Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Arsip untuk ‘eSPT, e-Filing, eNPWP, dan e-Registration’ Kategori

Tulisan tentang eSPT, eFiling, dan eNPWP

Lapor Pake e-filing rek

Posted by Faisal Abet pada 10 Februari 2014

Lapor SPT.. lapor SPT..

Eh kenape lu… kayak orang jualan..

Ini gue mau lapor SPT tapi masalahnye ga sempet nyampeinnya bang… Belom lagi nyetaknya nih, dimane nyetaknya mau ditulis tulisan jelek nih.. he..he..

Nah ini aye kasih tau ke penjenengan rek, coba pake e-filing ga pake ribet cuma dateng sekali aja ke kantor pajak selanjutnya ga perlu lagi.. bisa dipake taun-taun berikutnye..

Ajib deh, apaan tuh e-filing ?

e-filing itu pengisian dan pelaporan secara online rek.. jadi ga perlu langsung ngisi secara online gitu lagian mudah dipandu bok, ada petunjuk-petunjuknye… Nah kelebihannya kita bisa ngisi dimane aje dan kapan aje..

tapi kan kite butuh internet dong… Tapi kite pan orang kampung bute ama internet nih…. hehe

Bo’ong banget lu, bukannya loe punya akun facebook buat nama Tomingse lagi… He..he..

Waduh, ketauan deh, maklumin dong bang kite kan jomblo nih, siapa tau ada yang kecantol..

Oala nanti yang kecantol malah sepatu bekas..hehe

Tiba-tiba si ayu muncul..

Dari mane aje yu ? biase bang bantuin nyak dulu beres-beres rumah.. wah bagus dong anak solehah nih..

Tadi bang, ayu kruisan di jalan ame tukang loakan banyak banget bawa kertas…

Nah itu, kite juga harus menyelamatkan dunia go green gitu loh.. Masak hutan kita gundul gara-gara pemakaian kertas…

Gimane caranye masak kita jadi tukang loakan..hehe

Yah ga segitunya kaleee… nah salah satunya kita menggunakan fasiltas e-filing ini…

Wah ribet bang, ayu dah pernah nyoba taon kemaren ntu efiling mesti kelar diisi baru bisa disimpen trus kalau kite edit nih muncul banyak data pelaporan bang jadi bikin bingung aje..

Nah ketinggalan ni ayu, itu dulu yu sekarang dah ga kayak gitu lagi.. sekarang ga mesti kelar bisa kok disimpan dan ga muncul banyak file lagi kok.. Pokoke Cepat, Mudah, dan Praktis….

Waduh ga sabaran nih, yuk kite coba kebetulan aye bawa ipad nih.. eh tapi sebelumnye aye mau broadcasting dulu neh kasi tau temen-temen sekantor supaye coba e-filing..

Sip deh, yuk kita kunjungi.. https://efiling.pajak.go.id/index

e-Filing

Ditulis dalam eSPT, e-Filing, eNPWP, dan e-Registration, PPh Orang Pribadi | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

SPT PPh Pasal 21 Berubah, Why ?

Posted by Faisal Abet pada 24 Januari 2014

Ribet..ribet.. bete..bete…., wah kenapa mba ? ini loh mas kantor pajak buat aturan perubahan bentuk fomrulir SPT PPh 21 yang baru. Nah kan bagus mba, artinya up to date, gitu loh… Up to date ?? up to you kali mas..hehe. Mba, memangnya piye toh perubahannya, naon atuh ? Begini loh mas, kalau dulu aku kan tinggal lapor aja berapa total pegawai dan berapa pajaknya, klu sekarang yah… harus merinci… hu..hu…  Why..why.. bikit ribet aja.. Sabar mba.. sabar mba.. ada kangmas kok di sini..hehe.

Yah itulah sekelumit kemungkinan reaksi atas diterbitkannya PER-14/PJ/2013, bermacam-macam reaksinya, why..why yang lain… Hal ini juga terlihat ketika kami mensosialisasikan peraturan ini ke Wajib Pajak pada Selasa tanggal 7 Januari 2014 kemarin. Hal lain yang masih ingat ketika ada yang mempertanyakan kenapa ketentuan ini berlaku untuk pembetulan, dengan demikian berlaku surut.

Sebenarnya saya sendiri tidak tau pastinya, karena saya bukan pembuat undang-undang… loh emang siape lu..hehe. Namun berdasarkan hasil penerawangan saya, dan hasil pertapaan saya… nah loh.. nah loh ini pegawai pajak apa ahli nujum..hehe.  Mengenai kenapa ketentuan berlaku surut hal ini mungkin belum terlihat untuk saat ini. Wah bener nih ahli nujum bisa tau masa depan..hehe. Bukan begitu, begini ketika pembetulan di waktu yang dekat mungkin tidak masalah tetapi bagaimana nanti pembetulan masa November 2013 dan sebelumnya jika dilakukan 4 atau 5 tahun lagi kan repot tuh harus mencari spt yang berlaku pada saat itu, nah ketentuan ini memudahkan sehingga Wajib Pajak tidak perlu repot-repot mencari formulir spt yang lama. Bagaimana? betul kan ?

Menurut saya perubahan fomulir SPT PPh 21 ini mengembalikan ruh-nya PPh Pasal 21 bahwa PPh Pasal 21 adalah kewajiban masa bukan kewajiban tahunan.  Klu itu sebenernye udah tau sih, tapi apaan hubungannye ye ? Nah itu dia… Perubahan yang paling mendasar di formulir yang baru dari yang sebelumnya salah satunya adalah adanya kewajiban merinci nama-nama pegawai/penerima pensiun yang penghasilannya di atas PTKP dengan mencantumkan nama, NPWP, penghasilan bruto, dan PPh Pasal 21 terutang pada setiap bulannya, dengan demikian akan terlihat PPh Pasal 21 yang disetorkan setiap bulannya sudah sesuai perhitungan atau belum. Dengan demikian sebenarnya kalau mau dilihat positifnya, hal ini berdampak baik bagi perusahaan atau bagian payroll karena peluang untuk menahan-nahan pajaknya karyawan sampai akhir tahun tidak ada lagi. Bukan begitu ?

Perubahan mendasar yang lain adalah adanya kewajiban mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk WNI dan Nomor Pasport untuk WNA pada setiap bukti pemotongan PPh Pasal 21/26. Nah lo yang ini untuk apa ? kayaknya kantor pajak iseng amat sih kan susah minta fotokopi KTP pegawai.. :( Nah untuk yang ini bukan iseng doangan, ini bisa membantu Wajib Pajak loh.. Kok bisa, yang bener ?? Bener dong, dengan memberikan identitas yang valid jika ada pegawai yang bermasalah, misalnya extrimnya melarikan uang perusahaan maka bisa langsung ditelusuri keberadaannya.  Iya kan ..hehe. Lagian..lagian kan ga perlu panjang lembar minta dari pegawai, cuma bilang ktp/paspor  diperlukan  untuk pelaporan pajak. Dan kalau diterawang lebih jauh lagi, ada manfaat lain lagi loh.. Ini bisa membantu kementerian dalam negeri mendorong WNI agar segera memiliki KTP dan kementerian luar negeri/imigrasi  membantu agar tidak ada lagi pendatang yang tidak memiliki paspor.

Nah ini perubahan yang kemunginan banyak pendukungnya kaum hawa terutama ibu-ibu.. O gitu, kenapa begitu ? Karena nih di formulir 1721 A1 atau 1721 A2 tidak lagi dicantumkan status kawin hanya dicantumkan status PTKP sehingga buat ibu-ibu yang sudah berkeluarga tidak terlihat lagi karena yang terlihat hanya status PTKP yakni TK/0 sama dengan yang statusnya single. he..he..

Ada pun perubahan lain misalnya dipisahkannya kolom penerima uang pensiun sekaligus dengan penerima pesangon sekaligus hal ini menurut saya, dari sisi positif sekali lagi menghindarkan wajib pajak agar tidak keliru menafsirkan mana yang dimaksud uang pensiun dan mana yang dimaksud pesangon, hal ini  karena perlakuan tarif untuk pensiun dan pesangon berbeda.

Perubahan berikutnya yakni perubahan bukti potong 1721 A1, yang pertama untuk biaya jabatan tidak dipisah kan lagi seperti dulu yaitu biaya jabatan untuk penghasilan rutin dan biaya jabatan untuk penghasilan tidak rutin. Hal ini dilakukan kemungkinan menurut saya adalah agar wajib pajak tidak menjadi salah tafsir bahwa biaya jabatan maksimal itu bukan untuk masing-masing namun adalah  jumlah keduanya, bener ga kemarin masih ada yang bertanya-tanya kan ? Yang kedua adalah dihilangkan uraian PPh Pasal 21 yang kurang/(lebih dibayar) hal ini sekali lagi menurut penerawangan saya dikarenakan begitu banyak pertanyaan payroll atau pegawai yang mempertanyakan PPh 21 yang kurang/(lebih) dibayar ini apakah posisi setelah dibayarkan gaji desember atau sebelumnya, sehingga diperjelas bahwa PPh Pasal 21 yang telah dipotong/dilunasi adalah PPh 21 selama setahun yang bersangkutan bekerja.

Lalu perubahan lain lagi adalah dimasukan kembali bukti pemindahbukuan sebagai bukti pelunasan hal ini meluruskan pemahaman kita bahwa dimungkin kan kok pemindahbukuan PPh Pasal 21 tetapi bukan karena kelebihan pemotongan loh tetapi karena kesalahan setornya atau dari pemindahbukuan pajak lain.

Perubahan yang terakhir, seingat saya ya.. kalau salah tolong diingati yah.. ga menggigit kok..hehe. Yaitu dibakukannya form Daftar Biaya, kalau hal ini menurut saya niatnya baik loh menyadarkan wajib pajak sebenarnya ada kewajiban yang belum dilaksanakan  buat wajib pajak yang tidak wajib SPT Tahunan yakni Daftar Biaya. Karena diketentuan sebelumnya form ini belum ada bantuk bakunya. Jadi ada warning, kalau ada formnya oh ya form ini belum diisi yah.. begitu…

Ok deh sip, mudah-mudahan mba ga bete lagi..

Nah loh mba siapa? mba yang mana?

Kan cuma cerita doangan..hehe

Ditulis dalam eSPT, e-Filing, eNPWP, dan e-Registration, PPh Pasal 21/26 | Dengan kaitkata: , | 13 Comments »

Slide SPT Masa PPh Pasal 21 Tahun 2014

Posted by Faisal Abet pada 11 Desember 2013

Sejak terbitnya PER-14/PJ/2013 sebenarnya sudah tahu sedikit sih tentang perubahan formulir SPT PPh Pasal 21 dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak tersebut dengan form SPT PPh Pasal 21 yang saat ini dipakai sesuai PER-32/PJ/2009, namun setelah membaca slide dari P2 Humas Direktorat Jenderal Pajak ternyata baru menyadari bahwa perubahan tidak hanya di beberapa point saja kemudian penasaran akhirnya dibaca lagi ketentuannya dan akhirnya sedikit diedit slide tersebut. Untuk itu dengan menshare slide ini saya berharap Bapak/Ibu lebih mudah memahami perubahan ketentuan SPT PPh Pasal 21 yang baru.

  1. Slide Sos PER-14.2013 (03-01-2014)
  2. Contoh Kertas Kerja PPh Pasal 21 (05-02-2014, penjelasan pembuatan file csv bulanan di sheet BACA)
  3. Video Simulasi eSPT PPh Pasal 21 Full File (03-01-2014), file video dipecah:

eSPT PPh Pasal 21 sesuai PER-14/PJ/2013 dapat diminta ke KPP terdekat mulai 13 Desember 2013

eSPT PPH Pasal 21

Ditulis dalam eSPT, e-Filing, eNPWP, dan e-Registration, PPh Pasal 21/26 | Dengan kaitkata: | 24 Comments »

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 773 pengikut lainnya.