Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

CD Kompilasi

Posted by Faisal, S.Mn. pada 12 Maret 2012


Setelah berpikir bagaimana memudahkan Wajib Pajak dalam mengingat aplikasi pajak dalam satu media akhirnya terpikir untuk mengumpulkan dalam satu Compact Disk(CD), dengan demikian diharapkan Wajib Pajak apabila ada perubahan pemakaian komputer atau pergantian penanggung jawab diperusahaan tidak sulit mencari aplikasi yang digunakan.

CD ini berisi antara Aplikasi Pajak DJP terdiri dari :

  1. eNPWP yang terdiri dari eNPWP v 2.01
  2. eSPT yang dibagi menjadi  :
  • eSPT PPh Pasal 21/26 terdiri dari installer eSPT PPh Pasal 21/26 (30-11-2009), Patch Update (14-01-2010), dan petunjuk installasi patch update
  •  eSPT PPh Pasal 22 (01-10-2011)
  •  eSPT PPh Pasal 23/26 (30-11-2009)
  •  eSPT PPh Pasal 15  dan Patch Updatenya (15-03-2010)
  •  eSPT PPh Pasal 4 ayat (2) dan Patch Updatenya (25-07-2010)
  •  eSPT PPN 1111 terdiri dari Installer eSPT PPN 1111 v.1.3.0 (21-11-2011), Patch Update (21-11-2011), dan Crystall Reports
  •  eSPT Tahunan PPh Badan yang terdiri dari eSPT PPh Badan rupiah v.1.1 (09-04-2012) dan eSPT Tahunan Badan dollar  v.1.1 (09-04-2012)
  •  eSPT Tahunan  PPh Orang Pribadi yang terdiri dari eSPT OP 1770 (11-03-2011), eSPT OP 1770 S (11-03-2011), dan eSPT OP 1770 SS (11-03-2011)

Aplikasi Pajak Excel terdiri dari :

  1. Aplikasi Excel untuk 1770 S/SS yang terdiri dari form 1770 S/SS, Form Pisah Harta, dan Simulasi Perhitungan PPh 21 dan PPh OP Karyawan
  2. PPh OP dan Badan terdiri dari file impor penyusutan aktiva berwujud
  3. PPh Pasal 21 Bendaharawan terdiri dari penghitungan formulir SPT Masa PPh Pasal 21 Bendaharawan Pemerintah, file Impor 1721 A2 ke eSPT, Pencetakan form 1721 A2 manual, dan Perhitungan & SPT Masa PPh Pasal 21 masa Desember.
  4. PPh Pasal 21 Swasta terdiri dari penghitungan PPh Pasal 21 bulanan, PPh Pasal 21 dalam setahun,  impor file 1721 A1 ke eSPT, pencetakan 1721 A1 manual, dan impor bukti potong pesangon ke eSPT.
  5. PPN terdiri dari pembuatan faktur pajak otomatis, file impor faktur pajak ke eSPT
  6. SSP terdiri dari SSP Otomatis menggunakan file terbilang, SSP tanpa file terbilang, SSP untuk bendaharawan, dan file terbilang rupiah & dollar

Bahan Presentasi terdiri dari :

  1. Bahan presentasi untuk SPT 1770 S/SS 2011
  2. Bahan presentasi untuk eSPT Tahunan Badan 2010 beserta video simulasinya dan eSPT Tahunan Badan 2011
  3. Bahan presentasi untuk SPT PPh Pasal 21 tahun 2010
  4. Bahan presentasi untuk eFiling yang terdiri dari memperoleh eFin, registrasi eFin, dan pelaporan secara eFiling

Namun sementara CD kompilasi ini terbatas untuk Wajib Pajak yang saya tangani saja, dengan syarat mebawa CD kosong ke kantor.

Inilah bentuk tampilan pembuka CD Kompilasi saya, file dalam bentuk power point presentation (ppsx). Silahkan diunduh..(klik disni)

17 Tanggapan to “CD Kompilasi”

  1. Kedavraminds said

    Dibagi juga donk untuk umum pak, isinya sangat bermanfaat sekali itu. terutama video mengenai pengisian e-spt dll.. just comment, regards…

    ======Faisal=======

    Masalahnya terpaksa ada penggantian pembelian CD dan ongkos kirimnya pak keda… hehehe..

    Terima Kasih.🙂

    • Kedavraminds said

      Wah ndak apa2 pak Faisal…^_^ saya di daerah jakarta selatan, mohon petunjuknya untuk proses mndapatkannya pak. Trimakasih sebelumnya…

      =======Faisal========

      Gimana ya, ga enak juga melayani Wajib Pajak yang bukan saya tangani di kantor… Tapi yang pasti kalau bisa diambil sendiri saya hanya minta biaya penggatian CD-nya saja kok pak keda..🙂 Nanti saya kabari..

      Terima Kasih.🙂

  2. Dedi said

    Trims Pa Faisal

    ======Faisal=========

    Sama-sama pak Dedi

    Terima Kasih.🙂

  3. grace said

    Keren euy…. ikutan ngunduh, ya Pak. sukses terus ya…


    =====Faisal========

    Terima Kasih bu grace..🙂

    • grace said

      tetap nunggu isinya ya…

      ======Faisal=======

      Untuk diluar WP yang saya tangani lihat responnya dulu bu grace…🙂

      Terima Kasih.🙂

  4. edward A said

    boleh juga tuh pak Faisal, boleh di share dong…! hehehhehe

    =======Faisal=======

    Kalau filenya disahe sih di blog ini, cuma ini CD Kompilasinya saja…

    Terima Kasih.🙂

  5. Suhardi said

    Kep, kirim-kirim dong

    ======Faisal=======

    Ke kantor aja mas hardi kan masih di Jakarta.. hehehe

    Terima Kasih.🙂

  6. indra said

    Malam mas

    sekedar koreksi, sekiranya anda akan membagikan aplikasi berbasis ms-excell untuk mengisi formulir 1721-A2, hendaknya dikoreksi lebih dahulu comment dan tampilannya. semua anda proteksi sehingga pada data entry WP tidak bisa di freeze kolomnya untuk melihat nama wajib pajak yang ada dikolom awal. kemudian coment2 yang ada, cukup membingungkan karena tidak relevan dengan nama kolom yang ada. saya mendapat aplikasi anda dalam bentuk CD dari KPP Pratama Purwokerto, dan pihak yang membagi mengaku tidak bisa mengubah karena tidak diberikan password protect sheetnya oleh anda.

    =======Faisal========

    Terima kasih pak indra atas masukannya, kalau Bapak kesulitan menggunakan freeze Bapak bisa menggunakan split kok pak kan fungsi sama…🙂 Mengenai petunjuknya saya coba buat sejelas mungkin memang ada beberapa kali update yang saya lakukan dengan tujuan agar bagi para pengguna yang membaca petunjuknya dapat memamahi dengan jelas dan menggunakannya dengan mudah..
    CD yang diberikan bukan dari saya memang mungkin beberapa dari filenya diambil dari file-file saya, untuk itu mohon petunjuknya yang lebih rinci kesulitan dimanakah yang Bapak indra maksud agar saya dapat memperbaikinya..

    Terima Kasih.🙂

  7. fahrur said

    Saya berdomisili di Semarang pak,
    Bisa minta tolong dikirimkan CD tersebut ke alamat saya?
    Biaya yang disebabkan atas permintaan saya, akan saya tanggung,
    hehew🙂
    mohon emailkan balasannya ke email saya pak admin@nkri.net

    fahrur


    =======Faisal======

    Ok saya coba, tolong diemailkan alamat lengkapnya…

    Terima Kasih.🙂

    • Maman Supardiman said

      Yth. Pak Faisal,

      Terima kasih atas informasinya, Insya Allah saya akan datang kekantor Bapak,

      Terima kasih.

      ======Faisal========

      Ok, pak maman

      Terima Kasih.🙂

  8. Maman Supardiman said

    Yth. Pak Faisal,
    Saya juga berminat untuk mendapatkan CD compilasinya, untuk biaya kirim dan penggantian CD sy akan ganti pak.
    terima kasih. Maman Supardiman – Jakarta

    =======Faisal========

    Kalau tidak jau dari kantor saya, silahkan datang ke kantor saja pak.. membawa CD kosong atau mengganti biaya pembelian CD.. Untuk pengiriman maaf saya belum sempat…

    Terima Kasih.🙂

    • edward A said

      nompang ya…, Kantor Pak Faisal dimana…! saya boleh ambil ya.., kalo di flashdisc bisa gak pak..!

      =======Faisal========

      Kalau di flashdisk kan sama saja pak dengan Bapak download satu-satu, kalau flashdisk takutnya beresiko kena viru sih pak edward.. hehehe.
      Kantor saya dekat tugu tani, persis dibelakang halte kejadian xenia kemarin..🙂

      Terima Kasih.🙂

  9. Faisal_31 said

    sy juga berminat pk, boleh di kirim persyaratannya ke email sy pk. nanti sy ambil ke kntr bpk. ini alamat email sy : faisyal_31@yahoo.co.id

    =======Faisal=========

    Datang saja ke kantor dengan membawa CD kosong pak

    Terima Kasih.🙂

  10. Anisa said

    Selamat siang Pa,
    Saya ingin mengajukan pertanyaan berikut :
    Jika saya dan teman saya mendirikan PT A
    Kemudian kami menerima order pesanan dari customer
    Namun barang yang di minta customer, saya pesan ke PT B
    PT B langsung mengirim barang kepada customer kami
    tetapi faktur pajak dari PT B dibuka atas nama kami (PT A)
    dan PT A membuka faktur penjualan atas order customer tsb.
    Barang yang diperjual belikan adalah BKP

    Pertanyaannya :
    KLU yang tepat untuk usaha kami apa ya?
    Karena kami melakukan transaksi penjualan dan pembelian tetapi tidak ada stock barang.
    Kami tidak memerlukan banyak karyawan atau ruangan yang luas. cukup 1 meja dan komputer saja.

    Demikian pertanyaan saya, mohon petunjuk Bapak.
    Terimakasih..

    ======Faisal=====

    Maaf pak noer tolong di topik yang sesuai atau di “Diskon New saja”

    Terima Kasih.🙂

  11. jones said

    Pak untuk transaksi dengan Bendahara Pemerintah DPP = Nilai x 100/110. tapi yang di faktur otomatis DPP = nilai transaksi, Gimana solusinya. Thanks

Tinggalkan Balasan

 
