

  10. zamroni said

    Pak Faisal mohon tanggapan: perusahaan kami melakukan penyerahan barang tanggal 30 Nopember 2011. Atas faktur pajak tersebut diterbitkan Faktur Pajak Keluaran tanggal 30 Nopember 2011 (Tepat Waktu). Ternyata, atas faktur pajak tersebut ada kesalahan, sehingga diterbitkan faktur pajak pengganti tanggal 31 Desember 2011. Berkaitan dengan kasus tersebut, apakah penerbitan faktur pajak kami menjadi terlambat dan dikenakan sanksi 2% dari DPP atau tidak? terimkasih

    ======Faisal========

    Faktur pajak pengganti tidak ada batas waktunya, sepanjang belum dilakukan pemeriksaan faktur pajak penggati dapat diterbitkan.. Sanksi tidak akan diberikan sepanjang kekeliruannya bukan pada DPP dan PPN yang lebih besar dari sebelumnya, namun jika DPP & PPN keliru karena seharusnya lebih besar dari sebelumnya karena penyetorannya terlambat maka atas selisih PPN-nya diterbitkan bunga pasal 8 ayat 2a UU KUP.

    Terima Kasih. :)

    • zamroni said

      hal ini berarti atas pembetulan sebagaimana tersebut di atas tidak akan dikenakan sanksi atas keterlambatan menerbitakan faktur pajak (pasal 14 ayat (2) UU KUP) ya Pak? Terimaksih Pak Faisal

      ========Faisal=========

      Tidak pak zamroni, justru kalau bapak tidak membuat faktur pajak pengganti bapak dapat dikenakan sanksi pasal 14 ayat (4) UU KUP

      Terima Kasih. :)

  11. Iema said

    pak faisal mau tanya misalkan bl februari saya melakukan penjualan ke PT.A dan pada bulan mei saya baru tahu kalo NPWP pada faktur pajak bulan febr tersebut salah.. bagaimana saya membuat faktur pajak penggantiny


    =======Faisal========

    Buat faktur pajak pengganti dibulan ini dengan nomor urut yang digunakan di bulan ini, dengan mencantumkan NPWP yang seharusnya bu lema..

    Terima Kasih. :)

    • Iema said

      untuk dpp & ppn ny faktur pajak penggantinya bagaimana apakah akan mempengaruhi ppn bulan ini?
      apakah perlu membuat pembetulan untuk spt ppn bl februari atau cuma dilaporkan di spt bln ini?..
      trimakasih sebelumnya

      =====Faisal========

      Pelaporan di kedua bulannya bu lema, di pembetualn Pebruari ibu cantumkan faktur pajak penggantinya sedangkan di bulan ini muncul/dicantumkan faktur pajak pengganti tersebut dengan DPP dan PPN nihil(nul). Faktur pajak pengganti tidak akan mempengaruhi pajak bulan ini apabila tidak ada perubahan nilai DPP dan PPN-nya..

      Terima Kasih. :)

  12. Halo Pak Faisal,

    Mohon sharingnya ya,Pak.

    Kasus : pada tgl 01 Maret 2012, kami melakukan penjualan kepada PT AB senilai DPP 2.500.000 & PPN 250.000 dengan nomor seri 010.000-12.000000258.
    pada bulan Mei 2012, diinformasikan dari pihak pembeli yaitu PT AB, bahwa mereka telah berganti nama menjadi PT ABCD, dan meminta saya sebagai pihak penjual untuk merevisi faktur pajaknya.
    Faktur pajak telah direvisi (pada sistem),dan telah diberikan ke PT ABCD.
    perkaranya, atas perubahan nama perusahaan si pembeli itu apa yang harus saya lakukan di e-SPT PPN 1111 ? Apakah :

    – Membuat SPT Pembetulan ke-1 Masa Maret 2012, dengan mengupdate database pembeli tersebut, lalu membuat pembetulan ke-1 diformulir A2 nya, dan hanya mengedit nama perusahaan pembeli tersebut, lalu klik OK, atau
    – Menerbitkan Faktur Pajak pengganti ? Untuk menerbitkan faktur pajak pengganti, berarti saya harus membuat SPT Pembetulan ke-1 pada masa Maret 2012 nya atau tidak ?

    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Okta

    ======Faisal========

    Karena faktur pajak sudah dilaporkan maka yang dibuat adalah faktur pajak pengganti, maka bu okta seharusnya melakukan pembetulan ke-1 SPT Masa PPN masa Maret 2012 dan melaporkan faktur pajak pengganti tersebut, faktur pajak pengganti tersebut juga dilaporkan pada SPT Masa PPN masa mei 2012 dengan DPP dan PPN 0 (Nul).

    Terima Kasih. :)

    • Teddy said

      Maaf ikut nanya pak,
      Apakah nomor faktur pajak bln Mei jadi longkap ya pak, misal: no; 126 (urut bln Mei),namun krn dipakai untuk nomor FP pengganti jd no.126 tidak ada transaksi, begitu ya pak?


      ========Faisal=========

      Tidak melompat pak teddy karena faktur pajak pengganti selain dilaporkan pada pembetulan masa dimana faktur pajak yang dibetulkan dilaporkan juga dilaporkan di masa diterbitkannya faktur pajak pengganti namun dengan DPP dan PPN 0 (nul), untuk kasus ini dilaporkan faktur pajak pengganti nomor 126 pada pembetulan masa Maret 2012 dengan DPP dan PPN yang sebenarnya dan juga dilaporkan pada masa Mei 2012 namun dengan DPP & PPN 0 (nul)

      Terima Kasih. :)

  13. rhieka said

    pak, kalau ada salahuntuk nilai DPP & PPN nya padahal sudah pembetulan 1 dan sudah di lapor.
    apakah bisa kalau saya terbitkan faktur pajak pengganti??
    masuk ke pembetulan 2 atau gmn pak?


    ======Faisal=========

    Ya bu rhieka tentu dientry di pembetulan ke-2 dong faktur pajak penggantinya..

    Terima Kasih. :)

  14. andre said

    pagi pak faisal
    masih tentang faktur pajak kebetulan disuatu perusahaan pt.abc menerbitkan faktur pajak masa januari 2012 ke pt.xyz ternyata dalam beberapa hari pt.xyz menolak faktur tersebut karena pt.abc lupa mencantumkan discount sehinggal nilai faktur lebih besar dari seharusnya dan pt.xyz meminta faktur yang sama (nomor dan tanggal yang sama) dengan nilai yang berbeda sedangkan faktur pajak tersebut sudah dilaporkan oleh pt.abc dimasa januari 2012. pertanyaan saya
    – apakah boleh pt.abc merevisi faktur pajak tersebut tampa menerbitkan faktur pajak pengganti dan membetulkan spt masa januari dengan mengganti dpp dan ppn. dan nilainya menurun diakibatkan oleh discount.

    trims sebelumnya.

    =======Faisal======

    Klu kekeliruan seperti ini memang prosedurnya faktur pajak pengganti pak andre, tetapi dengan nomor seri dan tanggal yang baru.. Faktur pajak pengganti dilaporkan pada pembetulan masa Januari, untuk lebih jelasnya silahkan dilihat cotoh faktur pajak pengganti yang ada di tulisan ini pak andre..

    Terima Kasih. :)

  15. enriew said

    Dear Pak Faisal,

    Mohon sarannya. Hingga 31 Desember 2011 kami telah melaporkan SPT PPn dengan pengajuan restitusi karena lebih bayar. Namun di bulan Mei 2012 ternyata ada pembatalan dan perubahan atas PO yang diterbitkan di November 2011 oleh konsumen sehingga D/p yang telah dibayarkan harus dikembalikan lagi Rp. 100.000.000. Untuk itu kami telah menerbitkan faktur pajak pengganti di bulan Mei 2012 sesuai dengan jumlah D/p dari PO yang terbaru. Menurut AR ternyata kami tidak boleh lagi melakukan pembetulan SPT 2011 dengan alasan telah mencantumkan untuk restitusi.

    Mohon pencerahannya.

    Thank…

    =======Faisal=======

    Sepanjang belum disampaikan surat pemberitahuan pemeriksaan pak enriew masih dapat menyampaikan SPT Pembetulan… Sudah disampaikan pun dapat dibetulkan namun pak enriew dikenakan dendan 50% dari nilai kurang bayar, coba dibaca pasal 8 UU KUP No. 28 tahun 2007.

    Terima Kasih. :)

  16. Tami said

    Pak Faisal sya mau tnya.

    Pada tanggal 30 Juli PKP penjual mengeluarkan faktur no urut 2. Tapi pada bulan Agustus PKP Pembeli ingin minta ganti tanggal fakturnya jadi bulan agustus.
    Sedangkan sya sudah mngeluarkan faktur smpai bulan agustus sudah 6. JAdi saya buat faktur yg barunya gimana ya PAk?

    Mohon bantuanya,

    Terima kasih

    ======Faisal========

    Secara ketentuan perpajakan tidak diperkenan bu tami mengubah tanggal penerbitan faktur pajak, faktur pajak yang diterbitkan melewati batas waktunya kan dikenakan sanksi bungan 2% dari DPP.

    Terima Kasih. :)

  17. Teddy said

    Pak mau tanya, ada kesalahan input di SPM bulan juni No faktur 200 harusnya adalah PT.A dan 201 adalah PT.B. Baru diketahui kesalahan tersebut bln Agustus.
    Bagaimana prosedurnya apakah perlu dbuat pembetulan atas SPM saja atau ada faktur pajak penggantinya (jika perlu dibuatkan)?
    Terimakasih pak,


    ======Faisal========

    Ya buat faktur pajak pengganti kemudian dilaporkan di pembetulan SPT PPN masa diterbitkan faktur pajak penggati dan di masa diterbitkan faktur pajak penggati pak teddy..

    Terima Kasih. :)

  18. Aulia said

    Pak, gimana kalau ada kesalahan input npwp customer karena ada perubahan npwpnya, tetapi sudah dilaporkan ke pajak. gimana cara revisinya ya?
    Thanks…


    ======Faisal=====

    Klu perubahan kode KPP cukup cantumkan kode KPP baru di faktur pajak-nya(tidak lebih dari 3 bulan sejak SMT) bu Aulia kemudian lakukan pembetulan spt sedangkan selain itu maka dibuat faktur pajak penggati kemudain buat pembetulan spt dan atas faktur pajak pengganti tersebut juga dilaporkan di masa faktur pajak pengganti tersebut dibuat.

    Terima Kasih. :)

  19. Sugeng said

    Untuk kesalahan pengisian nomor/tanggal faktur dimasa yang sama, Gimana kalau antara penerbit & penerima sepakat untuk menganggap salah input dan sepakat untuk saling pembetulan? Apakah ini akan dikenakan sanksi karena tidak mengikuti prosedur penggantian faktur.
    Terima kasih.

    ========Faisal========

    Kesalahan input tidak mungkin terjadi di dua belah pihak dengan kondisi yang sama pak sugeng, klu mengani sanksi mungkin harus dilihat lebih jauh kesalahannya dan faktor kesengajaan atau tidak

    Terima Kasih. :)

  20. nova said

    saya mau tanya Pak,
    saya sudah melaporkan spt ppn masa juli, tp ternyata september ini diketahui ada perubahan di salah satu fp keluaran saya utk masa juli yg nantinya menyebabkan ppn terutang lebih besar.
    Yg ingin saya tanyakan,
    1. saya menggunakan e-spt, apakah revisi hardcopy fp yg nantinya saya sampaikan ke lawan transaksi harus disertai perubahan dari 010 menjadi 011, dan kotak info “utk mengganti fp …..” seperti yg dicontohkan bapak? Apabila revisi pas september ini apakah ada perubahan pada tanggal di fp masa juli versi revisi ini?
    2. bgmn dng prosedur pembayaran kekurangan+sanksi dan pelaporannya? lalu di uu kup ada menyebut ttg surat pernyataan pembetulan, apa ada format resmi nya?

    terima kasih.

    =======Faisal=========

    1. Iya bu nova, untuk tanggal dan nomor urut faktur pajak sesuai nomor urut dan tanggal pada bulan September bu nova
    2. Ibu cukup bayarkan kekurang pembayarannya saja untuk sanksi tunggu pihak kpp menerbitkan STP-nya.. Surat pernyataan maksudnya SPT Pembetulan ibu bukan surat pernyataan tersendiri.

    Terima Kasih. :)

    • nova said

      utk pembayaran kurang bayar, apakah ada pengisian tertentu di ssp, misalkan di kode atau uraian? Termasuk utk kolom isian Nomor Ketetapan apa baru bisa diisi utk pembayaran sanksi nanti setelah terbit STP?


      ======Faisal=========

      Boleh saja meanambah keteraangan pada uraian pembayaran klu tunjuannya untuk memperjelas bu nova… Nomor ketetapan diisi dalam hal pembayaran untuk STP atau SKP sedangkan untuk pembayaran lain tidak perlu diisi.

      Terima Kasih. :)

  21. saya mau tanya pak
    untuk faktur pajak pengganti, yang diganti adalah nama PT nya saja. misal faktur pajak yg telah diterbitkan dan sudah dilapor bulan sebelumnya atas nama PT. A lalu di bulan berjalan ingin direvisi menjadi PT. B..

    apakah bisa diterbitkan faktur pajak pengganti atas kasus tersebut?

    terimakasih

    ======Faisal========

    Kesalahan Nama saja kan bukan NPWP-nya sudah benar ? dan tidak karena kesalahan transaksi ? kalau iya maka dapat dibuat faktur pajak penggati.

    Terima Kasih. :)

  22. dekha said

    saya mau tanya pak
    saya waktu itu terjadi mis tentang faktur pajak di masa yang sama namun seharusnya faktur di terbitkan tanggal 6 September tapi tanggal 24 September saya sudah mengeluarkan 4 faktur pajak. akhirnya saya buat faktur pajak dengan nomor urut selanjutnya dengan tanggal 6 september, lalu bagaimana ini tentang pelaporan SPT massanya. apakah saya harus melakukan faktur pajak pengganti.

    mohon pemberitahuannya


    =======Faisal=======

    Iya ibu dekha, ibu bisa buatkan faktur pajak pengganti dengan no urut yang sama dan tanggal yang seharusnya..

    Terima Kasih. :)

  23. Asih Martika said

    Saya mau tanya Pak,
    Saya mau input pajak keluaran tapi setiap mau di simpan malah muncul informasi Nomor dokumen yang diganti/diretur tidak terdaftar. itu kenapa ya Pak??
    padahal saya masukin no faktur pajak dan no faktur pajak yang pnggantinya sudah benar..

    Terima kasih.


    =======Faisal========

    Kemungkinan faktur pajak yang diganti belum dilaporkan di SPT Normal yang ibu betulkan, coba tolong dicek di eSPT apakah memang sudah dilaporkan ibu asih..

    Terima Kasih. :)

  24. pandhu said

    pak, misalkan penjualan di bulan maret, dibatalkan sama pembeli, faktur belum saya laporkan, baru bulan mei saya laporkan dengan DPP nihil, apakah cukup? adakah sanksi bagi saya?

    =======Faisal=======

    kan penjualannya maret maka fakturnya maret maka pembatalan faktur pajak juga dibulan maret pak pandhu…

    Terima Kasih. :)

    • ricky said

      kalau FPnya belum di laporkan berarti tidak ada sanksi dan tidak akan terjadi FP pengganti. tapi bila FP tersebut ternyata sudah dilaporkan di bulan mei dan ternyata ditemukan kesalahan pada bulan Juni yaitu nilai DPP menjadi lebih Kecil dari yang sebelumya sehingga dibuat lah FP pengganti.
      kemudian terjadi kesalahan lagi setelah di koreksi ternyata nilai DPPnya menjadi lebih besar dari yang sebelumya. menurut ketentuan pajak sekarang apa yang harus saya lakukan??? apakah ada sanksi bila FP pengganti diterbitkan lebih dari 1 kali???

  25. Ana hadisty said

    Halo Pak,
    Saya mau tanya apakah Faktur pajak yang telah diterbitkan ditahun lalu masih boleh direvisi? adakah efek negatifnya untuk jangka panjangnya? dan berapa kali paling banyak faktur pajak boleh direvisi?

    Trims

  26. taufan arif wahyudi said

    Halo Pak,
    Saya mau tanya, saya bulan Agustus 2012 sudah terbitkan faktur pajak misl. 010-000-12.00000026 DPP Rp. 2.000.000,- PPn Rp. 200.000,- dan sudah dilaporkan bulan September 2012. Bulan Nopember ini baru ketahuan kalau terjadi kesalahan harga yang seharusnya DPP Rp. 2.500.000,; dan PPn Rp. 250.000,-. Bagaimana saya harus menerbitkan Faktur Penggantinya? apakah mengkuti tanggal dan nomer urut terakhir di bulan November? pembetulan SPT masanya di bulan September ya?

    =======Faisal=======

    Benar pak taufan menggunakan nomor dan tanggal saat faktur pajak penggati tersebut diterbitkan, jika diterbitkan saat ini maka nomor yang terakhir digunakan saat ini dan tanggal saat ini 12 Nop 2012 dan pembetulannya adalah masa September 2012.

    Terima Kasih. :)

  27. Rohim said

    Saya mau tanya Pak,
    jika kita perusahaan konstruksi menyerahkan jasa pada pemungut , pada saat pembuatan faktur pajak terdapat kesalahan isi kode faktur pajak, misal faktur pajak tgl 10 april 2010 ada salah kode dan ketahuan tgl 1 januari 2011bagaimana cara penggantian dan pelaporan faktur pajak pengantinya, apakah atas penerbitan faktur pajak penganti itu harus dikasihkan lembar ke 1nya juga ke pada pemunggut, sedangkan transaksi sudah lewat tahun. Atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.

    =======Faisal=======

    Iya pak rohim batas waktunya 5 tahun kecuali pembetulan menjadi LB atau sebelum 5 tahun bapak telah diperiksa, faktur pajak pengganti diberikan ke lawan transaksi baik pemungut atau bukan pemungut.

    Terima Kasih. :)

  28. ibnu said

    siang.. saya mau tanya pak…
    Perusahaan saya TELAH menerbitkan faktur pajak pada masa JULI dengan nilai PPN Rp. 2.500.000, akan tetapi sejalan project yang ada klien meminta pengurangan pengerjaan jasa yang berakibat berubahnya nilai PPN Rp. 2.300.000, koreksi perubahan tersebut terjadi pada bulan oktober.
    apa yang harus saya lakukan dengan adanya perubahan PPN yang terutang terhadap faktur yang telah di terbitkan?
    terima kasih sebelumnya, pak…


    =========Faisal==========

    Berarti sebagian jasa yang sudah disepakati dibatalkan pak ibu ? kalau seperti itu pak ibu bisa meminta nota pembatalan dari klien bapak sehingga bapak tidak perlu melakukan perubahan terhadap faktur pajak yang telah bapak terbitkan selain itu juga tidak perlu melakukan pembetulan karena nota retur dilaporkan pada masa diterbitkannya nota retur.

    Terima Kasih. :)

  29. Agus R said

    Assalamualaikum
    Selamat Siang Pak, Saya mau Tanya cara mengisi nomer dan kode faktur pajak gimana karena saya liha di contoh yang bapak berikan tidak ada saya lihat lagi dikolom data juga ngga tercantum kolom kode dan nomor seri faktur pajak…itu saja pertanyaan dari saya atas jawaban dan bantuannya saya ucapakan banyak terimakasih
    wasalam


    =======Faisal========

    Wa’alikusalam warahmatullohi pak agus…
    di file excel faktur pajak pak ? tinggal input angka pada kode (faktur pajak) pada masing-masing kolom di sheet Data yakni transaksi, penggati, dan cabang sesuai petunjuk yang ada di sheet baca-nya pak agus..

    Terima Kasih. :)

  30. Dian Savitri said

    Selamat sore Pak, saya mau tanya jalan keluar utk kasus di bawah ini. Cth: PT A melakukan tukar faktur (invoice, FP, surat jalan bln Okt 2012) kpd PT B (BUMN), sblm tgl 15 Nov 12 dimana PT B membayar PPN kpd Kas Negara. Tapi invoice tsb ditolak oleh PT B dgn alasan PT B sdh membayar kpd Kas Negara. Dan PT B meminta PT A utk mengganti Faktur Pajak dr Okt mjd Nov 12 (tanpa perlu mengganti Invoice & Surat Jalan). Apabila tjd pembatalan pd FP tsb (bln Okt’12) apakah perlu dibuat FP pengganti? Mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya Pak.


    ======Faisal=========

    Maaf bu dian, ketentuan kita faktur pajak pengganti dibuat jika ada kesalahan pada faktur pajak misalnya kesalahan nilai, identitas, salah hitung sedangkan faktur pajak batal dalam kondisi transaksi batal. Menurut saya menolak faktur pajak ibu dengan alasan PPN PT B sudah membayarkan PPN tidak dapat diterima kecuali saat pembuatan faktur pajak ibu tidak tepat sebagaimana diatur dalam Pasal 2 PER-13/PJ/2010.

    Terima Kasih. :)

  31. Hani said

    Selamat siang pak, saya mau tanya, untuk faktur pengganti, apakah kotak informasi untuk faktur pajak yang diganti ikut dicantumkan atau hanya sekedar contoh dari bapak ? terimakasih :)

    ======Faisal=========

    Dicantumkan bu hani, bentuknya bisa stempel atau ketikan komputer ibu.. Maaf, coba dibaca kembali lampiran VIII Perturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-13/PJ/2010.

    Terima Kasih. :)

    • Hani said

      Kasusnya saya sekarang ini, terjadi doble faktur pak, kami belum melakukan pelaporan, tapi customer kami sudah melakukan pelaporan, yang ingin saya tanyakan, bagaimana penginputan kedalam eSPT nya pak, karena nomor yang double tidak bisa direkam kembali. terimakasih :)


      =======Faisal==========

      Faktur Pajak pengganti nomornya tidak akan sama dengan faktur pajak yang diganti bu hani, coba tolong dibaca lagi tulisan saya…

      Terima Kasih. :)

      • Hani said

        Maksud saya pak, faktur pajak yang nomornya ganda apa perlu lagi diinput kedalam eSPT atau tidak. Kasus saya sekarang ini, Faktur Pajak Bulan Oktober ada beberapa yang double dengan Faktur pajak bulan September, Untuk bulan Oktober saya belum melakukan input kedalam eSPT. karena faktur pajak saya masih menggunakan manual (excel) ketika akan melakukan pelaporan, baru tersadar ternyata nomor urut awal faktur pajak Oktober, sudah dipakai di Bulan September. Bagaimana melakukan pelaporannya pak.. Karena Faktur Pajak yang double itu tidak bisa diinput ulang, kemudian, jika saya melakukan penginputan faktur pengganti berdasarkan faktur pajak oktober, pasti akan berbeda datanya pak, karena yang sudah ada di database, data faktur pajak bulan september. maaf pak.. kalau saya merepotkan :D

        ========Faisal==========

        Kalau begitu bebarti ibu membuat faktur pajak pengganti untuk bulan oktober dengan melakukan nomor urut yang seharusnya. Menurut saya karena kesalahan nomor urut maka yang diinput faktur pajak pengganti saja.

        Terima Kasih. :)

  32. erma said

    Siang Pak,
    Saya baru tahu tentang pembetulan faktur pajak ataupun faktur pajak batal. saya belum begitu jelas ttg hal tersebut. misalnya saya mengeluarkan faktur pajak di bulan Jan dengan no. 010.000-12.00000022 dengan dpp 70jt dan ppn 7 juta. saya sdh lapor dibulan Jan, dibulan April Customer minta di tagih 100% dari total keseluruhan yaitu 140jt, saya buatkan faktur no. 010.000-12.00000097 dengan dpp 140jt ppn 14jt. dan dibulan april di espt saya batalkan faktur pjk dgn no. 010.000-12.00000022 sehingga saya tidak merubah pelaoran bulan Jan dan di april saya bayar hanya 7jt untuk ppnnya. apakah pelaporan tersebut benar dan apakah faktur pajak yang saya buat benar? tolong penjelasannya.
    Terimakasih.

    ========Faisal==========

    Penyerahannya BKP/JKP bu erna ? apakah melalui termin(jasa konstruksi misalnya), atau pembayaran uang muka ? kalau pembayaran uang muka maka faktur pajak jan tidak perlu dibatalkan kemudian ibu menerbitkan faktur pajak baru di april dimana nilainya 140jt dikurangi DP 70jt maka DPP menjadi 70jt dan PPN 7jt, kalau bukan pembayaran DP dan bukan pembayaran termyn maka faktur pajak seharusnya dibuat pada saat penyerahan BKP/JKP sedangkan pada saat pembayaran dan pelunasan tidak perlu dibuat faktur pajak lagi. Sepertinya apa yang bu erna lakukan kurang tepat, mohon casenya diperjelas bu erna..

    Terima Kasih. :)

  33. Rohim said

    Pagi Pak, Saya Rohim.
    Saya mau tanya pembetulan faktur pajak salah isi kode faktur pajak yang saya buat 010.001-10.00000001 tanggal faktur 27 nopember 2010, yang seharusnya 010.000-10.00000001. pertanyaan saya gimana pak cara pembetulannya? dan dimasa apa saya harus mebetulkanya dan tanggal faktur pajak pengantinya tanggal berapa. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    =======Faisal===========

    Bapak membuat faktur pajak pengganti 010.001-10.00000001 menjadi 011.000-12.0000000X sesauai nomor urut di tanggal penerbitan FP Penggantinya dan tanggal adalah sesuai tanggal diterbitkannya faktur pajak pengganti. Pelaporannya di pembetulan masa Nopember 2010 dan di masa diterbitkannya FP pengganti tersebut, pak rohim.

    Terima Kasih. :)

    • Rohim said

      maaf masih bingung melajutkan pertanyaan saya, kok diartikel bpk jika yang salah cuma no.urut seri FP maka tgl FP Penganti sama dengan tgl FP yang diganti. dlm kasus saya ini cuma no urut serinya saja yang salah nominalnya bener. tapi yang masalahnya saya baru tahu salah di tahun 2012 sekarang. mohon penjelasanya pak. Atas bantuanya terima kasih.

      =========Faisal===========

      Heheheeh… Maaf pak rohim, saya perjelas dahulu dalam nomor seri faktur pajak ada 16 digit, dua digit pertama kode transaksi, satu digit berikutnya kode status, tiga digit berikutnya kode pusat/tunggal/cabang, dua digit berikutnya adalah tahun pembuatan, dan delapan digit terakhir adalah nomor urut. Nah kekeliruan bapak menurut saya bukan pada nomor urut tetapi pada kode pusat/tunggal/cabang sehingga faktur pajak pengganti diganti nomor urutnya sesuai nomor urut saat penerbitan faktur pajak pengganti begitu pun dengan tanggalnya sesuai tanggal penerbitan faktur pajak pengganti.

      Terima Kasih. :)

  34. salim said

    Pagi Pak, Saya Salim

    saya mau tanya dan mohon pencerahan.
    bulan Oktober 2012 ini kita terbitkan faktur atas sewa kapal tanpa menerbitkan faktur pajak (Non PKP). Namun oleh pihak penyewa mereka mengenakan potongan pph 1,2% dan mereka sudah menyetorkan ke bank namun kemungkinan belum dilaporkan. justru yang sekarang buat bingung adalah mereka minta kita terbitkan faktur pajak untuk bulan Oktober sementara pada bulan desember 2012 kita sudah ada terbitkan faktur pajak untuk penyewa lain dengan no urut 18 dan 19.
    Menurut bapak solusi terbaiknya bagaimana, terima kasih

    ========Faisal===========

    Oh ya pak salim atas jasa pelayaran dalam negeri kan memang terutang PPh Final 1,2% yang dipotong oleh pihak penyewa (yang memberikan penghasilan) dan seharusnya diterbitkan faktur pajak. Faktur Pajak atas transaksi oktober masih dapat diterbitkan pada bulan Desember ini karena belum melewati masa 3(tiga) bulan dari seharusnya faktur pajak dibuat, pihak penyewa masih dapat mengkreditkan namun pihak bapak akan dikenakan sanksi denda 2% dari DPP karena terlambat menerbitkan faktur pajak.

    Terima Kasih. :)

  35. AYU said

    Pagi,pak.. saya mau tanya.. saya pernah terbitkan faktur pajak di bulan febuari 2012 utk satu perusahaan. karena faktur pajaknya sudah exfired,saya mau terbitkan faktur pajak pengganti di bulan november 2012. lalu gimn caranya ya pak saya mau buat pembetulan SPT nya?? info yg saya tau, di loader SPT faktur pajak yg mau diganti di nolkan dulu DPP sama PPn nya,bener kah pak?

    =======Faisal========

    Loh faktur pajak pengganti diterbitkan kalau ada kesalahan tulis dan hitung bukan karena faktur pajak expired bu ayu… :)

    Terima Kasih. :)

  36. wahyu said

    siang pak, saya mau tanya.. saya lupa melakukan pengisian no faktur pajak namun faktur tersebut telah disampaikan dan diproses kepada KPPN.. apakah harus dilakukan penggantian faktur pajak? trim’s


    ========Faisal=========

    Menurut saya, sebaiknya diberikan nomor serinya pak wahyu… Kesalahan seperti ini menurut saya tidak masuk dalam pengertian faktur pajak pengganti…

    Terima Kasih. :)

  37. MonicaThong said

    sore Pak..
    mau tanya cara pembetulan dgn kesalahan sbb:
    1. sy menerbitkan FP No. 3410 tgl 25 Okt 2012 (sudah lapor) untuk PT. TS.
    2. sy menerbitkan FP No. 3390 tgl 30 Okt 2012 (sudah lapor) untuk PT IND

    padahal FP yg serahkan sebenarnya adalah:
    1. untuk no FP 3410 tgl 5 Nov 2012 adalah untuk PT LM
    2. Untuk no. FP 3390 tgl 25 Okt 2012 adalah untuk PT TS

    bagaimana untuk koreksi ini?
    Terimakasih sebelumnya:)


    ========Faisal=========

    Maaf bu monica ada yang salah tanggal, faktur pajak pengganti tidak mengatur kesalahan tanggal… Oleh karena itu solusinya terbitkan faktur pajak pengganti FP 3410 tgl. 25 Okt 2012 dengan memperbaiki dari PT TS menjadi PT LM dan FP no. urut 3390 tgl. 25 Okt 2012 dengan memperbaiki dari PT IND menjadi PT TS, nomor urut dan tanggal faktur pajak pengganti adalah sesaui dengan no urut dan tanggal saat diterbitkan faktur pajak pengganti.

    Terima Kasih. :)

    • MonicaThong said

      maaf Pak…kalo di eSPT kok gak bisa setting Faktur Pajak Pengganti?
      atau ada cara lain?..

      trims sebelumnya:)

      ========faisal==========

      Solusi yang saya berikan dapat diinput dieSPT kok bu monica, coba ibu gunakan eSPT PPN 1111 v 1.3….

      Terima Kasih. :)

      • MonicaThong said

        thanks Pak Faisal…
        saya lupa masih menggunakan espt PPN 1111 v1.2..makanya gak bisa input.

        sekarang sdh bisa.:)

        ========Faisal========

        Oh iya bu monica, sama-sama… :)

        Terima Kasih. :)

      • MonicaThong said

        sore Pak Faisal..
        sekarang saya jadi ada kendala di espt ppn V1.3.
        knp sekarang (espt ppn v1.3 ) gak bisa import lawan transaksi file csv?..
        hasil load nya 0.

        saya ulang berkali-kali tetap hasil nya 0 baris…

        thanks sebelumnya:)

        =======Faisal=========

        Coba dicek penulisannya, formatnya dan pada saat membuat file csv setting regional harus dalam indonesia serta pastikan pemisah ribuan adalah titik dan pemisah desimal adalah koma, berikut saya email juga format file impor lawan trsaksi bu moonica semoga bisa membantu.

        Terima Kasih. :)

  38. Nur Sri Mulyani said

    Selamat siang Pak….
    kasus yang terjadi diperusahaan saya :
    pada bulan Agustus, September, Oktober Perusahaan cabang saya menerbitkan 7 faktur pajak dimana ke 7 faktur pajak yg sudah diterbitkan itu sudah saya laporkan juga ke Pajak.
    ternyata baru ada kabar ada kesalahan pada ke 7 faktur tersebut.kesalahanya pada nominalnya.dan saya baru tahu juga bahwa faktur pajak yg 7 itu belum di serahkan ke custumer nya..
    nah sekarang cabang meminta 14 faktur pajak yang baru sebagai pengganti ke 7 faktur pajak yg salah tadi.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah no faktur pajak yang baru (14 faktur pajak) harus menggunakan kode status 1 (pengganti) atau kah tidak??
    2. Apakah setiap terjadi perubahan (penggantian faktur pajak) harus diserahkan pula ke custumernya???

    Terimakasih pak

    ========Faisal=========

    Fakturnya bukannya atas 7 faktur yang keliru ibu nur ? kok bisa jadi 14 faktur ? atas ke-7 faktur pajak tersebut dibuatkan masing-masing satu faktur pajak pengganti dengan kode faktur pajak pengganti, nomor urut dan tanggal sesuai pada saat diterbitkannya faktur pajak pengganti.

    Terima Kasih. :)

    • Nur Sri Mulyani said

      soalnya di faktur yg 7 itu ada barang” yg mulanya statusnya pinjam jd di beli sm custumer jd d buatkan faktur penjualan yg baru..
      okey jd statusnya faktur pajak pengganti yaa pak…
      MAKASIH YAAAAAA Pak….

      satu lagi pak…ini ada status no seri pajak yg kembar. misalnya untuk costumer A no F.pajak 00000511 dan costumer B juga 00000511…ketahuannya pada saat saya mengentry di eSPT (klo ada no yg sudah di enrty otomatis eSPT akan menolak) berarti salah satunya harus menggunakan faktur pajak pengganti juga ya pak??


      ======Faisal========

      Oh begitu ibu nur.. pemecahan faktur antara BKP dan JKP karena sebelumnya sewa menjadi sebagian dijual… Iya, faktur pajak terakhir menjadi faktur pajak pengganti… dikenetuan PEr-24 kasus faktur pajak nomor yang double keduanya dikategorikan sebagai faktur pajak tidak lengkap (Faktur Pajak Cacat) maka apabila ditemukan dalam pemeriksaan keduanya dapat dikoreski.

      Terima Kasih. :)

  39. frans said

    Selamat sore pak,
    Saya buat faktur pajak dengan DPP 6.000.000 bulan juli, sebelum dikirim ke lawan transaksi ada perubahan DPP menjadi 5.000.000 dan kemudian saya terbitkan FP dan saya kirim. Menjadi masalah kemudian ketika saya entry FP di e SPT dengan nilai DPP lama senilai 6.000.000…. Bagaimana saya membuat pembetulannya pak, karena sebenarnya tidak ada kesalahan pada FP yang saya terbitkan dan saya kirim (DPP 5.000.000) kesalahan terjadi hanya pada saat entry FP…
    Thx


    ======Faisal========

    Diketentuan kita tidak mengatur jika terjadi kesalahan input faktur pajak pak frans, oleh karena itu apabila sudah dilakukan pelaporan ke KPP dan bapak bermasuk melakukan pembetulan ke eSPT dianggap data faktur yang bapak laporkan sudah benar maka jika akan diperbaiki dianggap faktur pajak pengganti, maaf tolong dikonsultasikan dengan AR bapak sehingga dapat ditemukan solusinya..

    Terima Kasih. :)

  40. bayu said

    Pak, saya ingin bertanya. Jika saya pada Bulan Oktober menerbitkan faktur pajak dengan kode 03. Karena suatu hal, WaPu 03 menolak dan meminta agar faktur pajak yang saya terbitkan pada Bulan Oktober dibuatkan faktur pajak baru pada Bulan Desember. Sedangkan PPN Bulan Oktober belum saya setor dan lapor. Bagaimana solusinya? Apakah saya harus membuat faktur pengganti?

    =======Faisal=========

    Mohon maaf pak bayu, Faktur Pajak pengganti dibuat jika ada kesalahan pada faktur pajak yakni salah kode, salah nomor seri, salah identitas, salah nilai sedangkan jika tidak ada yang keliru maka faktur pajak pengganti tidak dapat dibuat. Alasan wajib pajak apa yang tidak dapat menerima faktur pajak tersebut.

    Terima Kasih. :)

  41. Dita Ganesya said

    saya mau tanya pak. saya salah menerbitkan nomor FP yang seharusx 020.000-12.00000056 tetapi 020.000-12.00000012, di bulan desember dan sudah dilaporkan oleh pihak yg menrima FP ini, sementara saya belum melaporkanx. Padahal no urut 12 sudah di pakai oleh FP yg bener dan sudah dilaporkan bulan maret. apakah yang harus saya lakukan, saya harus melaporkan FP 020.000-12.00000056 atau 021.000-12.00000056 sementara saya sudah memberikan FP Pengganti.
    Mohon Bantuanx, Thanks.

    =========Faisal===========

    Faktur pajak double ya ibu dita ? kalau ibu tidak membuat faktur pajak pengganti dipihak penerima ada dua faktur pajak dan faktur pajak pengganti seharusnya nomornya 021.000-12.00000056 bukan 020.000-12.00000056. Tetapi jika ibu membuat faktur pajak pengganti maka FP nomor 020.000-12.00000012 akan terganggu karena dipelaporan ini menjadi akan tergantikan. Menurut ketentuan faktur pajak double harus dibuatkan faktur pajak pengganti, untuk tiu mengani pelaporan faktur pajak pengganti seperti ini sebaiknya bu dita konsultasikan ke AR ibu..

    Terima Kasih. :)

  42. etik said

    pak faisal saya mau tanya (maaf mngkin bukan tetang fp pengganti)
    saya terlambat lapor faktur pajak dari PT.A pada bulan agustus tapi baru tahu sekarng pak bulan januari.apakah masih bisa revisi pak?kalau sudah gk bisa sanksinya apa pak?terima kasih

    =========Faisal===========

    Bisa bu etik, silahkan buatkan pembetulan spt-nya.. sanksi keterlambatan penyetoran saja ibu apabila pembetulan mengakibatkan menjadi kurang bayar 2% perbulan dari jatuh tempo penyetoran sampai dengan tanggal penyetoran.

    Terima Kasih. :)

  43. yanthie said

    Selamat Siang Pak. Saya mau tanya, saya sudah menerbitkan Invoice dan faktur pajak ke perusahaan A ber tgl 30 Januari, tetapi perusahaan A meminta agar tanggal di invoice & faktur pajak tsb dirubah menjadi tgl 20 Februari karena POnya belum terbit (Nunggu PO terbit). Bagaimana solusinya..?? Apa Nomor FP & Invoicenya harus dirubah atau gimana..?? Mohon solusinya, Thanks

    =======Faisal========

    Maaf ibu yanthie sepertinya tidak masuk akal jika invoice dan faktur pajak sudah diterbitkan tetapi PO-nya belum ada, lalau atas dasar apa penerbitan DO, Invoice dan FP ?

    Terima Kasih. :)

  44. yanthie said

    Kami berdasarkan JO (Job Order) dari PT. A. setelah kami terbitkan Invoice PT. A baru menginfokan bahwa nunggu PO dulu baru Invoicex diterbitkan. Bagaimana solusinya pak, sementara Invoice & FP nya sudah terlanjut diterbitkan. Mohon solusinya.. Thanks

  45. desi said

    Siang pak, saya mau tanya tentang faktur pajak gabungan.
    pada mei 2012 saya memesan barang ke PT. A dgn PO senilai Rp. 100jt.
    barang dikirim bulan mei 2012 sebanyak 3x dgn total nilai 50jt.
    seterusnya bulan juni 2012 dikirim lagi sisanya sebanyak 2x dgn total nilai 50jt.
    pada tanggal 1 JULI 2012, kami baru ditagih oleh PT. A dgn tagihan sebesar Rp. 110jt. (DPP. Rp. 100jt, PPN Rp. 10jt ). FP tgl 1 juli 2012.
    pertanyaan saya pak, apakah benar pembuatan faktur pajak gabungan seperti itu ?
    trima kasih pak.

    ========Faisal=========

    Mohon maaf bu desi, faktur pajak gabungan seperti itu tidak benar, faktur pajak gabungan adalah satu faktur pajak untuk beberapa penyerahan dalam satu bulan pada costumer yang sama. FP Gabungan dibuat pada penyerahan terakhir pada bulan bersangkutan. Maka untuk transaksi bu desi seharusnya PT A membuat faktur pajak gabungan sebanyak dua kali yakni di bulan Mei 2012 yang dibuat pada pengiriman ke-3 dan bulan Juni 2012 pada pengiriman ke-2 sedangkan pada tanggal 1 Juli 2012 tidak perlu lagi dibuat faktur pajak.

    Terima Kasih. :)

    • yanthie said

      Pagi pak, numpang ya mba desi.
      Misalx PT. AB menyerahankan barang ke PT. YZ sebanyak 10 kali dalam bulan januari. Apakah boleh PT. AB membuat FP gabungannya pada tgl 15 Februari? mohon alasannya.

      =======Faisal========

      FP gabungan dibuat pada akhir bulan penyerahan, dalam kasus bu yanthie yakni pada penyerahan ke-10..

      Terima Kasih. :)

      • yanthie said

        Pak Tgl Invoice & FP harus sama kan?
        Kalau PT. AB & PT. YZ sebelumnya sudah membuat perjanjian bahwa invoice akan diterbitkan pada tanggal 15 bulan berikutnya. Contoh : Penyerahan per. 1 – 31 Januari, Invoice baru diterbitkan tgl 15 Februari (sesuai dgn perjanjian). Jadi FP harus mengikuti tgl Invoice yaitu 15 Februari. Dalam hal ini PT. AB tidak dianggap terlambat menerbitkan FP kan Pak? Mohon penjelasannya pak. Makasih


        =========Faisal===========

        Belum tentu bu iin, jika penyerahan sudah dilakukan namun invoice belum diterbitkan..
        Faktur pajak diterbitkan pada saat penyerahan atau pada pembayaran jika pembayaran mendahului penyerahan..
        Maka untuk kasus bu iin jika penyerahan terjadi 1 s.d. 31 Januari maka dapat dibuat faktur pajak gabungan pada tanggal 31 Januari atau bu iin membuat faktur pajak pada tanggal masing-masing penyerahan..
        Dalam kasus bu iin jika faktur pajak diterbitkan tanggal 15 Februari menyesesuaikan dengan invoice maka faktur pajak gabungan yang diterbitkan telah melewati waktu seharusnya dengan kata lain ibu terlambat menerbitkan faktur pajak..

        Terima Kasih. :)

      • yanthie said

        Makasih atas penjelasannya Pak, maaf kalau sudah merepotkan.

        Jadi tidak masalah ya Pak kalau tgl invoice 15 Feb & tgl FP gabunganx 31 Januari (tglx berbeda)..??
        Terima kasih.


        ========Faisal==========

        Tidak masalah bu yanthie namun dengan catatan penyerahan ibu bukan kepada instansi pemerintah..

        Terima Kasih. :)

  46. Sari said

    Selamat pagi pak saya mau tanya kantor saya terjadi peralihan manajem dari cv.a ke pt.b sejak 1 november 2012 semua invoice yang masuk masi di tujukan ke cv.a.pada saat ingin membayarkan tagihan invoice seluruh suplier yang tertunda selama 3 bulan saya mengalami kesulitan untuk invoice yang kena pajak :
    1. Manajemen baru menginginkan invoice direvisi dari cv.a ke pt.b dan juga faktur pajak nya juga harus di revisi ke pt.s Sementara saya sudah melaporkan semua faktur pajak sementara invoice belum terbayarkan. Apakah hal ini menyalahi undang2??
    2. Dan untuk faktur pajak yang sudah terlanjur di lapor bagaimana mekanisme nya untuk membatalkan nya??
    Karena jika ingin merevisi invoice dan faktur pajak pihak suplier meminta faktur pajak yang asli …
    Bisa berikan solusi untuk masalah ini pak? Karena saya masi awam dalam hal ini
    Invoice dan faktur pajak yang harus di revisi yaitu november – januari
    Manajemen yang baru ini sudah memiliki npwp

    ========Faisal=============

    Perubahan status atau perubahan entity bu sari, kalau perubahan status tidak masalah bu tinggal diubah sesauaui status yang baru dieSPT pun tidak bermasalah karena kan base-nya tetap NPWP, sepanjang NPWP-nya sama statusnya berubah tidak masalah..
    Tetapi kalau entity yang berubah maka dokumentasi yang harus diubah dahulu kalau sudah terlanjur dilaporkan dengan kata lain dianggap transaksi ke CV a batal tetapi transaksinya menjadi ke PT b

    Terima Kasih. :)

  47. Sari said

    Ralat maksud saya faktur pajak nya juga di revisi ke pt.b dan juga manajemen pt.b menginginkan revisi invoice dan faktur pajak tersebut sesuai dengan penerbitannya.
    Terimakasih

    =======Faisal=========

    Sudah dijawab di bawah…..

    Terima Kasih. :)

  48. wahyu putra yudha said

    pak faisal…… mau tny…
    ada advet iklan PT A periode agustus – okt 2012…
    nah saya buatkan faktur pajak januari 2013…
    sama pihak PT A di balikin kata nya Faktur pajak cacat……
    dia minta di buatkan faktur pajak bulan November 2012 (3 bulan masih bisa di revisi)

    nah masalahnya faktur pajak november 2012 kan sudah dilaporkan, dan no seri faktur pajak selanjutnya juga uda ke pakai di bulan Desember 2012…..
    ne uda masuk januarii??

    menurut bpk faisal apa yg harus saya lakukan?? mereka minta di buatkan faktur pajak bulan november 2012, sedangkan no seri uda terpakai di bulan desember 2012…..

    mohon bantuan nya……


    =======Faisal========

    Karena nilai penggantian baru dapat diketahui pada saat pengajuan invoice maka FP dapat dibuat pada saat invoice dibuat, jika FP dibuat melewati 3 bulan dari seharusnya dibuat maka faktur pajak tersebut adalah faktur pajak cacat namun FP cacat seperti ini oleh pemakai jasa dapat dikreditkan namaun bagi pemberi jasa akan dikenakan sanksi denda 2% dari DPP, faktur pajak yang bapak buat sudah benar karena memang baru dibuat di Januari 2013 namun atas peenerbitan tersebut FP tersebut terlambat namun bagi pemakai jasa tidak usah kuatir karena FP tersebut dapat dikreditkan..

    Terima Kasih. :)

  49. Dora said

    Pagi pak Faisal, saya mau tanya kalau Ada kasus salah tanggal seharusnya terbitin faktur pajak tgl 12 Nov tapi tanggal yg di buat 30 okt Dan pajak sudah dilaporkan bagaimana cara pembetulannya pak, terima kasih pak sebelumnya.

    =======Faisal========

    Diketentuan kita tidak ada diatur mengenai salah tanggal bu dora, karena tanggal faktur pajak sesuai tanggal faktur pajak dibuat.

    Terima Kasih. :)

  50. Nay said

    Pak Faisal. Saya menanyakan mengenai cara menginput FP pengganti paada aplikasi e-SPT PPN 1111.
    Contoh kasusnya seperti ini pak :

    1. Pada tanggal 30 januari 2013, saya membuat invoice no. 004 & FP no. 010.000.13.00000004 yang ditujukan ke PT. 123. Tetapi, ternyata saya ada kesalahan dalam menulis uraian dalam invoice tsb:
    Yg saya ketik di Inv : Las Rp. 1.000.000
    Seharusnya : Las & Bubut Rp 1.000.000
    Dan PT. 123 meminta untuk merevisi Invoice & FP tsb. Dan saya pun merevisi Invoice dgn no. 004 #Rev. 01 & FP no. 011.000.13.00000005 yang bertanggal 19 Februari 2013.
    Dan PPN 10 % dari Invoice tsb (Rp 100.000) sdah saya bayar & laporkan (Lap PPN Masa Januari) per tgl 15 Februari 2013. Apakah hal ini benar Pak..?

    2. Dalam penginputan FP Pengganti pada e-SPT PPN Masa Februari 2013, saya menginput FP Pengganti saya ketik di kolom
    No. dokumen : 011.000.13.00000005
    No. Seri yg diganti : 010.000.13.00000004
    Tgl Dokumen : 19 Februari 2013 (Tgl pembuatan FP Pengganti)
    DPP : 0
    Pada saat mau saya simpan, mucul tulisan “Faktur Pengganti/Faktur yang Diretur Tidak Ditemukan”.
    Caranya penginputannya yang benar seperti apa Pak..?

    Maaf kalau pertanyaan saya terlalu panjang. Tolong penjelasannya, karena saya masih awam mengenai FP.
    Terimakasih atas waktu & penjelasan Bapak.


    =========Faisal===========

    Untuk penerbitan faktur pajak penggantinya bu nay sudah benar, namun untuk pelaporan yang seharusnya ibu lakukan adalah melakukan pembetulan SPT Masa PPN masa Januari 2013 dahulu dengan menginput faktur pajak penggantinya dan secara otomatis faktur pajak pengganti tersebut juga muncul di pelaporan SPT Masa PPN masa Februari 2013 namun dengan DPP dan PPN 0 (nul) tanpa ibu harus menginput lagi..

    Terima Kasih. :)

    • Nay said

      Iya sudah bisa Pak, terima kasih atas penjelasannya.
      Apakah SPT Masa PNN Januari Pembetulan Ke-1 harus saya buatkan lap. CSV lagi pada saat pelaporan PPN Masa Februari..??

      Terimakasih atas waktu & penjelasan Bapak


      ========Faisal==========

      Pelaporan SPT Pembetulan sama dengan SPT Normal bu Nay, jadi ibu tidak hanya menyampaikan csv-nya saja melainkan cetakan pembetulan spt induk yang sudah ditandatangani pengurus ditambah fotokopi spt induk normal, apabila kurang bayar termasuk juga fotokopi sspnya.

      Terima Kasih. :)

      • Nay said

        Oya Pak Tgl pada SPT Pembetulan ke-1 itu dirubah sesuai dgn tgl pmbuatan SPT Pembetulan Ke-1 atau gak..??
        Makasih.


        ========Faisal==========

        Benar bu nay… :)

        Terima Kasih. :)

      • Nay said

        Iya mks atas penjelasannya Pak….

        Pak setelah saya input, nilai Induk spt nya normal & pembetulan ke-1 nilainya sama Pak. Memang seperti itu ya..??
        Contoh : Nilai Spt normal Rp 7.000.000. Nilai FP yg dibetulkan Rp 100.000
        ** Pada spt normal nilai Induk spt & 1111 AB tetap sama (Rp 7.000.000), yang berubah hanya nilai 1111 A2 (Rp 6.900.000)
        ** Pada spt pembetulan ke-1 nilai pada induk spt 1111, 1111 A2 & 1111 AB nilainya sama (Rp 7.000.000).
        Apakah memang seperti itu ya pak…??

        Terima kasih ataas penjelasannya, maaf kalau merepotkan bapak.
        Maklum pak saya masih belum terlalu mengerti..


        =======Faisal=========

        Loh bukannya tidak ad perubahan nilai ibu, faktur pajak sebelumnya las dengan nilai Rp 1.000.000,00 PPN 100.000,00 diganti menjadi Las & Bubut dengan nilai tetap Rp 1.000.000,00 dan PPN Rp 100.000,00. Tetapi kok ada perbedaan nilai di form AB normal Rp 6.900.000,00 menjadi Rp 7.000.000,00 bu nay ?

        Terima Kasih. :)

      • Nay said

        Yang berbeda bukan nilai AB nya Pak. tetapi nilan A2 nya pada spt normalnya berubah menjadi Rp 6.900.000 & di spt pembetulan ke-1 nilainya Rp 7.000.000. Apakah memang seperti itu Pak..??
        Terima kasih atas waktu & penjelasan bapak.


        ======Faisal========

        Kalau tidak ada perubahan nilai pada faktur pajak keluaran bu nay, seharusnya form A2 tidak ada yang berubah bu nay..
        Coba tolong dicek ulang…

        Terima Kasih. :)

      • Nay said

        Sudah saya cek pak.. Nilai A2 nilainya berbeda pak.

        Terima kasih.

  51. theresia said

    Pak, ingin bertanya, bagaimana bila perusahaan membayar ke kas negara PPN atas suatu penyerahan barang kepada pihak lain sebanyak 2 kali (double payment). Kalaupun dilakukan pembetulan, bagian mana yang harus di centang, “kompensasi ke bulan berikutnya” atau pilihan yang lain ? Bagaimana bila di bulan berikutnya tidak ada PM dan PK/ perusahaan tidak ada transaksi ? Tks


    =========Faisal===========

    Klu penyetoran double dapat diajukan permohonan pemindahbukuan bu theresia bukan kepelaporan spt dengan mengkompensasikan kelebihan tersebut, LB yang dapat dikompensasi/resitusi terjadi apabila PM lebih besar dari PK atau pembetulan SPT Masa PPN dalam PK pembetulan lebih kecil dari sebelumnya atau PM Pembetulan lebih besar dari PM sebelumnya sehingga bukan karena kelebihan setor.

    Terima Kasih. :)

  52. anna said

    Siang Pak Faizal, kalau ada kesalahan jumlah pada pajak masukan pada bulan juli 2012 terus dibetulkan pada bulan ini maret 2013, bisa tidak dan bagaimana cara pembetulannya trims


    ========Faisal==========

    Iya bu anna memang diketentuan PER-24/PJ/2012 tidak ada ketentuan peralihan namaun menurut saya karena faktur pajak pengganti tersebut diganti pada saat PER-24/PJ/2012 sudah berlaku maka nomor seri faktur pajak yang diganti sama dengan faktur pajak yang diganti, misalnya tgl 20 Juli 2012 ibu menerbitkan faktur pajak nomor 010.000-12.00000525 maka faktur pajak penganti yang diterbitkan 17 Juli 2013 adalah 011.000-12.00000525

    Terima Kasih. :)

  53. kristin said

    Sore pak Faisal, sy ingin bertanya… apakah diperbolehkan melakukan SPT Masa Pembetulan utk PPN Masukan? krn faktur pajak masukan tersebut terselip… dan bagaimana pembetulannya pak krn sy blm pernah melakukan spt pembetulan. terima kasih

    =======Faisal========

    Membuat pembetulan SPT Masa PPN pada masa sesuai tanggal faktur pajak masukan tersebut bu kristin, atau bulan-bulan berikutnya maksimal 3 bulan dengan memasukan faktur pajak masukan tersebut pada SPt Pembetulannya..

    Terima Kasih. :)

  54. gita said

    Selamat malam pak faisal..
    Saya mau menanyakan bbrp hal ttg Faktur Pengganti
    1. Pelaporan Faktur Pengganti yg diterima apakah ada jangka waktunya? Contoh : pengkreditan Pajak Masukan yg belaku sampai 3 bulan berikutnya
    2. Item pd faktur pengganti apakah bisa bertambah?misal seblm diganti item yg dibeli sebyk 2 buah dgn DPP 10.000.000,lalu diganti ( faktur pengganti ) berubah jd 10 item dengan nilai 120.000.000, itu sah tidak ya,pak?
    Mohon pencerahannya ya,pak.
    Terimakasih atas bantuannya


    =======Faisal========

    Tidak bu gita faktur pajak pengganti hanya bisa dilaporkan pada pembetulan SPT Masa PPN masa dilaporkannya faktur pajak yang diganti, misalnya FP masukan yang ibu gita terima tertanggal 10 Oktober 2012 yang ibu laporkan pada masa Desember 2012 kemudian pada bulan ini diketahui ada kesalahan dan diterbitkan faktur pajak pengganti oleh penjual tanggal 6 Maret 2013 maka pealporan faktur pajak pengganti tersebut hanya dapat dilaporkan pada pembetulan SPT Masa PPN masa pajak Desember 2012.
    Bisa saja bu gita sepanjang memang dalam satu penyerahan 2 item tersebut dan kekeliruan tersebut terjadi memang karena kesalahan pencatatan semata.

    Terima Kasih. :)

  55. Zahra said

    Selamat pagi Pak Faisal,

    Saya mau bertanya, jika penulisan nama perusahaan pada faktur pajak terdapat perbedaan dengan NPWP, berikut contoh kasusnya:
    pada NPWP tertulis PT. AA , namun pada faktur pajak tertulis PT AA
    Terdapat perbedaan di titik saja pak. pada faktur kurang titik.
    itu gimana pak? apakah fakturnya bisa dikatakan cacat dan perlu ada faktur pengganti atau seperti apa?

    Terimakasih. :)


    ======Faisal========

    Dengan tidak mencantumkan titik apakah bisa menyebabkan salah tafsir bagi yang membaca faktur tersebut bu zahra ? kalau menurut saya tidak..

    Terima Kasih. :)

  56. ANISA said

    Selamat Pagi Pa, saya ingin menanyakan :
    Pada tahun 2009 WP pindah ruko yang tentunya berbeda alamatnya, tetapi masih dalam satu kota yang sama. Pada waktu itu WP sudah mengupdate NPWPnya. Karena lalai suplier tetap menerbitkan faktur dengan alamat yang lama. Faktur pajak tersebut tetap dikreditkan oleh WP. Kekhawatiran WP sekarang adalah bagaimana jika pada tahun ini dilakukan pemeriksaan pajak tahun 2009, bagaiman jika faktur tersebut dianggap cacat dan tidak dapat dikreditkan? tentunya WP akan dikenai kurang bayar PPN cukup besar. Sedangkan WP sudah membayar PPNnya pada saat membeli jadi sebenarnya negara tidak dirugikan.. kira-kira langkah apa yang harus dilakukan WP untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut Pa? Trimakasih.


    =======Faisal========

    Sebaiknya minta bantuan supplier untuk membuatkan faktur pajak pengganti bu anisa..

    Terima Kasih. :)

  57. bambangpurnomosidi@gmail.com said

    Mohon bimbingannya.
    di eSPT PPN 1111, kami salah pilih nama pembeli, sedangkan nilai DPP,PPN, No+tgl Invoice sudah benar. Bagaimana cara kami membuat pembetulan.
    Terima kasih


    ======Faisal=========

    coba buat pembetulan SPT Masa PPN-nya pak bambang kemudian ubah faktur pajak yang keliru tadi sesuaikan dengan data yang sebenarnya..

    Terima Kasih. :)

  58. tina said

    Siang Pak ,
    Saya mau nanya saya ada dapat faktur pajak dari perusahaan lain. pada Januari mereka menerbitkan faktur pajak dengan no. 080.100.13-10.000183 ternyata ada kesalahan lalu mereka buatkan faktur pajak pengganti pada bulan januari juga dengan no. 081.100.13-10.000445.
    pertanyaan saya :
    1. gimana cara penginputan di e-spt, kami menerima faktur pajak pengganti bulan feb sedangkan faktur pajak yg salah (pertama) belum kami lapor ke pajak.
    2. untuk no seri faktur pajak diatas menurut bapak salah atau benar karena mereka menggunakan nomor nota yang berlaku sebagai no faktur pajak.

    terima kasih.
    Tina


    =========Faisal===========

    Maaf bu tina sepertinya aneh nomor serinya karena 8(delapan) digit terakhir adalah nomor urut kenapa ada digit 10 dan 6 digit no urut coba ditanyakan pihak supplier atau vendor ibu..
    Diinput keduanya di masa pajak yang sama ibu tina..

    Terima Kasih. :)

  59. nova said

    pagi pak,
    di masa januari kemarin ternyata saya ada kesalahan input lawan transaksi di e-spt (hanya nama, alamat, npwp), tidak menyebabkan kurang/lebih bayar, tidak ada beda nominal, dan fp keluaran (fisik) yg diterbitkan sudah benar.
    Kalau begini pembetulan nya bgmn ya pak? krn ini kan hanya perlu revisi file csv yg kmrn sdh dilaporkan. Apakah cukup langsung diedit tanpa membuat pembetulan 1, lalu disampaikan ke kpp? (krn kalau sampai pembetulan 1 saya kok langsung terbayang sanksi ya…?)


    =========Faisal===========

    Kalau ada yang keliru tentu mekanisme adalah pembetulan SPT Masa PPN bu nova, baik karena ada yang kurang dibayar, salah membuat faktur pajak, atau hanya salah menginput faktur pajak. Yang pasti atas SPT Masa PPN yang sudah disampaikan terdapat kekeliruan baik hardkopi atau pun softkopinya(csv).. Sanksi administrasi hanya dikenakan jika ada terdapat kurang bayar akibat pembetulan bu nova…

    Terima Kasih. :)

  60. suripno said

    Siang Pak ..
    saya ada sedikit bingung, di bulan November 2012 saya ada salah yaitu kurang discount dan dibulan tersebut statusnya lebih bayar serta di desember 2012 saya ada kurang bayar, terus baru ketahuan di maret 2013, jadi kalo begini bagamana cara pembetulan dan lapor kekantor pajaknya, apakah dibulan desember 2012 juga harus ada pembetulan.Terima kasih


    ========Faisal=========

    Kalau kurang discount pada FP Keluaran berati PPN Keluaran semakin kecil maka lebih bayarnya semakin besar
    atas selisih lebih bayar ini dapat langsung dikompensasikan ke masa terakhir pak suripno tanpa perlu melakukan pembetulan SPT Masa PPN masa Desember 2012.

    Terima Kasih. :)

  61. sulis said

    sore pak faisal,
    saya mohon petunjuknya, begini, jika penandatangan faktur pajak seminggu sekali ganti orang, (dalam arti orang yang menandatangani sesuai dengan surat pendaftaran penandatangan faktur pajak yang diberikan ke kkp setempat)ganti orang disini, pada minggu 1 adalah GM yang menandatangani, minggu ke 2 Manager yang menandatangani apakah akan bermasalah? atau tidak?

    terima kasih pak atas respon dan pengetahuannya

    ========Faisal========

    Kebijakan tersebut merupakan kebijakan internal diperusahaan bapak sulis, secara perpajakan hanya menyaratkan adanya pemberitahuan ke KPP terdaftar yang disampaikan paling lambat akhir bulan berikutnya sejak pegawai tersebut menandatangani FP dengan menyebutkan kapan pegewai tersebut mulai menandatangani FP, sehingga tidak masalah jika perusahaan menentukan diubah setiap hari atau setiap minggu.

    Terima Kasih. :)

  62. Yuliana said

    sore Pak.. saya mau tanya nich..sy mau buat pajak pembetulan.. dan saat mau print faktur pajak keluar dan faktur pajak masukkan jadi double.. (terCopy).. gmana cara hapusnya??

    ========Faisal==========

    Masuk ke menu input FP Masukan dan FP Keluaran kemudian vie FP Keluaran dan FP Masukan pada pembetulan kemudian hapus bu Yuliana.

    Terima Kasih. :)

  63. indra said

    Pak Faisal saya ada masalah di faktur pajak untuk September tahun 2012 no faktur misalnya 010.000-12.00000123 DPP 1.000.000 PPN 100.000 masa bulan sept sudah kita laporkan e spt nya.

    Kemudian di bulan Oktober 2012 langganan minta diubah angka DPP dan PPNnya karena kita tagih terlalu besar atas no faktur tersebut misal DPP 900.000 PPN 90.000 dan mengembalikan faktur pajak yang salah.

    Karena kekurang tahuan staff kami, mereka langsung merevisi saja tanpa membuat faktur pajak pengganti (no faktur masih sama 010.000-12.00000123 dengan tanggal yang sama dengen DPP 900.000 PPN 90.000) dan kemudian langsung membuat pembetulan 1 masa sept (lapor pembetulan sept bulan november).

    Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana untuk membuat faktur pajak penggantinya karena saya baru menetahuinya saat ini. dan bagaimana efeknya ke Customer saya karena mereka sudah mempunyai faktur pajak yang sesuai padahal seharusnya itu adalah faktur pajak pengganti?

    Terima kasih bayak atas tanggapan bapak

  64. Endriyani said

    Siang Pak,
    Saya indri mau tanya kalau saya wktu itu ngirim faktur pajak dengan nomor seri 010.900-13.70414 201 tanggal 9 April 2013 , namun faktur pajak tersebut hilang ditempat custumer kami yang kami tagih ( informasi dari Pihak Keuangan custemer yang kami tagih) , nah apakah akan terjadi double faktur pajak apabila sy menerbitkan faktur pajak tersebut dengan nomor seri , tanggal, nilai transaksi, dan jenis transaksi yang sama? karena pihak keuangan kami ketakutan apabila faktur pajak tersebut sudah ditangan bagian pajak custumer kami tersebut.


    ======Faisal========

    Semuanya sama kan bu endri ? menurut saya tidak double, double jika costumernya beda atau ada data yang berbeda…

    Terima Kasih. :)

  65. Ruko Murah said

    Kenapa menu impor faktur pajak dibedakan antara yang pengganti dan bukan ?

  66. Diana said

    siang pak Faisal,
    saya mau tanya, pada masa maret saya input faktur pajak atas nama PT. X dengan nomor seri faktur pajak 010.000.13.00000653 ternyata baru saya ketahui kalau ada salah ketik nomor seri fakturnya seharusnya 010.000.13.00006543. untuk membetulkannya bagaimana ya pak?

    terima kasih.


    =======Faisal========

    Faktur pajak masukan bu Diana ? mau tidak mau di spt normalnya diubah data tersebut sesuai nomor seri yang seharusnya kemudian buat pembetulan tanpa mengubah apa pun..

    Terima Kasih. :)

    • Sulis said

      Sore Pak saya mau tanya untuk pembayaran Pph dibawah 10jt, untuk PPNnya yang saya pungut,bisa tidak dipotongkan FP masukan yang saya terima dari Supplier ??
      dan apa benar jika saya telat membayaranya akan dikenakan denda pak?


      ======Faisal=========

      Iya bu sulis, PPN memang seperti itu yakni Pajak Keluaran (PPN yang ibu pungut dari costumer) dikurangi PPN Masukan (PPN yang ibu dipungut oleh supplier) maka apabila selisihnya positif nilai inilah yang disetorkan ke bank paling lambat akhir bulan berikutnya namun apabila selisihnya negatif malah ibu menjadi lebih bayar.

      Terima Kasih. :)

  67. bimbim said

    Sore pak faisal,
    Kasus saya adalah salah no urut faktur pajak dan telah saya buatkan FP Pengganti. Akan tetapi waktu akan saya masukkan pada aplikasi e spt PPN 1111 tidak bisa pak, muncul pesan nomor faktur pajak pengganti tidak ada. Apakah ada pengaruhnya pak untuk masa normal dengan espt PPN 1111 V.1,3 kemudian pembetulan dengan espt PPN 1111 v. 1,4 pak, Terima kasih sebelumnya pak


    =======Faisal ===========

    Seharusnya tidak masalah pak bimbim, hanya saja apakah sudah benar bapak menginput fp penggantinya pada spt masa pembetulannya.

    Terima Kasih. :)

  68. Raymond said

    Sore Pak Faisal,
    saya mau tanya, tolong diberikan solusinya pak, terimakasih sebelumnya.

    Kasus yg terjadi:
    Pada januari 2012, perusahaan tempat saya bekerja mengeluarkan No urut FP sbb :
    010.000-12.0000005 untuk PT.A ; tanggal 18 Januari 2012
    010.000-12.0000005 untuk PT.B (WAPU) ; tanggal 10 Januari 2012
    010.000-12.0000006 untuk PT.C ; tanggal 27 Januari 2012
    011.000-12.0000007 (PENGGANTI untuk PT.B (WAPU)) ; tanggal 03 Februari 2012
    010.000-12.0000008 untuk PT.C ; tanggal 07 Februari 2012
    – Menurut info yang saya terima dari Kantor Pajak bahwa PT.A dan PT.B (WAPU) sudah melaporkan no faktur (005) sbg pajak masukan pada masa Januari 2012
    jadi dengan kata lain No. Faktur (007) sebagai Faktur Pengganti (005) untuk PT.B (WAPU) tidak dipakai oleh PT.B (WAPU), yang mengakibatkan terjadinya
    double faktur pada masa januari.

    Pertanyaan saya pak,
    – Apakah PT.B (WAPU) tidak menggunakan no faktur pengganti (007) karena no tersebut tidak dianggap sah oleh mereka?? (apakah karena tanggal faktur
    pengganti berbeda dengan faktur yang akan diganti pak??)
    – Tolong berikan solusi untuk permasalahan ini pak, Apakah saya harus membuat Faktur pengganti yang baru, atau bagaimana pak?

    Terimakasih,

    =========Faisal===========

    1. Tanggal faktur pajak pengganti untuk kasus ini pasti berbeda karena tanggal pembuatannya berbeda, untuk pastinya sebaiknya pak raymond tanyakan ke pihak PT B (WAPU).
    2. Saran saya coba konsultasikan dengan PT B lalu kembali lihat ketentuan PER-13?PJ/2010 std PER-65/PJ/2010

    Terima Kasih. :)

  69. Raymond said

    (002) = (005) , (004) = (007) salah penulisan hehehe

  70. apri said

    Selamat pagi..
    Saya ingin bertanya mengenai kasus ini :

    Saya bekerja di perusahaan X, Pada bulan Juli 2012 perusahaan ini pindah KPP dan kode NPWP pun berubah dari 002 menjadi 007

    Suplier kami membuat faktur pajak sampai saat ini Juli 2013 masih menggunakan kode NPWP kami yang lama 002, sedangkan saya tidak memperhatikan faktur pajak tersebut dan melaporkannya menggunakan kode NPWP kami yang baru 007.

    Bagaimana ya ??
    Apakah saya harus buat pembetulan atau hanya pihak suplier yang membuat pembetulan faktur pajak dan pembetulan spt masa ppn??

    mohon pencerahannya ya ..
    mksh


    ========Faisal=======

    Dalam hal perpindahan karena permohonan bapak sebagai Wajib Pajak sebaiknya dilakukan pembuatan faktur pajak pengganti oleh supplier bapak, kemudian yang melakukan pembetulan tidak hanya supplier bapak tetapi juga bapak.

    Terima Kasih. :)

  71. TRI MUGO PAMUNGKAS said

    Selamat siang Bung Faisal …

    Kami sedang proses pemeriksaan atas PPN Rutin Lebih Bayar
    Bisakah kita tidak menyetujui hasil pemeriksaan, yaitu koreksi atas Konfirmasi Jawaban Tidak Ada dengan keterangan sb;

    ada human error dari staff kami, saat impor data Faktur Pajak Masukan kedalam e-SPT, yaitu salah pengetikan digit nomor faktur pajak lawan transaksi.(misal: 8 digit terakhir 00002064 tetapi diketik 00002604).

    Buah simalakama nih, melakukan pembetulan sudah tidak memungkinkan. dan kalau setuju dikoreksi, bozz pasti akan marah karena nilai koreksinya lumayan besar.

    Mohon bantuan solusinya.

    Terimakasih


    ========Faisal=======

    Kan seharusnya dicek fisik oleh pemeriksa bukan hanya cek pelaporan pak tri, untuk memastikan kesalahan entry bisa juga dilihat dari faktur pajak yang dilaporkan di PKP Penjual untuk nomor 2604 ada atau tidak, atau adakah milik orang lain. Kemudian no. faktur 2064 dikreditkan juga oleh bapak atau tidak.. Sepanjang bisa dipertanggungjawabkan kesalahan tersebut memang salah entry bukan karena belum dilaporkan PKP Penjual seharusnya tidak perlu dikoreksi. Faktur Pajak sudah diminta pemeriksa dan sudah diberikan kan pak ?

    Terima Kasih. :)

  72. Naga said

    Siang pak Faisal, pak saya telah melakukan penerbitan faktur pajak dan ternyata nomor saya terbitkan salah. yang mau saya tanyakan apakah stempel untuk faktur pajak pengganti boleh saya gunakan microsoft excel untuk membuatnya atau saya harus mencari tukang untuk membuatnya.

    kemudian apabila nomor faktur yang salah = A faktur yang betul = B tanggal = X

    apakah pengisian di stempel saya betul seperti ini?

    Faktur Pajak yang diganti : A

    Kode dan nomor seri : B

    Tanggal : X


    ========Faisal=======

    Bisa diprint di faktur pajaknya pak, yang perlu dicantumkan nomor seri dan tanggal faktur pajak yang diganti saja pak naga, coba dibaca kembali PER-24/PJ/2012

    Terima Kasih. :)

  73. Yadi said

    Selamat siang pak Faisal, Mau menanyakan bagaimana laporan SPT akibat diterbtkan FP pengganti.
    Kasusnya : Pada laporan bulan juni SPT ada kelebihan bayar, dan sudah dikompesasikan bln juli. Pada bln juni, dibuat FP pengganti atas FP bln. juni, atas kesalahan nilai tagihan menjadi lebih kecil. Jika SPT juni dibetulkan maka PB-1, SPT menjadi lebih-lebih bayar dari SPT normal. Sedangkan SPT juli juga sudah dilaporkan.
    Apakah saya harus membuat pembetulan pula pada SPT Juli ya pak?

    Terimakasih

    =======Faisal=========

    Tidak perlu pak selisih LB karena pembetulan ke-1 dapat dikompensasikan langsung ke bulan berjalan pak Yadi..

    Terima Kasih. :)

  74. Selamat pagi pak, mau tanya bagaimana cara pembetulannya SPT.
    kasusnya : misalkan pada saat lapor masa mei, lampiran PPN keluarannya bulan April tapi SPT nya di laporkan dan sudah dibayar untuk Masa Mei. dan masa juni lampirannya Faktur Pajak bulan Mei, Bulan Juli lampiran Fakturnya bulan Juni.
    bagaimana ya pak revisinya?

    =======Faisal=========

    Membetulkan dan memasukan pajak keluaranya sesuai masa pajaknya, mengeluarkan yang tidak seharusnya dan memasukan yang seharusnya pak darius..

    Terima Kasih. :)

  75. Nessa said

    sore pak faisal,
    saya nessa saya mau tanya klo sudah ada pembetulan untuk faktur pajak pengganti nilai dpp dan ppn nya kan berubah, lalu bagaimana dgn FP yg sebelumnya?


    =========Faisal==========

    Faktur pajak yang diganti tetap muncul di spt normal tetapi di spt pembetulan hanya muncul faktur pajak penggantinya saja, namun di kolom keterangan jangan lupa mencantumkan nomor seri faktur pajak yang diganti..

    Terima Kasih. :)

  76. Maya said

    Siang Pak Faisal,

    Saya mau bertanya, kemaren pada tgl 14 Mei 2013 Saya membuat Invoice dan FP utk PT. X, Tapi Saya masih menggunakan Nomor seri Faktur Pajak yang lama Pak. Dan saat Saya konfirmasi dengan PT. X tersebut, karna belum ada nya pembayaran atas invoice yg saya buat. Pihak PT. X mengatakan kalau Saya di suruh mengantarkan surat pernyataan revisi faktur pajaknya dari kantor pajak. Karna saya masih menggunakan No seri FP yg lama Pak.

    Mohon info nya dong Pak.

    Apakah Saya harus ke kntor pajak untuk meminta surat pernyataan nya atau gimana Pak?

    =======Faisal========

    Mungkin ibu mengajukan permohonan permintaan surat keterangan yang memberikan informasi mulai kapan ibu wajib menggunakan nomor seri yang baru..

    Terima Kasih. :)

  77. jusy said

    Pak Faisal, pd bulan juni saya telah membuat spt pembetulan 1 atas faktur pajak kode 030.xxx tapi tanpa mengganti ke faktur pajak batal tapi hanya mengganti nilai dpp=1…lalu pada masa sept ini saya menerbitkan faktur pajak pengganti dgn kode 031.xxx dgn no yg sama dgn faktur pajak batal di masa juni…Apa yg harus saya lakukan ya Pak? Trima kasih

    =======Faisal=========

    Maaf bu jusy saya belum jelas, berarti ibu membuat faktur pajak tiga kali atas transaksi yang sama? mohon diperjelas..

    Terima Kasih. :)

  78. ivan said

    Pagi Pak Faisal, apakah terhadap faktur pajak maupun SPT Masa PPN dapat dilakukan pembetulan ketika sedang dilakukan pemeriksaan namun SPHP belum diterbitkan??kesalahan yg terjadi adalah dalam hal input NPWP lawan transaksi sehingga yg saya takutkan adalah pemeriksa akan beranggapan bahwa faktur pajak nya tidak sesuai dengan transaksi karena NPWP di Faktur Pajak dengan yg dilaporkan di SPT Masa PPN tidak sesuai dan PM nya tidak dapat dikreditkan.dan apakah dalam hal ini saya bisa menggunakan Pasal 8 UU KUP atau Pasal 62 PMK 17 2013 untuk memperbaiki kesalahan tersebut? Mohon Pencerahan dari Bapak.


    ========Faisal==========

    Pasal 8 ayat (1) dan (1a) UU KUP pembetulan bila belum diakukan pemeriksaan pak ivan, sedangkan saat pemeriksaan namun belum disampaikan SPHP adalah pengungkapan ketidak benaran sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (4) dan (5) UU KUP jo Pasal 8 PP 74 tahun 2011. Mohon maaf pak ivan, PMK-62/PMK.03/2013 mengenai pemeriksaan yang mengatur tentang pemeriksaan, pemeriksa pajaknya bukan wajib pajaknya.

    Terima Kasih. :)

  79. Agustinus said

    Selamat malam Pak Faisal.

    Saya mau menanyakan mengenai FP.
    Kasus nya seperti ini, Perusahaan Saya tempat bekerja mengeluarkan FP tiga buah dengan no urut 1,2, dan 3 di Bulan Juni 2011.
    Lalu, Saya sadari bahwa FP tsb, salah dalam penulisan nama. Dan Saya buat FP pengganti di Januarri 2012, dengan no urut 4,5,dan 6.
    Dan pada hari ini Saya sadari, bahwa untuk di tahun yang baru dalam hal ini tahun 2012, penomoran FP dimulai dari angka 1.

    Jadi FP pengganti yang Saya buat salah. Lalu untuk penomoran dan teknis nya seperti apa ya Pa Faisal. Saya ingin mengubah FP pengganti saya dengan no urut 1,2,3 ditahun 2012.
    Mohon pencerahan nya.

    Salam

    ========Faisal=========
    Persepsi saya mengikuti ketentuan saat ini PER-24/PJ/2012 kesalahan seperti ini sepertinya sulit diperbaiki. Maaf, coba pak agustinus cari referensi lain..

    Terima Kasih. :)

  80. Michiko said

    Selamat sore Pak Faisal,
    saya mau bertanya, karena sesuatu hal, perush baru mendapat no seri faktur pajak pada bulan oktober 2013. sedangkan untuk mendapat no seri faktur pajak tersebut, PPN yang hrs sudah dilaporkan adalah bulan Juni, Juli & Agustus 2013. sedangkan untuk pelaporan Juni sudah harus menggunakan FP keluaran no seri Baru. jadi saya melaporkan PPN Juni nihil terlebih dahulu baru kemudian membuat pembetulan setelah mendapat no seri FP.
    setelah saya membuat pembetulan, ternyata menurut AR KPP saya, no seri itu tidak bisa digunakan dibulan Juni. dan disarankan membuat FP pengganti dengan no seri yang sama hanya tanggalnya berubah menjadi okt.
    bagaimakah saya membuat pembetulannya (N+2) ?karena setelah saya coba di e spt, dengan membuat FP pengganti dan mengubah tanggalnya, PPN masa Juni menjadi lebih Bayar krn pajak keluaran menjadi nol.
    apa yang harus saya lakukan pak? mohon pencerahannya..


    ========Faisal=========

    Bu michiko kondisi seperti ini sangat merugikan ibu, karena faktur pajak terlambat ibu terbitkan sehingga dikenakan denda 2% dari DPP. Untuk kondisi ini faktur pajak masa Juni s.d. Agustus 2013 tetap tertanggal Oktober 2013 karena memang baru diterbitkan di Oktober 2013 dan dilaporkan di pembetulan masing-masing bulan.

    Terima Kasih. :)

  81. Wina said

    Dear Pak Faisal,
    Saya ingin bertanya jika kantor saya menyewakan gedung ke tenant menggunakan USD dengan kurs tertinggi $1: 10.000,- (sesuai perjanjian tertulis) sedangkan kurs KMK yang berlaku adalah $1: 10.500,- apakah nilai PPNnya dikalikan dengan 10.000 atau 10.500?
    Thank’s


    ==========Faisal ==========

    Sesuai kurs Keputusan Menteri Keuangan pada saat PPN terutang bu Wina, pada contoh kasus ibu Rp 10.500,00

    Terima Kasih. :)

  82. Farida Hanum said

    Selamat siang Pak Faisal.
    Saya ingin bertanya mengenai kesalahan dalam penulisan bulan pada faktur pajak. Jadi begini saya menerbitkan faktur pajak untuk PT X bulan Januari 2014 padahal seharusnya faktur pajak tsb. bulan Feb 2014 dan saya sudah melaporkannya di bulan Januari, sedangkan PT X belum melaporkan FP tsb. Bagaimana cara membetulkannya ?
    Terima kasih.


    ========Faisal=======

    Kesalahan tanggal faktur pajak bu ida ? Di ketentuannya tidak diatur bu, maaf coba dibicarakan dengan AR ibu..

    Terima Kasih. :)

  83. adnya said

    selamat siang pak faizal saya mau tnya , saya kan sudah lapor Spt masa februari tp ada pelanggan yg minta faktur pajaknya agar disi bulan april, bagaimna cara pembetulannya pak?

    =========Faisal========

    Secara ketentuan perpajakan, maaf hal itu tidak diperkenanakan bu adnya..

    Terima Kasih. :)

  84. Yanti said

    Selamat siang Pak Faizal, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    Perusahaan kami memiliki dua NPWP di kota yang berbeda. xx.xxx.xxx.x-xxx.000 di Surabaya dan xx.xxx.xxx.x-xxx.001 Alamat yang kami daftarkan untuk NPWP utama sudah tidak ada kegiatan lagi karena seluruh kegiatan perusahaan pindah ke alamat yang kami daftarkan untuk NPWP cabang. Untuk semua transaksi pembelian yang terkena PPN kami memberikan NPWP cabang kepada supplier kami karena NPWP itulah yang didaftarkan sebagai PKP, tetapi karena kekurangtelitian kami tidak memperhatikan kalau perusahaan tempat kami menyewa gedung masih mengirimkan faktur pajak mereka dengan menggunakan NPWP utama. Sementara semua transaksi/pajak masukan dari tahun 2013 hingga bulan Maret tahun 2014 sudah kami laporkan SPT PPN-nya. Saya menghubungi pihak mereka minta faktur pajak pengganti tapi mereka tidak mau mengeluarkan faktur pajak pengganti dengan alasan mereka sudah melaporkan SPT mereka. Apakah seluruh nilai transaksi pajak masukan yang sudah kami laporkan menjadi batal? Untuk NPWP utama yang sudah tidak ada kegiatan dapatkah kami mutasi ke NPWP cabang, atau adakah cara lain yang lebih tepat? Terima kasih atas jawabannya

    =========Faisal========

    Maaf bu yanti, pada saat mendaftarkan cabang apakah memang karena membuka cabang baru atau sebenarnya pindah kedudukan ? Kalau pindah kedudukan maka seharusnya ibu mengajukan pindah kedudukan ke KPP Lama.

    Terima Kasih. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 785 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: