Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Eh ada e-filing !

Posted by Faisal, S.Mn. pada 21 Februari 2012


Ada kabar gembira nih buat karyawan/karyawati yang mau melaporkan SPT Tahunannya 1770 S/1770 SS tahun pajak 2011 Direktorat Jenderal Pajak menyediakan fasilitas pelaporan secara online melalui situs http://www.pajak.go.id/

Nah Bapak/Ibu/mas/mba dapat mengunjungi https://efiling.pajak.go.id namun sebelumnya Bapak/Ibu/mas/mba  dapat mengunjungi kantor pajak terdekat untuk mendapatkan nomor e-fin dengan membawa kartu identitas (KTP) dan kartu NPWP, selanjutnya kantor pajak terdekat akan langsung memberikan nomor e-fin.

Setelah mendapatkan nomor e-fin Bapak/Ibu/mas/mba dapat melakukan registrasi secara online melalui https://efiling.pajak.go.id dengan syarat Bapak/Ibu/mas/mba mempunyai email karena aktivasi, kode verifikasi, dan tanda terima SPT akan dikirim via email.

Begitu mudahnya e-filing karena dapat dikerjakan di kantor atau di rumah dengan syarat jaringan komputer terhubung dengan internet, dan pengisian dilakukan secara bertahap dan setiap tahap diberikan petunjuk secara jelas. Tidak perlu antri lagi di kantor pajak atau drop box karena dapat dilakukan di rumah 24 jam, praktis kan !

Oke deh langsung aja berikut petunjuk manual registrasi e-filing dan pelaporan SPT 1770 S….

  1. Registrasi e-Fin
  2. Pelaporan 1770 S melalui e-Filing (apabila tulisannya terlalu lama tampil di monitor komputer Bapak/Ibu/mas/mba sebaiknya di save dengan cara klik kanan pilih save target as)

4 Tanggapan to “Eh ada e-filing !”

  1. none_ichie said

    Sore, Pak Faisal

    Apakah perlu download e-filling dari web pajak.go.id?
    Bagaimana dengan tanda tangan WP OP-nya?
    Apakah tanda tangan digital (by scan) bisa dianggap sah?

    Mohon penjelasannya.

    Terima kasih.


    ======Faisal=======

    Ibu ichie, e-filing adalah aplikasi online sehingga ibu tidak perlu mendownload aplikasinya.. menurut saya mirip seperti ibu membeli tiket pesawat secara online..
    Apabila ibu menggunakan e-Filing dalam pelaporan pajak maka tidak perlu menyampaikan fisik SPT Induk (1770 S/1770 SS), fotokopi 1721 A1/A2 dan bukti potong final juga tidak perlu disampaikan kecuali diminta oleh KPP melalui Account Representative(AR)..
    Namun apabila yang disampaikan SPT Tahunan Badan misalnya maka laporan keuangan wajib disampaikan paling lambat 14 hari sejak batas waktu penyampaian SPT Tahunan Badan berakhir.
    Tanda tangan di SPT Induk apabila ibu menggunakan eSPT atau pun pelaporan manual maka tandatangan yang dimaksud adalah tandatangan basah..

    Terima Kasih..🙂

  2. Eko Prasetyo said

    Pak Faisal, jika mengisi e-filing pertama kan diminta Bukti potong. Jika misalnya saya bekerja dan istri bekerja lalu sama2 dapat 1721-a1 dgn nomer npwp satu nama saya apa dua bukti ini diisi? Lalu pada bagian Penghasilan yang Dikenakan PPh Final apa diisi jg bagian istri dr satu pemberi kerja jg? atau dikosongi? Terima kasih.

    =======Faisal=======

    Pak Eko kalau penghasilan isetri dari satu pemberi kerja dan isteri tidak memupnyai NPWP sendiri yang berbeda dengan bapak maka cukup penghasilan isetri dimasukan di penghasilan final (lampiran 1770 S bagian II angka 13) dan tidak perlu digabungkan.

    Terima Kasih.🙂

  3. Siska deivi said

    Apa bedanya e-filing sama e-SPT ? Terima kasih

    ======Faisal========

    e-filing pengisian dan penyampaian spt secara online sedangkan eSPT pengisian menggunakan aplikasi secara offline bu siska..

    Terima Kasih.🙂

  4. boby andrian said

    tolong contohkan bagaimana cara Registrasi e-filing?, karena banyak yang masih belum tau!


    =====Faisal=======

    Pertama bapak boby ke kpp terdekat dengan membawa ktp dan fotokopi kartu NPWP untuk mendapatkan e-fin, setelah e-fin didapatkan baru kemudian bapak ke http://www.pajak.go.id untuk melakukan registrasi e-filing.. di sana kana diminta mencantumkan NPWP, alamat email bapak, dan kode e-fin yang diberikan KPP kemudian link aktivasi atau kode aktivasi akan dikirimkan ke email bapak dengan cara mengklik link ativasi diemail atau mencantumkan kode aktivasi maka bapak sudah dapat menggunakan e-filing.. namun maaf teknik ini khusus untuk e-filing karyawan saja..

    Terima Kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: