Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

SPT Tahunan PPh 21 2008 Masih Ada !

Posted by Faisal, S.Mn. pada 10 Oktober 2008


Lha ternyata SPT Tahunan PPh Pasal 21 untuk tahun 2008 masih harus disampaikan ? Itu juga pertanyaan yang ada dalam hati saya ketika membaca Per-39/PJ./2008 tanggal 06 Oktober 2008 (ada dikolom peraturan). Jadi sebenarnya apa pertimbangannya, mungkin karena UU PPh disahkan tidak bersamaan dengan UU KUP sehingga aturan umum tidak sejalan dengan aturan khususnya sehingga di masa transisi ini kewajiban penyampaian SPT Tahunan PPh Pasal 21 masih tetap harus disampaikan. Sekalian nyampein UU PPh yang baru telah ditandatangi Pak Preside dengan nomor 36 tahun 2008 (ada di kolom peraturan)

4 Tanggapan to “SPT Tahunan PPh 21 2008 Masih Ada !”

  1. SINAMARTIN said

    MOHON KETEGASAN DARI DIRJEN PAJAK TENTANG CARA PENGHITUNGAN DAN PELAPORAN SPT OP AGEN ASURANSI KARENA ADA BEBERAPA KONSULTAN MENGGUNAKAN NORMA PENGHITUNGAN SEDANGKAN BERDASARKAN PENJELASAN LANGSUNG DARI BPK. DIRJEN DAN KAKANWIL JAKARTA BARAT – HARUS DIHITUNG SESUAI PASAL 17 DAN TARIF PPH.

    MOHON BPK DIRJEN DAN SEMUA KANWIL SERTA KPP MENSOSIALISASIKAN DAN MENEGASKAN MASALAH INI.

    • Faisal said

      Maaf pak, Bapak sebagai agen asuransi perorangan ? Maka komisi yang Bapak terima setiap bulannya dihitung berdasarkan Pasal 17 UU PPh sesuai dengan PER-15/PJ/2006. Sedangkan untuk pelaporan tahunannya apabila memang penghasilan Bapak hanya dari satu pemberi kerja yakni perusahaan penyedia jasa asuransi maka pelaporan tahunan cukup mengisi SPT Tahunan Karyawan yakni 1770 S dengan PPh terhutang adalah PPh Pasal 21 yang dipotong setiap bulannya sehingga pelaporan SPT Tahunan adalah nihil. Terima kasih.🙂

  2. Rio Haryanto said

    Pak Faisal
    Untuk komisi agen asuransi hanya dipotong sebesar 5% setiap menerima komisi, kemudian jika dlaporkan di form 1770 S dan dihitung dengan menggunakan tarif berdasarkan Pasal 17 UU PPh bagaimana caranya sehingga bisa menjadi nihil. Terima Kasih

  3. Faisal said

    Maaf penjelasan saya keliru sebelumnya, apabila agen asuransi dikategorikan sebagai pekerjaan tetap pelaporan adalah 1770 S atau 1770 SS dengan melampirkan fotokopi 1721A1 sedangkan apabila dikategorikan sebagai pekerjaan bebas maka pelaporannya adalah 1770. Agen asuransi yang tidak merangkap sebagai karyawan sebaiknya menggunakan pembukuan sehingga dapat diketahui biaya-biaya yang berakaitan dengan penghasilan sehingga perhitungan PPh Orang Pribadinya menjadi wajar.

    Terima kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: