Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Pengisian SPT Karyawan 2009

Posted by Faisal, S.Mn. pada 23 Februari 2010


Sekedar sharing sebagian bahan sosilaisasi pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2009 yang dilaksanakan di Aula KPP Madya Batam pada hari Selasa , 23 Pebruari 2010 yakni :

1. Slide batasan dan teknik Pengisian formulir 1770 S dan 1770 SS

2. Petunjuk teknis praktis memindahkan data 1721A1 dari eSPT PPh Pasal 21 ke formulir 1770 s atau 1770 SS secara global.

3. Formulir 1770 S dan 1770 SS Otomatis Tahun Pajak 2009

Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) untuk Pegawai :

95001 ………….. Pegawai Negeri Sipil

95002 ………….. TNI/Polisi

95003 …………. Pegawai BUMN/BUMD

95004 ………… Pegawai Swasta

Semoga bahan ini bermanfaat juga bagi yang lain  !!

12 Tanggapan to “Pengisian SPT Karyawan 2009”

  1. krist said

    Pagi bapak, saya mau menanyakan bagaimana pengisian SPT OP bagi wanita kawin / istri yang mempunyai npwp sendiri sesuai dengan SE-29/PJ/2010 apakah PH netonya harus digabungkan dulu dengan suami? artinya bisa jadi kurang bayar dong..mohon pencerahannya tks

    ======Faisal======

    Maaf bu klu saya menafsirkan juga seperti itu, sehingga bisa disimpulkan bagi wanita yang menikah dan bekerja di satu pemberi kerja lebih baik menggunakan npwp suami dibandingkan memilih memiliki npwp sendiri…

    Terima Kasih. 🙂

    • krist said

      tks jawabnnya pak, lalu atas surat edaran ini berlaku untuk tahun pajak kapan ya? secara saya dpt secara utuh SE ini, jadi hanya tau garis besarnya saja, selanjutnya kalau WP istri mau merubah NPWP jd ikut suami bagaimana caranya? tks

      ======Faisal======

      Mulai tahun pajak 2009, wah seperti prosedurnya belum diatur yang ada malah sebaliknya… Cerai diatur tapi ruju’nya tidak… he..he..

      Terima Kasih. 🙂

  2. ine said

    malam pa…
    mohon pencerahannya, suami saya kerja di persh A dari bulan januari 2009 sampai Aguastus 2009 kemudian pindah ke persh B dari Agustus sampai Desember 2009 sehingga dia mendapat 2 bukti potong dari masing2 persh, bagaimana cara melaporkannya di 1770s apakah langsung digabungkan? karena kalau digabungkan menjadi timbul kurang bayar, kalau bisa minta contoh perhitungannya di form 1770s-nya ya pa…..
    terima kasih Pa.

    =======Faisal=======

    Kan contohnya sudah ada bu, tolong llihat bagan apabila ada dua 1721A1.. Memang konsekuensinya pasti kurang bayar baik apabila pindahan atau pun memang bekerja di dua tempat… Karena bagi pindahan pada waktu berhenti pajak yang dipotong setiap bulan kan dikembalikan nah sekarang karena bekerja lagi maka wajib dikembalikan…

    Terima Kasih. 🙂

    • ine said

      makasih pa atas jawabannya, tapi yang saya liat dibagan yg 2 bukti potong itu masa pemotongannya dari bulan 1 sampai bulan 12 untuk dua2nya, sedangkan punya suami saya masa potongnya bulan 01 sampai 08, dan o8 sampai 12, yang berarti tidak ada pengembalian lebih bayar, bagaimana tuh pa? apakah perhitungannya tetap seperti contoh??
      makasih pa….

      =====Faisal=====

      Iya bu saya sudah sampaikan contoh saya bekerja di dua pemberi kerja pada saat bersamaan… Suami ibu berhenti kan dari perusahaan sebelumnya ? Kalau iya pasti 1721 A1nya lebih bayar dan lebih bayar tersebut pasti dikembalikan perusahaan..

      Terima Kasih. 🙂

  3. yenti said

    siang pak,,
    saya mau tanya kenapa form 1770 ss yang baru bapak, ga bisa dipake… saya membutuhkan aplikasi form 1770 ss krn data karyawan yg mau saya input cukup banyak dan masih menggunakan form 1770 ss. dimana saya bisa mendapatkan aplikasi buatan bapak tersebut??? terima kasih sebelumnya:)

    ======Faisal=====

    Bisa kok bu, silahkan di download ulang…

    Terima Kasih. 🙂

  4. Raymond said

    Pak Saya mau bertanya :
    NPWP saya 14.614.XXX.X-XXX.XXX, Punya penghasilan yg belum dipotong pajaknya, dan penghasilan saya kurang dari 60Jt, status TK/0.

    1. KLU saya berapa?
    2. Form SPT yang dipakai yg mana ya?

    Kata teman saya harus melihat SKP nya dulu baru bisa menentukan Form mana yg harus dipakai, sedangkan saya tidak/belum menerima SPK yg dia maksud, (karena ketidaktahuan saya)

    =====Faisal======

    Maaf penghasilan Bapak dari pegawai swasta kalau iya KLUnya adalah 95004 kalau tidak bapak bisa lihat di surat keterangan terdaftar (SKT) pada saat Bapak memperoleh NPWP.
    Untuk pegawai yang penghasilannya dibawah 60juta dalam setahun dan hanya bekerja di satu pemberi kerja maka formulir yang dipakai adalah 1770 SS.

    Terima Kasih. 🙂

  5. adi said

    Sore Pak,,
    saya mau bertanya, saya mempunyai masalah dalam pengisian form 1770 pajak dipotong lebih besar dari pada pajak terutang, padahal teman sekerja hasilnya nihil dan untuk diketahui saya tidak ada penghasilan lain selain dari kantor. Kira2 ap sebabnya? ada pengaruhkah apabila saya melaporkan dengan kondisi lebih potong di masa pajak yang akan datang?

    ======Faisal======

    Kalau penghasilan Bapak hanya dari satu pemberi kerja tidak ada penghasilan lain kalau pihak pemotong melakukan pemotongan secara benar hal ini tidak akan terjadi, tolong perhatikan 1721A1nya apakah lebih bayar ?

    Terima Kasih. 🙂

  6. sonny said

    Pak Faisal,
    Boleh dikirimkan ke kami excel 1770 S utk tahun 2007,
    mohon bantuannya ya pak,

    Terima kasih
    Sonny

    ======Faisal=====

    Boleh, silahkan…

    Terima Kasih. 🙂

  7. Nanda said

    Selamat siang pak,

    saya mau bertanya. Saya adalah wanita kawin yg bekerja swasta dari 1 pemberi kerja ( baru 1 tahun bekerja). dengan NPWP adalah cabang dari NPWP suami. Pekerjaan suami adalah anggota polisi. kami belum memiliki anak.
    Bagaimana cara saya membuat laporan SPT OP, pak. formulir mana yang harus saya pakai.
    Terima kasih sebelumnya.

    =======Faisal======

    Pelaporan tahunan cukup suami ibu, penghasilan bruto dan PPh Pasal 21 terutang ibu masuk dilampiran II namun fotokopi 1721A1 ibu juga dilampirkan di SPT suami, jadi yang digunakan adalah formulir 1770 S dengan lampiran fotokopi 1721A2 suami dan 1721 A1 ibu…

    Terima Kasih. 🙂

  8. Yuliani said

    Pak,

    Saya mau tanya pak.. kalo kondisinya saya tidak bekerja. KLU nya apa donk pak?? trus saya harusnya isi form yang mana??

    untuk status tidak kerja saya sudah saya laporkan pada SPT tahun lalu (karena saya tidak bekerja sejak huli 2009). Apakah saya harus membuat surat pernyataan bahwa saya tidak bekerja lagi untuk lampiran SPT tahun ini??

    ========Faisal=========

    untuk penghasilan di bawah PTKP tidak wajib menyampaikan SPT Tahunan (1770 S/SS)

    Terima Kasih. 🙂

    Trus, saya di tahun ini saya mendapatkan semacam hadiah dari kuis di internet dan saya dapat ubukti potong PPh pasal 21 dari penyelenggara, dimanakah saya harus isi atau lampirkan??

    Mohon saran dan infonya..
    Terima Kasih Banyak..

  9. fakri yaman said

    Selamat siang pak Faisal,

    Saya ingin menanyakan mengenai pesangon yang diterima oleh istri.

    Sebelumnya saya informasikan bahwa NPWP istri ikut dengan suami sehingga pelaporan SPT nya menggunakan nama dan NPWP suami.

    Bagaimana bila istri mendapat pesangon ? Apakah tetap dilaporkan di lampiran II 1770S bagian A angka 5 ? Bukankah pesangon yang dimaksud disitu adalah pesangon yang diterima suami ?

    Mohon penjelasannya pak…..


    =======Faisal========

    Tidak pak fakri jika isteri ikut suami maka penghasilannya adalah penghasilan bersama, sama halnya ketika isteri bekerja lebih dari satu perusahaan atau isteri mempunyai penghasilan dari usaha sendiri maka dimasukan di lampiran 1770 Lampiran I Bagian A atau bagian B jika menggunakan norma walaupun yang dicantumkan adalah NPWP suami…

    Terima Kasih. 🙂

  10. Raffi Mulya said

    Selamat siang mas faisal,
    tolong mas, saya mohon password utk file PENGHITUNGAN PPH 21 2009 / 2013..bisa kirim ke DRMULYACOY@axis.blackberry.com

    terima kasih banyak, mas. smoga Allah membalas kebaikannya…amin

Tinggalkan Balasan

 
