Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Trik Excel

Posted by Faisal, S.Mn. pada 27 Mei 2011


Tulisan ini hanya ingin berbagi dari sedikit yang saya ketahui tentang microsft excel dengan harapan semoga tulisan ini bermanfaat. Dengan demikian saya mohon maaf kalau sekiranya apa saya sampaikan di sini sudah banyak diketahui orang. Berikut beberapa trik microsoft excel yang biasa saya gunakan, berikut saya jabarkan fungsinya :

  1. Untuk mengubah huruf , huruf besar semua =upper(A2), huruf kecil semua =lower(A2); huruf besar di awal kata =proper(A2). Maksud A2 adalah kolom A baris ke-2.
  2. Untuk membulatkan angka, bisa floor, trunc, roundup, rounddown, misalnya =floor(A2;1000). Tanda ; tergantung setting regional di komputer masing-masing dalam kasus ini setting regionalnya adalah Indonesia dan angka 1000 berarti pembulatan ke bawah 1000.
  3. Mengabsolutkan angka, apa pun hasilnya nilanya tetap positif =ABS(A2)
  4. Menampilkan huruf atau angka mulai dari kanan =right(A2;3) sedangkan dari sebelah kiri =left(A2;3), sedangkan untuk huruf ditengah =MID(A2;5;3). Nilai angka right dan left adalah jumlah huruf yang akan ditampilkan sedangkan pada mid, angka pertama jumlah huruf ke-n yang akan ditampilkan dang angka kedua menunjukan jumlah huruf yang ditampilkan. 
  5. Untuk menampilkan kondisi tertentu yakni =IF(A2>0;A3;A4), maka A2>0 adalah syaratnya, A3 data yang akan ditampilkan jika syarat terpenuhi, A4 jika syarat tidak terpenuhi. Fungsi if dalam satu rumus hanya bisa digunakan 4 kali misal =if(A2>0;”Salah”;if(>10;”Ragu-Ragu”;…
  6. Untuk mementukan beberapa syarat yang kesemuanya harus dipenuhi maka gunakan fungsi AND namun jika hanay salah satu syarat tepenuhi maka gunakan OR.
  7. Untuk menampilkan nilai tetentu dari suatu perbandingan tertentu maka rumusnya =VLOOKUP(A2;$B$1.$C$5;2;false), maka A2 adalah kunci sebandingnya sedangkan  $B$1.$C$5 adalah tabel yang akan dijadikan bandinganya sedangkan angka 2 adalah nilai yang ditampilkan dari kolom ke-2 dari tabel yang ditentukan, tanda $ mengunci baris dan/atau kolom apabila kita hendak menkopikan ke kolom/baris yang lain, dan kata false berfungsi apbila tabel pembading nilai tidak berurutan.
  8. Untuk menampilkan teks dalam suatu rumus maka gunakan tanda ” sebelum kata pertama dan sesudah kata terakhir.
  9. Untuk menampilkan nilai dalam satu baris dari beberapa kolom gunakan &
  10. Untuk Microsft Excel 2007 jika ingin menapilkan cell yang berwarna untuk kondisi tertentu gunakanlah conditional formating.
  11. Untuk menampilkan atau mencetak area tertentu gunakan “print area”
  12. Untuk mengulagi baris tertentu pada tampilan/hasil cetak pada setiap halaman gunakan menu page set up lalu pilih sheet terakhir klik Rows to repeat at top, pilih baris yang akan diulang.
  13. Jika ingin menhilangkan tampilan garis kolom dan baris seperti microft word pada saat digunakan di power point gunakanlah view hilangkan ceklist “gridlines”
  14. Membuat pilihan drop down, buat listnya misalnya angka 1 s.d. 10, jika angka satu di cell B1 maka angka seterusnya dibaris berikutnya sampai B10, kemudian sorot dari B1 s.d. B10, ubah nama name box menjadi nama yang ada inginkan misalnya Nourut, kemudian letakan kurson dibagian mana Anda akan membuat list dropdown lalu masuk ke menu “Data Validation” pada Allow pilih List kemudian muncul Source, di kolom tersebut ketikan NoUrut.
  15. Membuat bagian perhitungan sama dengan hasil akhir, misalnya kolom D2 adalah hasil dari A2 + B2+C2; kemudian cell F2 adalah jumlah D2+E2 dikalikan 10% dengan syarat B2 = F2 tidak akan terjadi kalau Iteration-nya tidak dicheklist.

Tulisan ini hanya sementara dari apa yang saya ingat akan diupdate jika saya ada waktu luang lagi atau ada masukan dari Bapak/Ibu…

Iklan

6 Tanggapan to “Trik Excel”

  1. iman said

    makasih triknya ….

    =======Faisal=====

    Sama-sama pak iman… 🙂

    Terima Kasih. 🙂

  2. trims infonya 🙂

    =======Faisal=========

    Sama-sama bu Arni..

    Terima Kasih. 🙂

  3. thanks bro

    ======Faisal======

    Sama-sama bro…

    Terima Kasih. 🙂

  4. abuara said

    pak ada trick biar ga ngetik satu persatu nomer di excel 2007
    misal :
    1.
    2.
    3.
    saya harus ngetik sampe 570 kan capek kalo satu satu 😀

    ======Faisal==========

    Ada dua cara bu abuara, pertama bapak bisa meletakan kursor di kolom urutan 1 kemudian tarik sudut kanan bawah dari kursor sampai baris yang bapak inginkan kemudian lepas klik kan mousenya, cara yang kedua bapak ketikan angka 1 misalnya dikolom A1 kemudian letakan ke kolom A2 lalu ketikan rumus =A1+1 kemudian enter, setelah itu kopi A2 ke baris dibawahnya sampai baris yang bapak inginkan..
    Silahkan dicoba semoga berhasil…

    Terima Kasih. 🙂

    • anam said

      sedikit memberi option lain,
      bisa dengan cara membuat no dulu 1 – 2, ex :
      1
      2

      lalu blok kedua cell tersebut, baru arahkan kursur pada kanan bawah cell yang di blok tadi sampai icon mouse berubah jadi tanda + (plus). lagsung double klik di situ. dengan begitu, number akan otomatis sampai data di kolom samping nya tidak ada.

      ======Faisal=======

      Terima Kasih pak anam masukannya.. 🙂

  5. Scorpion said

    Yth. Bapak Faisal, saya mau bertanya, untuk perusahaan yang membuka cabang di luar negeri, bagaimana cara penentuan harga transfernya ya? Mengingat kalau sesuai harga pasar, tidak akan bisa bersaing di luar negeri.
    Apakah harus menggunakan harga pasar? Apakah boleh menggunakan HPP? Ataukah diberikan discount khusus?
    Saya masih kurang mengerti, mohon bimbingan.
    Terima kasih.

    =======Faisal=========

    Mohon diposting ulang ke tulisan saya yang berkaitan misalnya tentang transfer pricing pak scorpion…

    Terima Kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: