Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Perbedaan Ditanggung dengan Tunjangan

Posted by Faisal, S.Mn. pada 3 Agustus 2010


Satu hal lagi perbedaan yang banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih bedanya dengan PPh Pasal 21 ditanggung perusahaan dengan tunjangan PPh Pasal 21 ? Wong gaji yang diterima sama nilainya… Hal ini menjadi penting karena keduanya mempunyai implikasi perpajakannya yang berbeda, karena jika PPh 21 ditanggung perusahaan maka hal itu bukan biaya bagi perusahaan dan bagi pegawai bukan merupakan penghasilan dan sebaliknya jika menjadi tunjangan.

Lalu bagaimana membedakannya secara akuntansi, hal ini dapat dilihat jika PPh 21 merupakan tunjangan maka nilai tunjangan tersebut masuk ke perkiraan penghasilan karyawan sedangkan jika ditanggung perusahaan maka nilai PPh 21 menjadi unsur biaya tersendiri, seperti contoh biaya PPh Pasal 21.

Iklan

10 Tanggapan to “Perbedaan Ditanggung dengan Tunjangan”

  1. none said

    Pak Faisal,

    Kasih contoh soalnya dong… Thanks.

    ======Faisal=======

    Misalnya sekedar contoh apabila sebagai tunjangan nilai total penghasilan yang ibu terima di slip gaji Rp. 4.325.500,- sementara apabila menjadi pajak ditanggung perusahaan maka tercantum nilai gaji ibu adalah Rp. 4.200.000,- Apabila dilihat dari jumlah yang ibu terima bersih jumlahnya sama yakni Rp. 4.200.000,- karena nilai PPh 21 sebesar Rp. 125.500,- pada kasus pertama dipotong dari penghasilan ibu sedangkan pada kasus kedua nilai PPh 21 dengan jumlah yang sama ditanggung oleh perusahaan.

    Terima Kasih. 🙂

  2. big sugeng said

    Hari ini aku temukan blog orang pajak yang keren…
    salam kenal Boss

    ======Faisal=======

    Yang bener nih mas, keren dimananya perasaan tampilannya sangat-sangat sederhana dan bahasa juga sederhana dibanding blognya mas….
    Salam kenal juga, siapa tau ke jkt atau jogja bisa mampir nih…

    Terima Kasih. 🙂

  3. Marcellina said

    Mas Faisal,

    Kalau dengan contoh yg diberikan tgl 10 Aug 2010 ke Mas Agung, berarti perusahaan rugi tidak ya secara ‘cash flow’ kalau memilih cara ditanggung ? karena saat sahabatku bergabung ke salah satu perusahaan yg memilih metode ditunjang bukan ditanggung, dia kebingungan karena perhitungan gaji nya selama 6 bulan lebih besar dibanding dengan gaji di tahun depan nya yang kata departmen HRD nya untuk 12 bulan itu full.
    Seharusnya secara logika sama, tapi kata ybs kalau di tahun ini (2011) bergabung karena hanya tersisa 6 bulan saja (dia join nya bulan June 2011) maka gaji nya lebih besar krn berdasarkan rumus pajak(???) Sedangkan di tahun depan nya (full 12 bulan untuk tahun 2012), maka perhitungan rumus nya dikalikan 12 bulan sehingga gaji nya di tahun depan tiba2 tax home pay nya jadi lebih kecil daripada 2011.

    Mohon pencerahan nya.
    Wassalam,
    Marcellina

    Terima kasih.

    =======Faisal==========
    Klu ditanggung maka PPh Pasal 21 tidak bisa dibiayakan oleh perusahaan sedangkan tunjangan PPh Pasal 21, tunjangan PPh 21 dapat dibiayakan yang nilainya sama dengan PPh Pasal 21.
    Baik tunjangan atau pun ditanggung penghasilan net(take home pay) sama saja mba yang berbeda brutonya, klu tunjangan bruto > net(take home pay) tetapi klu ditanggung bruto = net(take home pay).
    Dengan demikian jika tunjangan maka penghasilan bruto sebulan bagi pegawai yang bekerja sejak awal tahun akan lebih besar dibandingkan jika bekerja dipertengahan tahun. Secara logika juga seperti itu juga kan mba ? tetapi maaf lain hal jika yang bersangkutan pegawai expat maka penghasilan bruto sebulan sama saja antara yang masuk dipertengahan tahun dengan yang masuk sejak awal tahun.

    Terima Kasih. 🙂

  4. lina sari said

    bapak saya mau tanya yg masuk koreksi fiskal itu pph 21 ditunjangkan atau pph 21 yang dibiayakan/ditanggung…???? makaci

    ========Faisal=======

    Kok alamat emailnya nama cowok ? ini bapak atau ibu ? PPh yang ditanggung perusahaan bagi karyawan bukan penghasilan dan bagi perusahaan tidak dapat dibiayakan..

    Terima Kasih. 🙂

  5. lina sari said

    heheh saya cewek pak anak lp3i Ciputat baru lulus semester 4 pak,,nah besok ada uji kompetensi, saya bingung kok disoal tahun 2010 dikoreksi semua, tapi kalo latihan soal 2012 gak dikoreksi,,,
    jadi kalo dibiayakan itu harus dikoreksi ya pak, tapi kalo tunjangan gak perlu dikoreksi…

    =======Faisal========

    Waduh maaf mba lina, solanya emailnya nama cowok… Klu PPh 21 ditanggung perusahaan ga boleh dibiayakan mba, klu dibiayakan ya harus dikoreksi.. Klu tunjangan ya ga perlu karena kan penghasilan buat karyawannya..

    Terima Kasih. 🙂

    • lina sari said

      saya bingungnya disoal tahun 2010 itu pph 21 nya dikoreksi pak tpi kok di latihan soal 2012 gak dikoreksi pph 21 nya..ternyata kalo yang dilatihan itu ada keterangan tunjangan pajak penghasilan 21 sudah memperhitungkan semua komponen BTK

      ======Faisal=======

      Ok sip, udah ketemu bedanya kan mba…

      Terima Kasih. 🙂

      • rendyafriansyah said

        pak saya mau tanya,, kalau terjadi kesalahan pencantuman NPWP dan nama wp pada spt pph pasal 4 ayat 2 bagaimana cara pembetulannya pak….apakaah memerlukan surat keterangan kesalahannya?? trimakasih

  6. lina sari said

    alhamdulillah ujikom saya sukses : )

    ========Faisal=======

    Alhamdulillah saya ikut senang mba..

    Terima Kasih. 🙂

  7. pak faisal , saya masih bingung membedakan tanggungan dan tunjangan karena saya ada tugas proposal skripsi . sebenarnya pph 21 itu bepengaruh ga sih ke pengeluaran perusahaan ???
    mohon bantuannya ya pak . thanks


    =======Faisal=========

    Dari nilai bisa jadi tunjangan lebih kecil dari ditanggung tetapi yang pasti dari sisi pajak tunjangan dapat dibiayakan sedangkan jika ditanggung tidak dapat dibiayakan. Pada prinsipnya PPh Pasal 21 adalah pajaknya karyawan oleh karena itu tidak akan mempengaruhi pengeluaran perusahaan namun jika PPh 21 menjadi tunjangan atau ditanggung perusahaan maka akan mempengaruhi pengeluaran perusahaan.

    Terima Kasih. 🙂

  8. rizky said

    Pagi pak Faisal…
    Saya mau nanya nie untuk perhitungan PPh 21 atas gaji dan THR ada gk ya!!
    dan mekanisme perhitunganya, jumlah yang disetor, dan contohnya!
    Terima kasih


    ========Faisal=========

    Ada pak rizky, file simulasi perhitungan PPh Pasal 21 hanya saja PTKP-nya klu tidak salah belum saya update..

    Terima Kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: