Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

eSPT PPN 1111 v 1.5

Posted by Faisal, S.Mn. pada 26 Juni 2013


Untuk memenuhi ketentuan PER-24/PJ/2012 Direktorat Jenderal Pajak bagi Wajib Pajak yang menggunakan eSPT telah menerbitan eSPT PPN 1111 v 1.4 yang kemudian selain memenuhi ketentuan PER-24/PJ/2012 ini eSPT PPN 1111 v 1.4 juga memperbaiki kesalahan tulisan pada form 1111 B3 yang pada eSPT PPN v 1.3 tertulis “DAFTAR PAJAK MASUKAN YANG TIDAK DAPAT DIKREDITKAN ATAU MENDAPAT FASILITAS” kemudian pada versi 1.4 diperbaiki menjadi “DAFTAR PAJAK MASUKAN YANG TIDAK DIKREDITKAN ATAU MENDAPAT FASILITAS” hal ini menyesuaikan dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER – 11/PJ/2013 yang merupakan perubahan dari PER-45/PJ/2010  yang menegaskan bahwa Faktur Pajak yang dapat dikreditkan namun tidak dikreditkan oleh PKP wajib dilaporkan dalam fom 1111 B3.

Namun pada versi ini data di form AB dan SPT Induk perubahan pada faktur pajak keluaran tidak otomatis berubah ketika kita selesai menginput faktur pajak keluaran yang baru namun harus dilakukan posting ulang. Untuk itulah pada versi 1.5 untuk memudahkan Wajib Pajak tanpa melakukan posting ulang maka ketika kita menginput faktur pajak keluaran yang baru otomatis jumlah pada form AB dan SPT Induk langsung menyesuaikan dengan sendirinya.

Pada versi eSPT PPN 1111 v 1.5 masih terdapat sedikit masalah yaitu ketika kita mengubah penomoran faktur pajak dari Auto menjadi Manual maka hal itu tidak dapat dikembalikan lagi menjadi Auto, yang menjadi masalah ketika kita menginput nomor seri faktur pajak 900 harus dicantumkan manual pertama kali setiap akan menginput faktur pajak keluaran namun ketika kita memilih penomoran auto maka kode 900 cukup dicantumkan sekali saja.

Namun yang terpenting untuk tidak lupa mengentry nomor surat pemberian nomor seri faktur pajak yang diberikan oleh Kantor Pelaynan Pajak dimana terdaftar dan nomor seri urut awal dan terakhirnya, pada menu referensi seperti gambar dibawah ini :

Jatah Nomor Seri FP

sehingga tidak akan muncul comment seperti ini :

Tidak Sesuai Jatah

Semoga bermanfaat.. ^_^

Tambahan :

  1. Untuk mengupgrade versi sebelumnya ke versi 1.5 pastikan folder eSPT PPN sama dengan folder eSPT PPN yang sudah terinstall di komputer karena folder eSPT PPN 1111 tiap versi berbeda-beda. Untuk pilih browse untuk mencari folder yang sama baru kemudian di exctract.
  2. Dalam mengupgrade gunakan file Patch Update dan eSPT PPN 1111 tidak sedang dibuka
  3. eSPT PPN 1111 versi 1.0 dan 1.1 sepertinya tidak dapat langsung dipgrade ke versi 1.5, caranya bisa diupgrade dulu ke versi 1.2 baru ke 1.5 atau simpan dahulu databasenya ke folder lain atau flashdisk, uninstall yang lama baru kemudian install versi 1.5
  4. Bagi yang menggunakan Windows 7 atau Windows Vista dan pernah menggunakan eSPT PPN 1111 versi  1.0 atau 1.1 jangan lupa untuk mereplace database yang ada di virtual store ke folder C:/Program Files/DJP
About these ads

85 Tanggapan to “eSPT PPN 1111 v 1.5”

  1. Pohon said

    Pak Faisal, katanya versi 1.5 ini untuk penginputan faktur pajak pengganti keluaran akan menghapus faktur pajak yang normalnya. Apakah sudah seharusnya demikian?
    Untuk faktur pajak pembelian yang tidak dapat atau tidak dikreditkan apakah bisa diinput dimasa tidak sama dan paling lama 3 bulan atau boleh diakhir tahun? Atau wajib/harus dimasa yang sama saja?
    Thanks Pak.

    ========Faisal========

    Faktur Pajak yang diganti tetap muncul di SPT Normal sedangkan di SPT Pembetulannya yang muncul tentu hanya faktur pajak pengganti pak pohon, bukan kah seperti itu ?
    Faktur pajak yang tidak dapat atau tidak dikreditkan sama seperti pengkerditkan pajak masukan dilaporkan pada masa yang sama atau paling lama 3 masa sesudahnya.

    Terima Kasih. :)

    • hans said

      Cuman pada saat melakukan pembetulan sepertinya versi 1.5 nggak bisa / apa saya salah langkahnya nih pa faisal, yang jelas pada saat pengisian no faktur pajak yang diganti nggak bisa diinput, tetapi saat lakukan di versi 1.3 bisa, tolong bantuan ya ?

      =======Faisal=========

      Contoh kasusnya pak hans.. nomor FP & tgl pelaporan PPN masa …. kemudian nomor FP Pengganti & tgl pelaporan PPN masa ….

      Terima Kasih. :)

      • hans said

        kasus saya kebetulan dgn pemasok bbm (bumn), contoh fp(disamakan) 0000000002146639 tertanggal 23-05-2013 & Tgl. lapor masa mei 2013, kemudian disebabkan salah nilai ppn diterbitkan mereka fp pengganti 0000000002454742 tertanggal 13-06-2013, dan dilaporkan sbg masa mei 2013 pembetulan 1. Nah pada saat meng-input:
        No Dokumen : 0000000002146639 (bisa di input)
        No Seri yg diganti : (seharusnya kan 0000000002454742) tdk bisa dinput
        ….begitu kasus saya pa faisal, tlg pencerahannya dan terima kasih.


        =========Faisal===========

        Maaf pak hans, No. seri faktur pajak kah 0000000002146639 ? Ketentuan PER-24, no seri faktur pajak yang diganti sama dengan nomor seri faktur pajak yang diganti hanya saja kode pembetulan menjadi 1

        Terima Kasih. :)

      • hans said

        00000000002146639, menurut AR KPP tempat saya berdomisili adalah “dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak”

        Terima kasih.


        ======Faisal========

        Klu begitu perlakuannya tidak sama dengan faktur pajak sesuai PER-24/PJ/2012 dong pak hans.. Saya tidak mengerti nih klu retur bukan dari faktur pajak tetapi dari dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak, karena ketentuan PMK No. 65/PMK.03/2010 nota retur dari faktur pajak.

        Terima Kasih. :)

  2. Pak Faisal, saya download program e-SPT PPN 1111 v1.4 kok error terus ya. Apakah program ini bisa saya minta untuk dicopy kan ke usb pada saat saya ke KPP untuk lapor pajak? Trus saya nanti minta ke bag.pelayanan apa ke AR ya pak?


    ======Faisal========

    Boleh pak nugroho, boleh ke pelayanan atau AR..

    Terima Kasih. :)

    • kristin said

      Pak Faisal, mohon bantuannya. sy mendapatkan program e-spt ppn 1111 v1.4 dari AR tapinya gagal terus ketika saya instal ke komputer sy. knp ya pak?

      =======Faisal=========

      Gagalnya bagaimana bu, ibu gunakan patch update atau installernya ?

      Terima Kasih. :)

      • Anni said

        Pak Faisal sy mau tanya, saya mau install espt ppn 1111 v.1.5 di windows 8, apakah sy hrs menginstal dr versi 1.1 dahulu atau bs langsung ke versi 1.5?? makasih

        ======Faisal========

        Langsung saja bu ani ke versi 1.5

        Terima Kasih. :)

  3. Yuni Istiastuti said

    Pak Faisal… E-SPT PPN 1111 v 1.4, bukan v.1,5 khan?

    ======Faisal========

    v 1.5 ibu yuni…

    Terima Kasih. :)

  4. nova said

    pak, saya masih di 1.3, kalau untuk upgrade ke 1.5 apakah harus upgrade ke 1.4 dulu, baru ke 1.5? karena di site pajak tertulis “e-SPT PPN 1111 Update ke versi 1.5 dari versi 1.4 Patch Update”
    terima kasih.

    ========Faisal========

    Bisa langsung ke versi 1.5 bu nova

    Terima Kasih. :)

  5. Nita said

    kog susah ya download yg versi 1,4 pak,, atau mungkin bpk menyediakan situs web downloadnya?
    Terima kasih….


    =======Faisal=========

    Datang ke kantor pajak saja bu nita, atau unduh patch updatenya saja apabila ibu sudah mempunyai versi sebelumnya..

    Terima Kasih. :)

  6. Rohim said

    Pagi pak, kok di e-spt ppn v. 1.5 ini saat print lampiran B2, dan A2 nya terputus terbagi dua hal 1/2 padahal sudah di setting printer
    kertas legal. Padahal di v. 1.4 bisa. mohon penjelasannya gimana caranya biar tidak terputus. thanks?


    ======Faisal=========

    Setting kertasnya di folio(F4) pak rohim bukan legal..

    Terima Kasih. :)

  7. Halim said

    Pa Faisal, saya ingin bertanya mengenai PPN kayu log, apakah dikenakan PPN, saya baca berita di internet per bulan Mei 2010 sudah dibebaskan dari PPN, tapi saya belum menemukan ketentuannya. Mohon informasinya
    Terima kasih


    ======Faisal========

    Kan tulisan ini tentang eSPT pak halim mohon di tulisan yang lain… :)

    Terima Kasih. :)

    • ian haris said

      PPN kayu Log itu dibebaskan,saya lupa peraturan nomer brp,tapi kalo kayu Log di olah/di gergaji kemudian hasil olahan di jual maka terutang PPN.Terima kasih semoga bermanfaat :)

  8. indah said

    pak saya kan menggunakan epst ppn versi 1.3 tapi kenapa saat pembetulan d induk tidak bisa menyimpan perubahan kurang bayarnya terus keluar eror .

    kemudian saya coba menggunakan yang versi 1.4 ketika pembetulan di faktur pajak keluaran muncul nomor faktur pajak tidak tersedia ,,,
    apa yang harus saya lakukan ?
    mohon jawabannya
    trims


    =======Faisal==========

    Entry dulu surat dari KPP mengenai pemberian nomor seri FP kemudian entry nomor seri awal dan akhir bu indah..

    Terima Kasih. :)

  9. Fanny said

    Siang Pak Fasial….

    Mau tanya Pak,,,,
    1. apakah benar nantinya pada saat pelaporan pajak hanya induk depan saja (formulir 1111) + usb yg berisi csv?
    2. dan untuk aplikasi semuanya sama saja kan Pak prosedurnya, hanya kita masukkan jatah faktur pajak.
    Terima kasih Pak Faisal

    =======Faisal=========

    Iya bu Fanny…

    Terima Kasih. :)

  10. Edfil said

    saya sudah instal e-spt PPN 1111 Versi 1.4 Patch_e-SPT_1111_v1_5 tapi pada saat mau cetak lampiran A2 tidak bisa dan muncul Failled A2B1B3
    bagi yang tahu cara nya minta share yaaa

    =======Faisal==========

    Saya coba bisa hanya saja tampilnya agak lama kemungkinan speknya komputer yang minim pak edfil.. atau yang lain punya penglaman ?

    Terima Kasih. :)

    • Edfil said

      spec laptop saya intel dualcore Hd 500 Gb Ram 4 gb dan saya menggunakan office 2010


      ======Faisal========

      Spec komputer saya jauh dibawah itu pak edfil.. office yang digunakan tidak berpengaruh yang berpengaruh adalah OS atau Windows-nya. Coba diupgrade ke versi 1.5..

      Terima Kasih. :)

      • edfil said

        saya sudah upgrade ke versi 1.5 tapi tetap aja

        ========Faisal===========

        Uninstall crystall report yang 64 bit pak edfil dari control panel, lalu cari software crystall report yang 32 bit cara extract softkopi espt PPN 1111 setelah diextract maka akan muncul salah satunya folder crystal report lalu pilih Crystal report yang 86 kemudian install.

        Terima Kasih. :)

  11. Scorpion said

    Yth. P. Faisal, saya menggunakan e-spt ppn versi 1.3 kemudian saya download versi 1.4 part 1 smp 6 di pajak.co.id
    Kemudian sy klik : setup_e-SPT_1111_1.4.part1, tetapi muncul komen : Incorrect command line.
    Bagaimana seharusnya ya?
    Bisa dibantu?
    Tks.

    ========Faisal=========

    Sebaiknya patch update-nya saja pak scorpion, kalau file installernya kan terdiri dari beberapa bagian bisa jadi ada salah satu bagian yang tidak komplit didownload.. Saat mengupgrade pastikan folder yang diupgrade sama dengan folder eSPT yang sudah diinstall di komputer bapak.

    Terima Kasih. :)

  12. emoen said

    ukuran kertas folio itu bukannya legal ya pak faisal..???
    karena di setting komputer dan printer hanya ada legal dan letter..???

    ======Faisal========

    Tidak sama pak emoen, legal lebih panjang 1in ukurannya 8,5in x 14in kalau folio 8,5 x 13in, letter beda dengan A4 karena letter lebih pendek 2cm dari A4.. Kertas yang ada di Indonesia ukurannya adalah letter, A4, dan Folio (F4)

    Terima Kasih. :)

  13. Lavitya said

    pak saya masih menggunakan e-spt versi jadul 1.0. Kalo mau update ke versi 1.5 bagaimana ya pak? Apa saya harus install versi 1.4 dulu + patch nya? Kalo saya langsung install versi 1.4, data2 di versi 1.0 terhapus atau tidak?

    Terima Kasih.


    ======Faisal========

    untuk versi 1.0 dan 1.4 sepertinya tidak bisa langsung diupgrade.. (saya belum mecoba info dari wepe) sehingga sebaiknya ibu menimpan dulu database eSPT lama kemudian diuninstall baru install versi 1.4 (file Setup bukan Patch) lalau replace database baru dengan yang lama tadi.
    Pastikan file database yang disimpan adalah file database yang sebenarnya.

    Terima Kasih. :)

  14. Titus said

    Numpang tanya Pak Faisal, saya baru pertama kali pakai eSPT PPN 1111 versi 1.4 dan baru belajar.
    Saya bingung bagaimana cara memasukkan pajak yang digunggung.
    Menurut beberapa orang, utk pajak yg digunggung cukup menggunakan NPWP 0 (0 sebanyak 15x dan nama), namun ketika saya coba print form Lampiran AB datanya dimasukkan ke bagian pajak yg tidak digunggung.
    Mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya.


    ======Faisal========

    Keliru pak titus faktur pajak yang NPWP 00.000.000.0-000.000 adalah faktur pajak yang identitasnya tidak lengkap sedangkan faktur pajak yang digunggung adalah faktur pajak khusus untuk pedagang eceran, pelaporan tidak memperinci per faktur namun secara kumulatif dilampiran AB.

    Terima Kasih. :)

  15. geoind said

    Yth. Pak Faisal, saya sudah minta aplikasi e-spt ppn 1111 v1.5 ke AR kami, tapi ternyata begitu saya install command-nya minta username dan password? saya masukkan username pt saya tp ditolak…kenapa ya pak? terima kasih


    ======Faisal========

    User : Administrator dan Passowrd : 123 untuk selanjutnya bisa diubah sesuai keinginan bapak..

    Terima Kasih. :)

  16. Yoga said

    pagi pak F..
    saya baru baru akan menggunakan e-spt 1.5, tapi terkendala error: c:\program files\djp\e-spt ppn 1111\db
    apa maksud & solusinya pak
    trim’s

    yoga


    ======Faisal========

    Upgrade eSPT PPN 1111 v 1.5 hanya mengupgrade aplikasi e-SPT PPN 1111.exe karena itu ketika mengupgrade kemungkinan foldernya tidak sama sehingga yang ada hanya file e-SPT PPN 1111.exe. Untuk itu pada saat upgrade pastikan folder database e-SPT PPN 1111 v.5 sama dengan folder eSPT PPN yang sudah terinstall di komputer pak yoga.

    Terima Kasih. :)

  17. yanti said

    saya menggunakan versi 1.4 dan mau update versi 1.5 itu selalu tidak bisa kenapa?
    sudah saya uninstall espt yg lama dan install aplikasi baru dr pajak tetap saja muncul nya versi 1.4 padahal yg diberikan 1.5
    saya sudah mencoba beberapa kali tetap saja sprt itu.
    Mohon info, yg sangat membantu


    ======Faisal========
    Pada saat update kemudian pada posisi installasi folder pilih browse, kemudian cari folder database eSPT PPN yang digunakan di komputer bu yanti lalu extract. Hal ini terjadi pada saat upgrade folder database tidak sama dengan yang dikomputer ibu..

    Terima Kasih. :)

  18. dultoha said

    Espt saya jika di pindah ke komputer lain databasenya jadi tidak sama hasilnya
    di komputer aslinya sampai tahun 2013
    tapi jika databsenya di copy ke komputer lain yg sama ada esptnya, pas login itu yang muncul cuma tahun 2011
    ada solusinya
    terimakasih banyak


    ======Faisal========

    Bapak menggunakan Windows 7 atau diatasnya pak toha ? Kalau seperti itu bisa jadi database yang dikopi tidak sama dengan database yang digunakan..

    Terima Kasih. :)

    • Panji said

      maaf sedikit dari semoga membantu, hal ini baru terjadi kepada saya kemarin. untuk espt 1111 databasenya masih mengacu kepada yang lama, walau sudah saya delete pun akan tetap terbaca, saya memakai windows 7. untuk mengatasi hal tersebut. coba uninstall kembali menggunakan uninstaller yang bisa menghapus beserta registrynya. contoh menggunakan revo uninstaller, lalu install kembali dan copykan database yang terbaru pada folder db.
      mudah2n bisa membantu.


      ======Faisal========

      Tidak seperti itu pak panji karena pada saat mengupgrade tidak memilih folder database yang sama dengan yang sudah terinstall di komputer yang digunakan…

      Terima Kasih. :)

  19. elena said

    bisa di inbox ga link untuk mempermudah saya mendownload e-spt ppn versi 1.4, karena sudah berapa kali saya coba tetap tidak bisa.
    mohon bantuan nya bang faisal.
    thanks.


    ======Faisal========

    Coba digunakan bantuan aplikasi ketiga bu seperti internet dowonload manager (IDM) atau Free Download Manager (FDM) klu bandwith internet ibu terbatas, jalan terakhi minta ke KPP aja bu kan gratis..

    Terima Kasih. :)

  20. anna said

    Sore pak, saya menggunakan versi 1.3, sudah downlod patch versi 1.4 dan versi 1.5 , sdh di instal tp kok tidak berubah ya masih versi 1.3, bisa dibantu pak caranya trims


    ======Faisal========

    Kalau installasi berhasil kemungkinan file yang bu anna gunakan adalah file setup bukan file patch updatenya sehingga aplikasi e-SPT PPN 1111 ada dua aplikasi yang terinstall di komputer ibu..

    Terima Kasih. :)

  21. Lyna said

    pagi pak Faisal, mau tanya dong, bagaimana mengimpor data dari v1.4 ke v1.5? Saya sdh instal v1.5 dan copy semua data dari v1.4 sesuai arahan yang diberikan AR namun ketika mencobanya tetap saja saya harus memasukkan profil lagi dan menginput juga faktur pajaknya. Apa yang salah ya? apakah memang harus menginput ulang lagi semuanya dari awal? Mohon pencerahannya. Tengkiu ^_^


    ======Faisal========

    File yang digunakan untuk mengupgrade adalah file Patch update bukan file set up bu lyna.. Kemungkinan ibu menggunakan file setupnya, coba perhatikan di Local Disk (C:) ibu folder program file folder DJP maka kemungkinan ada dua folder eSPT PPN 1111 yakni eSPT PPN 1111 dan e-SPT PPN 1111, folder eSPT PPN 1111 adalah folder eSPT PPN v 1.3 sedangkan folder e-SPT PPN 1111 adalah folder eSPT PPN 1111 v 1.4, untuk itu copikan file yang ada di folder eSPT PPN 1111 sub folder db ke folder e-SPT PPN 1.4 sub folder DB dengan cara replace.

    Terima Kasih. :)

  22. Panji said

    Pagi pak Faisal, saya masih menggunakan Versi 1.4, tetapi pada saat saya akan save pada induk spt 1111 terjadi error seperti ini “failed (save_induk). message : syntac error in update statement” bagaimana solusinya? ataukah ada yang salah dengan proses yang saya lakukan? Terimakasih


    ======Faisal========

    Coba upgrade ke versi 1.5 pak panji..

    Terima Kasih. :)

  23. desyana said

    Pagi pak.mau nanya juga dong….Kenapa spt induk espt ppn 1111 selalu tidak bisa di print, tapi semua lampiran bisa di print di komputer saya?tapi di kompure lain bisa.jadi tiap bulan harus bolak balik copy database untuk print spt induknya di komputer lain.mungkin ada yg tau juga?terima kasih


    ======Faisal========

    Coba install ulang eSPTnya bu, kemungkinan crystall reportnya tidak sempurna bu desy..

    Terima Kasih. :)

  24. Edfil said

    untuk laporan Espt PPN 1111 pajak keluaran lampiran A2 perlu dicetak apa ga ?

    =======Faisal=========

    tidak perlu apabila bapak sudah menggunakan eSPT..

    Terima Kasih. :)

  25. Sally Nur Auliani said

    Pagi pak faisal, mau tanya donk… klo sudah input jatah faktur pajak, langkah apa saja yg harus di lakukan? apa harus menginput lagi data pajak keluaran yg versi lama? karena yg versi lama, semua data nya masih tersimpan. apakah di form spt induk, lamp A2, sama lamp AB ada perubahan? bagaimana dg CSV di versi 1.5? apa harus di perbaharui lagi? Terima Kasih

    =======Faisal=========

    Tidak ada bu sally cukup itu data tidak berubah untuk yang lama..

    Terima Kasih. :)

  26. Wingky said

    Pak Faisal, e spt ppn 1111 saya versi 1.1 saya upgrade ke 1.5 sesuai dengan patch update yang diberikan dari KPP koq masih belum bisa update ya pak?apa diinstall setupnya dulu atau gmn ya pak?

    =======Faisal=========

    Saya belum coba pak wingky, tetapi yang pasti folder versi 1.1 nama foldernya adalah eSPT PPN 1111 v.1.1 untuk itu pada saat update pastikan folder eSPT-nya sesuai.. Tetapi ada juga yang berhasil mengupgrade dulu ke versi 1.2 baru ke versi 1.5 sekali lagi pada saat upgrade pastikan foldernya sesauai dengan yang ada di komputer bapak..

    Terima Kasih. :)

  27. arul said

    saya mempunyai masalah pada lampiran A2,,, soalnya ga bisa di cetak,,, itu karena apa ya….???
    mohon petunjuknya….terima kasih :)

    =======Faisal=========

    Tidak bisa atau lama proses pak arul, coba ditunggu…

    Terima Kasih. :)

  28. susi said

    Sore Pak F,
    saya baru baru akan menggunakan e-spt 1.5, tapi terkendala error: c:\program files\djp\e-spt ppn 1111\db
    apa maksud & solusinya pak
    terima kasih :)

    =======Faisal=========

    Maksudnya bagaimana ya bu ?

    Terima Kasih. :)

  29. lia said

    Malam pak Faisal, dikarenakan adanya peraturan baru yg mengharuskan memakai e-spt bagi perusahaan. Bagaimana dgn yg seblmnya menggunakan PPN 1111DM Manual, apakah memang blm ada versi terbaru seperti PPN 1111 v 1.5 (adanya jatah faktur pajak)?
    Jg yg ingin saya tanyakan lg, setelah sy install PPN 1111DM, setelah mau di simpan csv terutis ” failed (file_handler), Message : Retrieving the COM class factory for component with CLSID (A440BD76-CFE1-4D46-AB1F-15F238437A3D) failed due to the following error : 80040154., Ada di masalah apa ya pak?

    Terimakasih

    =======Faisal=========

    Saya juga tidak tau pasti bu biasanya masalah installasi yang tidak sempurna, untuk spt PPN 1111 DM update pertanggal berapa ?

    Terima Kasih. :)

    • lia said

      Sore pak Faisal, saya menggunakan espt ppn 1111 dm version 1.2.0.0 update R110212. Saya mendptkannya lsg dr AR KPP dan sekalian di instal di laptop, tp masalahnya sama saat simpen csv. Tp alhamdulillah setelah searching internet saya mendapatkan info permasalahan saya pada solusicespleng.blogspot.com. kemungkinan versi 1.2 saya menggunakan 64bit sehingga harus di….regsvr32… btw terimakasih pak.

      ======Faisal========

      Oh iya bu lia terima kasih masukannya, pengalaman beberapa kali ada yang beberapa file yang tidak tergistry dengan baik bisa dengan reg atau pada saat installasi gunakan menu administrator.

      Terima Kasih. :)

  30. duma said

    Sore Pak Faisal, mau nanya dunkz :
    Saya kan sudah download eSPT PPN 1111 versi 1.5, mengapa pada waktu saya mau input ppn keluaran masa 6 mei 2013 (saya belum dapat nomor seri faktur pajak, jadi masih pakai 010.000.13.) perintahnya “Nomor Seri Faktur Pajak tidak sesuai dengan jatah”.
    Saya dapat nomer seri faktur pajak baru tanggal 22 mei 2013.
    Mohon pencerahannya ya pak.
    Terimakasih pak :)

    =======Faisal=========

    Kan ada catatannya ibu duma, kalau masih seperti itu ibu memakai versi 1.3 nanti untuk masa Juni 2013 baru memakai versi 1.5…

    Terima Kasih. :)

  31. Muhammad Yusuf said

    Sore Pak Faisal,

    Untuk laporan ke kantor pajak saat ini, menggunakan versi 1.4 apakah masih bisa terbaca Pak,? Atau sudah harus menggunakan versi 1.5

    Terima kasih

    =======Faisal=========

    Versi 1.4 masih bisa pak yusuf..

    Terima Kasih. :)

  32. johan said

    pak eSPT PPN 1111 v 1.5
    username n passwordnya apa ya ? (administrator dan 123 udah gak mau)

    ======Faisal========

    Masih tetap sama pak Johan, kecuali sudah diubah oleh pengguna sebelumnya..

    Terima Kasih. :)

  33. Haris said

    Pak Faisal, mohon bantuan informasinya, jika kita sudah menggunakan versi 1.3, untuk meng-upgrade ke versi terakhir :
    1. apakah cukup menjalankan patch-update ver 1.4 kemudian patch-update ver 1.5 atau
    2. harus uninstall dulu versi 1.3 kemudian install kembali versi 1.4 selanjutnya Patch-update atau
    3. langsung jalankan Patch-update Versi 1.5

    Terima kasih.

    =======Faisal=========

    Langsung patch update v 1.5 pak haris..

    Terima Kasih. :)

  34. chandra said

    Dear Pak Faisal…
    saya mau tanya, kenapa pada e-spt ppn versi 1.5 pd saat entry retur pembelian disebutkan faktur pajak tidak ditemukan, padahal di masa yg lain faktur pajak tsb ada.

    teman-teman yg lain yg pernah alami tolong di share yah…

    trims
    -chandra-

    =======Faisal=========

    Coba dicek lagi apakah data faktur pajak yang diretur ada di eSPT-nya..

    Terima Kasih. :)

    • duma said

      saya juga pernah mengalaminya pak chandra, tp saya lanjut aja input ke tanggal nota returnya, trus saya simpan…bisa koq..yang pentingnkan datanya bs tersimpan :)
      terimakasih.

  35. Kenardo Malau said

    Dear Pak Faisal,
    Saya mengalami masalah dengan e-spt PPN Versi 1.5.
    Kondisinya PPN Perusahaan kami masih Lebih Bayar. Akan tetapi ketika membuat File CSV untuk di laporkan,,system yang sudah saya upgrade menolak dan muncul tampilan “Jumlah Kurang Bayar masih lebih besar dari Pembayaran. Silahkan inpu SSP”.
    Mohon bantuan solusi dari Bapak untuk hal ini.
    Terima kasih,,

    =======Faisal=========

    Maaf coba dicek ulang datanya pak edo apakah sudah benar atau tidak, adakah kompensasi dari masa sebelumnya atau dari pembetulan ?

    Terima Kasih. :)

  36. amelia said

    Sy mau tny. Sy sudah bikin e-spt masa juni 2013. Tp di tolak sm kpp. Berhub sy minta ke kurir sy tidak tau alasan nya. Nah saya dpt info pelaporan ppn di bwh ver 1.5 di tolak. Apakah kalau sy stlh update ke ver
    1.5 hrs input ulang untuk masa juni 2013m

    =======Faisal=========

    Tidak perlu bu amelia tetapi tolong diperhatikan langkah-langkahnya…

    Terima Kasih. :)

    • naran said

      kalo berdasarkan pengalaman saya sih gak perlu input ulang, databasenya bisa langsung terbaca diversi baru. tapi yg perlu diperhatikan di versi baru harus input jatah no fp yang diterima dari kpp..bukan begitu pak faisal?

      =======Faisal=========

      Ya benar pak naran, cara yang paling aman gunakan patch update-nya saja..

      Terima Kasih. :)

  37. Solihin said

    Selamat Pagi pak Faisal..

    saya udah upgrade ke versi 1.4 tp kok gk bs input retur beli ya,katanya no faktur tidak di temukan
    balas ya pak faisal.

    terima kasih

    =======Faisal=========

    Coba dicek faktur pajaknya apakah memang sudah dilaporkan/dientry ke eSPT pak solihin..

    Terima Kasih. :)

  38. haris said

    Program espt PPN 1111 mungkin masih trial and error. Berikut saya coba berikan informasi tentang pengalaman dan solusinya tentang semua program eSPT, terutama PPN 1111.
    Jika akan mengupdate program eSPT :
    1. Backup dahulu file xxxx.mdb
    2. Coba dahulu jalankan file Patch-up date versi terbaru.
    Jika terjadi kegagalan,
    3. Uninstall program yang lama
    4. Install program versi yang terbaru.
    Catatan: patchupdate tidak akan bekerja sebelum installer dijalankan

    =======Faisal=========

    Maaf pak haris, sepertinya bukan trial and error, perbaikan yang terjadi bisa memang karena ada bug atau menyesuaiakn form yang berubah mohon maaf saya tidak sependapat dengan pak haris..
    Permasalahan umumnya terjadi karena Bapak/Ibu pada awalnya menggunakan versi 1.0 atau 1.1 sehingga tidak bisa langsung mengupgrade, selain itu ada beberapa yang menggunakan Windows 7 dikarenakan di Windows 7 database sebenarnya dihidden sehingga salah mengkopi database.
    Sepanjang patch update yang digunakan, Windows XP (Windows 7 perhatikan letak database yang sebenarnya), folder eSPT disesuaikan dengan yang di komputer, dan pada saat dipatch aplikasi eSPT tidak sedang dibuka sepertinya tidak ada masalah pak haris..

    Terima Kasih. :)

  39. Budi said

    Pak Faisal yth
    Saya mau tanya tentang eSPT versi 1.5. Saya sudah coba input faktur pajak pengganti dari kode 010 menjadi 011 atau 030 menjadi 031. Untuk Faktur Pajak Pengganti ini sukses diakomodir oleh versi 1.5.
    Tapi berbeda jika casenya adalah daktur pajak pengganti dari 010 menjadi 031, dikarenakan kekeliruan kode status lawan transaksi, smula WP biasa menjadi WP pemungut PPN. Untuk case ini versi 1.5 akan menolak dengan komentar “Faktur Pajak Pengganti/FP yang diretur tidak ditemukan”
    Solusi sementara permasalahan ini adalah menginput FP Pengganti kode 031 diatas ini pada versi 1.3. Setelah itu pekerjaan dilanjutkan di versi 1.5. Merepotkan karena harus reinstall versi 1.5 – install versi 1.3 – reinstall versi 1.5.

    Pertanyaan kedua, apakah ada masalah kompatibilitas database antara versi lama dan baru. Maksudnya apakah database yang dibangun oleh versi 1.5 dapat dibaca atau diedit menggunakan versi 1.3.

    Sehubungan solusi diatas apakah dimungkinkan apabila 2 versi eSPT misal versi1.3 dan versi 1.5 dinstall bersamaan pada sebuah PC.

    Terimakasih sebelumnya

    =====Faisal===========

    Ok pak budi, soal kompabilitas saya pernah mengalami pada versi 1.4 karena setelah diupgrade maka database 1.4 tidak terbaca di versi 1.3. Namun melihat apa yang bapak utarakan bolak balik menginstal versi 1.5 dan 1.3 berarti bukankah tidak ada masalah kompabilitas. Oh iya mengenai fp yang salah kode transaksinya saya belum pernah mencobanya..
    Mengenai menginstall dua versi eSPT dimungkinkan saja dengan membuat folder espt yang berbeda yakni eSPT PPN 1111 dengan e-SPT PPN 1111, namun ada pekerjaan tambahan juga yakni bapak mengkopas database dari folder satu ke folder lainnya.

    Terima Kasih. :)

  40. putri said

    bagaimana caranya agar lampiran ab d v1.5 bs d cetak?? karena saya sudah coba berkali kali,,tetapi macet d printernya,apakah program pndkungnya ada yg kurang,,??
    mhon ptnjuknya pa’ faisal,,,


    ======Faisal========

    Biasanya crystall report-nya tidak terinstall dengan baik bu putri..

    Terima Kasih. :)

  41. dramawan said

    Dear Pak Faisal…
    saya mau tanya, kenapa pada e-spt ppn versi 1.5 pd saat entry retur pembelian bulan juli’13 disebutkan faktur pajak tidak ditemukan, padahal di masa bulan juni’13 faktur pajak tsb sudah diinput dan ada.

    Kalau saya menggunakan Versi 1.3 pada saat entry retur pembelian bulan juli’13 langsung muncul total pembelian faktur yang mau diretur tersebut.

    teman-teman yg lain yg pernah alami tolong di share yah…

    trims


    ======Faisal========

    Seharusnya sama pak dramawan, coba pastikan apakah databasenya sama coba pada versi tersebut bukan masa dimana faktur pajak yang diretur dilaporkan.. Saya kuatirkan databasenya terpisah.

    Terima Kasih. :)

  42. Suratman said

    Pak Faisal,

    setiap kali saya buat csv selalu tampak seperti dibawah. bagaimana solusinya?
    Terima kasih,

    Suratman

    ‹í½`I–%&/mÊ{JõJ×àt¡€`$ؐ@ìÁˆÍæ’ìiG#)«*ÊeVe]f@Ì흼÷Þ{ï½÷Þ{ï½÷º
    _¼cÿ8<Ü=Ü
    ¼äç-ñùZª|Çï÷Ó{{÷Üן·ì÷C]ù}Ò)ž5a–Wž¿
    |p,³¿ç÷oœ¨[öþa\¸Ïïz÷`ïÓ{÷ôç-:ÇÐ_}û˧§4Û{û÷îï=üôþXÁþöá~ªc½¥È}˜ÙÞ¿ïw~_ƒFùÙï\cÜ'ÌýC_îmúòžÿå¯ñÿ·qôç


    ======Faisal========

    Kemungkinan installasi eSPT tidak sempurna pak suratman, coba amankan dulu databasenya diuninstall kemudian diinstall lagi..

    Terima Kasih. :)

  43. Ady Sugianto said

    Malam Pak Faisal,

    Komputer ktr saya beberapa hari lalu error (hang) yg kemudian harus diinstall ulang pak. Sedangkan saya tidak sempat memback-up Databasenya e-spt ppn. Nah sekarang saya sedang menginput ulang FP Keluaran dan Masukan dari masa Januari sampai yg July sesuai yang sudah dilapor (berdasarkan lampiran A2 & B2).
    Namun pada saat saya menginput FP Keluaran bulan April, terdapat warning “Nomor Seri Faktur tidak sesuai dengan jatah”. Sedangkan di masa April 2013, kami masih menggunakan nomor seri FP yang lama (sesuai format perusahaan), karena pada waktu itu ada dispensasi utk penggunaan Nomor Seri FP diundur sampai masa Juni. Mohon dibantu Pak Faisal.. Thanks


    ======Faisal=======

    Untuk masa bapak masih menggunakan nomor seri lama silahkan gunakan versi 1.3 dan setelah mulai satu bulan penuh bapak menggunakan nomor seri faktur pajak yang baru silahkan gunakan versi 1.5, jangan lupa masukan nomor surat pemberian nomor seri faktur pajak pada versi 1.5 apak ady..

    Terima Kasih. :)

  44. sari said

    Pak faisal saya mencoba input PPN dengan 1.5 tetapi data2 saya ditahun 2013 kok tidak ada?

    ======Faisal=======

    Tidak ada bagaimana ibu, mohon diperjelas..

    Terima Kasih. :)

  45. haris said

    Jika bapak masih memiliki file csv yg untuk lapor ke KPP, bapak bisa gunakan file tersebut untuk diupload ke system


    ========Faisal========

    Dimasukan balik ke eSPT maksudnya pak haris, klu itu tidak bisa pak..

    Terima Kasih. :)

  46. as said

    Pak fasial, sy sdh pakai versi 1.5 sejak juni 2013, namun sekarang data faktur PK & PM & SPT jun-jul’13 hilang sedangkan data sebelumnya jan’11-mei’13 masih ada…bisa tolong di analisa sebab & apa sarannya pak


    =========Faisal==========

    Database pak azis kemungkinan terpisah pada saat mengupdate dari versi 1.3 ke 1.4 sedangkan versi 1.5 menghubungkan ke datbase versi 1.3, broesw manual databasenya kemudian ekspor data faktur pada versi 1.4 kemudian impor pada versi 1.5 sehingga database bapak komplit menjadi satu file..

    Terima Kasih. :)

    • as said

      tambahan info : serta data jatah faktur pajaknya yang sdh kami input juga hilang pak


      ======Faisal========

      Bapak sudah mengupgrade berapa kali, kalau saya duga dua kali dari versi 1.3 ke versi 1.4 kemudian versi 1.5, sekali mengingatkan pada saat upgrade pastikan foledr eSPT sama dengan dengan folder yang sudah terinstal di komputer bapak as. Pada kasus bapa kemungkinan yang saya duga, Jan ’11 s.d. Mei ’13 ada di database lama sedangkan untuk masa Juni dan Juli ’13 ada pada saat bapak mengupdate dari versi 1.3 ke versi 1.4 dengan demikian ada dua database, untuk memastikannya coba bapak cek foleder DJP pada folder program file untuk eSPT PPN 1111 apakah terdapat lebih dari satu folder.

      Terima Kasih. :)

  47. andie said

    pak untuk aplikasi setup e spt 1111 1.4 tidak bisa berjalan di windows 7 home premium 64 bit knapa ya

    ========Faisal========

    Karena Net Framework versi 3.5 tidak tersetting di Windows 7-nya (beda dengan yang 32 bit) untuk masuk ke menu control panel >> program lalu ceklist Net Framework 3.5 tetapi proses melalui download ke web microsoft atau bisa juga bapak andie download aplikasinya di http://download.microsoft.com/download/c/d/c/cdc0f321-4f72-4a08-9bac-082f3692ecd9/DotNetFx35Client.exe setelah selesai download lalu install.
    Baru kemudian jalan aplikasi eSPT v 1.4 kemudian sebaiknya eSPT PPN-nya diupgrade ke versi 1.5

    Terima Kasih. :)

  48. lina said

    pak nota retur fp itu diiinput ke dalam e-spt tidak? kalau iya bagaimana caranya, dikantor saya sudah menggunakan versi 1.5. trimakasih sebelumnya


    ======Faisal========

    Sama seperti menginput faktur pajak keluaran dan masukan bu lina, diposisi pembeli nota retur dimasukan dalam faktur pajak masukan dan di penjual dimasukan sebagai faktur pajak keluaran.

    Terima Kasih. :)

  49. andhika said

    pak saya sudah update 1.5 saya sudah masukan no di tool—refrensi—jatah faktur…..tapi masih saja tidak sesuai jatah,apakah ada kadaluarsanya no faktur pajak yg di berikan ke kita…?……saya dapat no 99522970-99523469…..perjuli 13 99523408…nah saya mau lapor untuk periode agustus tetapi ketika saya masukan 99523409 …ternyata muncul tidak sesuaijatah…….binggung…..


    ======Faisal========

    Nomor seri faktur pajak bukan hanya nomor urutnya saja pak andhika tetapi termasuk 5 (lima) digit sebelumnya, sehingga seharusnya ada 13 (tiga belas) digit seperti ini XXX-XX.99522970 s.d. XXX-XX.99523469

    Terima Kasih. :)

  50. sun said

    See the end of this message for details on invoking
    just-in-time (JIT) debugging instead of this dialog box.

    ************** Exception Text **************
    Microsoft.Reporting.WinForms.LocalProcessingException: An error occurred during local report processing. —> Microsoft.Reporting.DefinitionInvalidException: The definition of the report ‘Main Report’ is invalid. —> Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportProcessingException: An unexpected error occurred in Report Processing. —> System.UnauthorizedAccessException: Access to the path ‘C:\Users\SWT\AppData\Local\Temp\expression_host_5c04b85beafc45478e19f3e12401fbc2.dll’ is denied.
    at System.IO.__Error.WinIOError(Int32 errorCode, String maybeFullPath)
    at System.IO.File.Delete(String path)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportCompileTime.InternalCompile(Report report, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean refusePermissions)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportCompileTime.Compile(Report report, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean refusePermissions)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportPublishing.Phase3(ParameterInfoCollection& parameters, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportPublishing.CreateIntermediateFormat(CatalogItemContext reportContext, Byte[] definition, CreateReportChunk createChunkCallback, CheckSharedDataSource checkDataSourceCallback, PublishingErrorContext errorContext, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions, String& description, String& language, ParameterInfoCollection& parameters, DataSourceInfoCollection& dataSources, UserLocationFlags& userReferenceLocation, ArrayList& dataSetsName, Boolean& hasExternalImages, Boolean& hasHyperlinks)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportProcessing.CompileReport(CatalogItemContext reportContext, Byte[] reportDefinition, CreateReportChunk createChunkCallback, CheckSharedDataSource checkDataSourceCallback, PublishingErrorContext errorContext, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions, String& reportDescription, String& reportLanguage, ParameterInfoCollection& parameters, DataSourceInfoCollection& dataSources, UserLocationFlags& userReferenceLocation, ArrayList& dataSetsName, Boolean& hasExternalImages, Boolean& hasHyperlinks)
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportProcessing.CreateIntermediateFormat(CatalogItemContext reportContext, Byte[] reportDefinition, CreateReportChunk createChunkCallback, CheckSharedDataSource checkDataSourceCallback, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions)
    — End of inner exception stack trace —
    at Microsoft.ReportingServices.ReportProcessing.ReportProcessing.CreateIntermediateFormat(CatalogItemContext reportContext, Byte[] reportDefinition, CreateReportChunk createChunkCallback, CheckSharedDataSource checkDataSourceCallback, AppDomain compilationTempAppDomain, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions)
    at Microsoft.Reporting.ReportCompiler.CompileReport(CatalogItemContext context, Byte[] reportDefinition, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions, ReportSnapshotBase& snapshot)
    — End of inner exception stack trace —
    at Microsoft.Reporting.ReportCompiler.CompileReport(CatalogItemContext context, Byte[] reportDefinition, Boolean generateExpressionHostWithRefusedPermissions, ReportSnapshotBase& snapshot)
    at Microsoft.Reporting.StandalonePreviewStore.StoredReport.CompileReport()
    at Microsoft.Reporting.StandalonePreviewStore.StoredReport.get_Snapshot()
    at Microsoft.Reporting.StandalonePreviewStore.GetCompiledReport(CatalogItemContext context, Boolean rebuild, ReportSnapshotBase& snapshot)
    at Microsoft.Reporting.LocalService.CompileReport(CatalogItemContext itemContext, Boolean rebuild)
    at Microsoft.Reporting.WinForms.LocalReport.CompileReport()
    — End of inner exception stack trace —
    at Microsoft.Reporting.WinForms.LocalReport.CompileReport()
    at Microsoft.Reporting.WinForms.LocalReport.SetParameters(IEnumerable`1 parameters)
    at eSPT._1111.frmReportContainer.frmReportContainer_Load(Object sender, EventArgs e)
    at System.Windows.Forms.Form.OnLoad(EventArgs e)
    at System.Windows.Forms.Form.OnCreateControl()
    at System.Windows.Forms.Control.CreateControl(Boolean fIgnoreVisible)
    at System.Windows.Forms.Control.CreateControl()
    at System.Windows.Forms.Control.WmShowWindow(Message& m)
    at System.Windows.Forms.Control.WndProc(Message& m)
    at System.Windows.Forms.ScrollableControl.WndProc(Message& m)
    at System.Windows.Forms.ContainerControl.WndProc(Message& m)
    at System.Windows.Forms.Form.WmShowWindow(Message& m)
    at System.Windows.Forms.Form.WndProc(Message& m)
    at System.Windows.Forms.Control.ControlNativeWindow.OnMessage(Message& m)
    at System.Windows.Forms.Control.ControlNativeWindow.WndProc(Message& m)
    at System.Windows.Forms.NativeWindow.Callback(IntPtr hWnd, Int32 msg, IntPtr wparam, IntPtr lparam)

    ************** Loaded Assemblies **************
    mscorlib
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/Microsoft.NET/Framework/v2.0.50727/mscorlib.dll
    —————————————-
    eSPT.1111
    Assembly Version: 1.5.0.0
    Win32 Version: 1.5.0.0
    CodeBase: file:///C:/Program%20Files/DJP/e-SPT%20PPN%201111/eSPT.1111.exe
    —————————————-
    Microsoft.VisualBasic
    Assembly Version: 8.0.0.0
    Win32 Version: 8.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/Microsoft.VisualBasic/8.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/Microsoft.VisualBasic.dll
    —————————————-
    System
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.dll
    —————————————-
    System.Windows.Forms
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System.Windows.Forms/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.Windows.Forms.dll
    —————————————-
    System.Drawing
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System.Drawing/2.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/System.Drawing.dll
    —————————————-
    System.Runtime.Remoting
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System.Runtime.Remoting/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.Runtime.Remoting.dll
    —————————————-
    System.Configuration
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System.Configuration/2.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/System.Configuration.dll
    —————————————-
    System.Xml
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/System.Xml/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.Xml.dll
    —————————————-
    System.Data
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_32/System.Data/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.Data.dll
    —————————————-
    System.Transactions
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_32/System.Transactions/2.0.0.0__b77a5c561934e089/System.Transactions.dll
    —————————————-
    System.EnterpriseServices
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_32/System.EnterpriseServices/2.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/System.EnterpriseServices.dll
    —————————————-
    Microsoft.ReportViewer.WinForms
    Assembly Version: 9.0.0.0
    Win32 Version: 9.0.21022.8
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/Microsoft.ReportViewer.WinForms/9.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/Microsoft.ReportViewer.WinForms.dll
    —————————————-
    Microsoft.ReportViewer.Common
    Assembly Version: 9.0.0.0
    Win32 Version: 9.0.21022.8
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/Microsoft.ReportViewer.Common/9.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/Microsoft.ReportViewer.Common.dll
    —————————————-
    System.Web
    Assembly Version: 2.0.0.0
    Win32 Version: 2.0.50727.4927 (NetFXspW7.050727-4900)
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_32/System.Web/2.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/System.Web.dll
    —————————————-
    Microsoft.ReportViewer.ProcessingObjectModel
    Assembly Version: 9.0.0.0
    Win32 Version: 9.0.21022.8
    CodeBase: file:///C:/Windows/assembly/GAC_MSIL/Microsoft.ReportViewer.ProcessingObjectModel/9.0.0.0__b03f5f7f11d50a3a/Microsoft.ReportViewer.ProcessingObjectModel.dll
    —————————————-

    ************** JIT Debugging **************
    To enable just-in-time (JIT) debugging, the .config file for this
    application or computer (machine.config) must have the
    jitDebugging value set in the system.windows.forms section.
    The application must also be compiled with debugging
    enabled.

    For example:

    When JIT debugging is enabled, any unhandled exception
    will be sent to the JIT debugger registered on the computer
    rather than be handled by this dialog box.

    NB : setiap kali mau print induk sebelum masuk ke menu print preview, selalu muncul perintah ini. ada apa ya? ini adalah detailnya.


    ========Faisal=======

    Wah saya belum pernah mengalaminya pak sun, OS-nya windows apa pak ? XP atau 7 atau 8 ? 32 bit atau 64 bit

    Terima Kasih. :)

    • saya juga mengalami hal sama, saya menggunakan windows 7, menggunakan net framework 4 saya instal v. 3.5 tidak mau. ada solusinya gak pa. thx..


      =========Faisal==========

      Net framework 3.5 bisa dinstall dari CD Windows 7-nya atau apabila tidak di download dari web microsft bu dian, cari yang versi offlinenya agar installasi tidak terlalu lama.. Coba baca tulisan saya tentang installasi di windows 8…

      Terima Kasih. :)

  51. Elly Kurniati said

    Pagi p’Faisal,

    Sy ada salah impor Pjk Keluaran jul, jadi sy coba masukan ke agustus ternyata espt nya tdk menolak/diterima.
    Apakah sekarang Pajak Keluaran = Pajak Masukan paling lama di lapor 3 bulan?
    Apakah boleh seperti itu atau dibuat pembetulan Jul’13? Sy blm pernah buat pembetulan, bagaimana caranya?
    Tks sebnya ….

    =======Faisal=========

    Pajak keluaran hanya dapat dilaporkan pada bulan yang sama bu elly… berbeda dengan pajak masukan yang bisa dilaporkan di bulan yang sama atau salah satu bulan dari tiga bulan beriktnya..
    Buat pembetulan masukan pajak keluaran yang belum dilaporkan, apabila menjadi kurang bayar maka setorkan kekurangnya tersebut..

    Terima Kasih. :)

  52. Ahmad Mabrur said

    Saya punya kendala dalam menginstall e-spt v1.4 di windows 7 ultimate pa,,tapi saya coba install dikomputer saya yg win Xp bisa dan di netbook anak saya yg win7 ultimate jg bisa..setelah muncul license agreement selalu error dan ada pesan kurang lebih seperti ini “please verify that your windows installer package”..
    Perlu diketahui komputer saya 64 bit
    Terima Kasih


    =========Faisal==========

    Pada saat installasi sudah run as administrator pak ahmad ?

    Terima Kasih. :)

  53. ARFAH said

    assalamu alaikum pak faisal
    saya mau tanya pak tentang penggantian faktur pajak dan pembetulannya. saya mau melakukan penggantian faktur dan pembetulan spt masa ppn bulan juli – september yang terlanjur menerbitkan faktur dengan nomor seri lama karena nomor seri terbaru baru terbit dari kpp tgl 17 september 2013.
    1). Apakah dalam pembetulan spt, di faktur pajak keluaran; faktur pajak lama langsung “diubah” atau membuat “baru” dengan kode faktur “5 -faktur pajak pengganti”. mana yang tepat pak ???
    2). Apakah boleh langsung meneribatkan faktur pajak dengan spt pembetulan untuk bulan juli – september dengan nomor faktur pajak terbaru yang baru terbit 17 september 2013. Kapan tanggal fakturnya pak?
    3) sy sudah mencoba di spt, normal tetap menggunakan nomor seri lama; kemudian sy imput di dokumen faktur pengganti: sistem tidak memunculkan nomor faktur lama yang diganti. yang muncul adalah nomor seri faktur pengganti dengan kode faktur yang berbeda. kami mohon solusinya pak.

    mohon bantuannya pak, dan solusi yang tepat atas kasus ini. terima kasih sebelumnya

    =======Faisal=========

    Wa’alaikumsalam warahmatullohi pak arfah.. Kesalahan seperti ini seperti ini menurut saya tidak ada jalan keluarnya sama seperti ketika bapak membuat faktur pajak ganda, karena di ketentuannya tidak diatur.

    Terima Kasih. :)

  54. Fitri said

    Siang Pak Faisal,

    Sy ada lebih bayar pda bln April 2013, tapi baru mau di kompensasi ke bln September 2013.
    yang sy mau tnya, kok sya input di formulir 1111 ABnya bgian III.B.II Kompensasi kelebihan PPN krn pembetulan
    SPT PPN Masa Pajak 04-2013 saat mau di print tdk muncul yaa? dan kalau di save jstru bgian I.C.I nya tdk muncul..
    mohon pncerahan’a, bngung :/
    tq sbelumnya..


    =========Faisal==========

    Ibu fitri melakukan pembetulan masa April 2013 ? atukah pada masa Mei 2013 lupa mengkompensasikan LB dari masa April 2013 ?

    Terima Kasih. :)

  55. tirsha said

    mau tanya e spt di laptop saya yg untuk ppn masukan dan ppn keluaran tidak bisa untuk di print, permasalahannya pada e spt saya atau laptop saya


    =========Faisal==========

    Kalau ibu tirsha bisa memprint dokumen lain, berarti kesalahan bukan pada laptop ibu tetapi pada installasi espt yang belum sempurna. Ibu memang sudah menggunakan eSPT PPN 1111 versi 1.5 ? Ketika tidak bisa memprint muncul komentar seperti apa bu ?

    Terima Kasih. :)

  56. Dewi said

    Pa, saya mau tanya, saya kan input nota retur pembelian di faktur masukan, tp ketika saya input pas di nomor seri faktur yang retur knp ko muncul tulisan nomor seri faktur pajak masukan tidak ditemukan, dan ketika saya lanjutkan menulis angka muncul lagi tulisan bahwa faktur pajak dengan no seri itu sudah diinput dengan pembetulan nol, itu knp yah pa, apa yang salah dengan inputannya, saya tunggu balasannya, terimakasih……

    =======Faisal========

    Bu dewi tidak memasukannya di faktur pajak masukan pembetulan masa dilaporkannya faktur pajak masukan yang diretur tetapi di masa diterbitkannya nota retur, apakah sudah seperti itu ?

    Terima Kasih. :)

  57. winda said

    Siang pak faisal…
    Pak, pakai win7 kok aplikasi eSPTnya gak bisa cetak induk dan lamp AB yahh pak…? Pdl saya sdah instal CRedist2008_x86.
    Mohon solusinya…

    Terima kasih.


    ========Faisal==========

    Maaf, coba ulangi langkah installasi kemungkinan ada pesan error yang ibu winda abaikan..
    Gunakan menu administrator pada saat menginstall gunakan klik kanan pilih run as administrator..

    Terima Kasih. :)

  58. Ika Winarti said

    Siang Pak Faisal…mnt file u/ donload eSPT yg 1.5 donk

    ========Faisal=========

    Di download saja bu ika, atau datang ke KPP terdekat..

    Terima Kasih. :)

  59. Wat said

    Pagi Pak Faisal.

    1. Saya ada transaksi Pajak Masukan di bulan Agustus. Tetapi sama sekali tidak ada transaksi Pajak Keluaran di Bulan Agustus karena Nomor Faktur Pajak saya baru terbit di pertengahan September. Pertanyaan saya : Apakah boleh seluruh transaksi Pajak Masukan Agustus saya input pada Masa Pajak September ? Pertimbangannya adalah supaya Transaksi Pajak Masukan Agustus tetap bisa menjadi faktur pengurang di Masa Pajak September. Karena nilainya lumayan Pak.

    ========Faisal=========

    Tidak masalah pak bapak laporkan di agustus atau september toh tetap diperhitungkan dengan pajak keluaran september..

    Terima Kasih. :)

  60. han_ka_tya said

    Salam kenal Bapak.

    Bapak, saya ada revisi untuk faktur pajak pada masa Juni 2012. Saya harus ganti tiga transaksi pembelian pada masa tersebut ke masa Desember 2012. Faktur pajak yang harus saya keluarkan adalah yang berkode 011. Boleh saya minta rincian langkah yang harus saya lakukan untuk input di program e-spt v1.5 yang baru ini Bapak?

    Terima Kasih atas bantuan Bapak.

    • han_ka_tya said

      Oh, maaf Bapak, saya ralat, maksud saya : Saya harus ganti tiga transaksi penjualan pada masa Juni 2012 ke masa Desember 2012. Posisinya saya sudah membayar dan melaporkan dua masa tersebut. Bagaimana pengaplikasiannya di program e-spt v1.5 Pak?

      Terima Kasih atas bantuan Bapak.


      =======Faisal========

      Kalau bu katya memang sudah membuat faktur pajak penggantinya pada masa Desember 2012, berarti ibu menginput di pembetulan masa Juni 2012 dengan kondisi yang seharusnya maka faktur pajak pengganti akan muncul otomatis di masa desember 2012 ketika ibu membuat pembuat pembetulan masa Desember 2012.

      Terima Kasih. :)

      • han_ka_tya said

        Siang Bapak,

        Bapak, saya sudah input tiga faktur pembetulannya di masa Juni Pembetulan I, tetapi ketika saya membuat masa Desember Pembetulan I, kok masih tidak muncul ya, Pak?


        ========Faisal==========

        Ibu memilih penomoran faktur pajak pada profile wajib pajak manual atau auto dan tanggal FP pengganti desember kan bu katya ? seharusnya ibu memilih auto agar nomor FP pengganti tersebut muncul di masa Desember.

        Terima Kasih. :)

  61. Dwi said

    Pagi Pak Faisal,

    Saya mau tanya, saya pakai e-SPT PPN 1111 versi 1.5
    Untuk databasenya kenapa tidak berubah kapasitasnya ya Pak?
    database yang sudah saya isi dengan database kosong besar filenya sama,
    Pada saat saya ganti komputer database tersebut saya copy, hasil yang saya dapatkan sama saja dengan mengentry ulang seperti pertama kali pemakaian.
    saya menggunakan windows 7 ultimate
    Mohon bantuannya

    Terima kasih


    =======Faisal========

    Karena untuk Windows 7 dan di atasnya database ibu dwi tidak berada di C:/Program File/DJP akan tetapi ada di foledr virtual store, coba gunakan menu search untuk mencari folder virtual store.

    Terima Kasih. :)

  62. imelda can said

    pak, gmn ya caranya isi Lampiran B2? thx


    ========Faisal=========

    Maksudnya bu imelda, yang di B2 faktur pajak masukan atas perolehan BKP/JKP dalam negeri..

    Terima Kasih. :)

  63. nova said

    sore pak faisal,

    Saya menggunakan eSPT versi 1.5. Desember 2013 saya terima FP masukan, dan sudah saya laporkan. Maret 2014 saya terima Nota Retur atas FP tersebut. Saat saya akan buat Pembetulan, muncul notifikasi Faktur Pengganti / Faktur yang Diretur Tidak Ditemukan. Mohon pencerahan..

    =====Faisal=======

    Tidak ada salah input pada saat faktur pajak masukannya atau salah input nomor pada saat input returnya kan bu nova ? Kalau muncul seperti itu diteruskan juga tidak apa-apa bu, tetapi mohon dicek kembali siapa tau terjadi kekeliruan.

    Terima Kasih. :)

  64. nova said

    Sudah sesuai semua pak, namun notifikasi masih muncul, nominal DPP & PPN tertulis 0. Saya coba inputkan nominalnya, kemudian simpan, dan semuanya saya cek bisa sesuai. Apakah cukup aman walaupun muncul notifikasi tersebut?

    ========Faisal==========

    Tidak masalah bu nova sepanjang Faktur Pajak yang diretur tersebut sudah dilaporkan.

    Terima Kasih. :)

    • dewi sulastriningsh said

      bu, itu ibu input fakturnya manual atau pake import data? klo manual memang seperti itu tapi klo pake import data berhasil ko bu, saya juga pernah seperti itu.

      ========Faisal==========

      Sama-sama berhasil hanya saja muncul notofikasi seperti itu bu dewi.. :)

      Terima Kasih. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 792 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: