Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Cara Memindahkan eSPT Lama ke eSPT Baru

Posted by Faisal, S.Mn. pada 1 Desember 2009


Berikut disampaikan cara memindahkan data lawan transaksi dari eSPT Lama ke eSPT Baru.. Silahkan Klik di sini

Sekaligus disampaikan Contoh Soal dan Jawaban dari Bahan Pelatihan eSPT PPh Masa di KPP Madya Batam.

Semoga bermanfaat !!

Iklan

4 Tanggapan to “Cara Memindahkan eSPT Lama ke eSPT Baru”

  1. Saya belum tahu cara kerja e SPT. dari mana bisa saya peroleh untuk belajarnya. Hal ini disebabkan ada beberapa hal yang saya belum mengerti misalnya . untuk PPh pasal 21. kalau seandainya data SPT januari 2010. kemudian kalau kita mau isi data SPT februari. apakah kita dapat menggunakan data SPT jnauari tanpa input data baru di SPT Feb. terima kasih.

    === Faisal===
    Di installenya ada petunjuk manualnya kok pak.. Transaksi setiap bulannya belum tentu sama tentu Bapak harus menginputnya lagi setiap bulannya, hanya saja apabila ada pembayaran 21 selain pegawai tetap dan pembayaran 21 Final identitas tidak perlu dimasukan lagi.

    Terima Kasih. 🙂

  2. Riya said

    Pak Faisal,
    Saya mau melakukan pembetulan di e-spt PPN,dgn menghapus salahsatu Faktur Masukan yg ternyata tdk dapat terpakai.Namun kenapa yah jumlah KB saya berbeda totalnya,seharusnya Rp.300.000 hanya menjadi Rp.53.000.-?Apakah berarti ada kerusakan e-sptnya pak?Sebenarnya ingin segera melakukan pembetulan supaya tidak makin lama,apakah tidak apa2 jika kita melaporkan pembetulan sesuai dgn e-spt yg salah dalam penghitungannya?

    Terimakasih pak,

    ======Faisal=====

    Maaf ibu, pakah PMnya berkurang Rp 53.000,- ? Karena kurang bayarnya bertambah senilai tersebut, maka nilai SPT Pembetulan sudah benar yakni senilai kurang bayar tambahan akibat pembetulan.

    Terima Kasih. 🙂

    • Riya said

      Bukan pak, nilai DPP difaktur yg saya delete Rp.3 juta = PM(300.000). Dibagian PM(B) tertera sudah benar, faktur tsb sudah didelete, namun penjumlahan total dibawahnya hanya berkurang 53.000 bukan sampai berjumlah 300.000. Bagaimana ya pak,apakah ada caranya supaya bisa dibetulkan?
      Terimakasih pak,

      ======Faisal=======

      Mungkin kasusnya seperti ini ya bu ? SPT Normal PK 5 juta dan PM 4 juta maka menjadi satus SPT adalah KB 1juta setelah dilaporkan ke KPP baru diketahui atas PM 3 juta tidak dapat dikreditkan, maka dilakukan pembetulan dengan PK tetap sedangkan data PM dihapus sehingga posisi SPT Pembetulan menjadi PK 5juta PM 1juta dan SPT yang dibetulkan KB 1juta sehingga status SPT Pembetulan menjadi KB 3juta. Nah atas koreksi PM 3 juta dilakukan pengapusan data faktur di SPT Pembetulan kan bu ? Kemudian apakah sudah dientry kembali menjadi faktur pajak yang tidak dapat dikreditkan di SPT Pembetulan ?

      Terima Kasih. 🙂

  3. Riya said

    Iya pak betul seperti itu,
    Sudah dientry di SPT pembetulan, status faktur sudah menjadi “Faktur batal”/#Delete. Dari daftar list lampiran PM juga sudah benar,Faktur yg dihapus sudah tidak tertera. Hanya saja nilai totalnya(dibawah) yg tidak sesuai. Dan tentunya berpengaruh SPT Induknya,yg juga tidak sesuai KBnya dgn yg sebenarnya. Begitu pak..
    Please help pak..
    Terimakasih,

    ======Faisal======

    Maaf ibu, ibu sudah menggunakan versi terakhir tanggal 03 Maret 2009 ? Kalau belum tolong diupdate… Kalau sudah diupdate atau sudah menggunakan versi tersebut tolong dihapus dulu SPT Pembetulannya, kemudian buat spt pembetulan lagi hapus fakturnya, input ke fp tidak dapat dikreditkan kemudian posting ke spt pembetulan baru kemudian buka lampiran 1107 B dan cetak lihat hasilnya apakah sudah berubah…

    Terima Kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: