Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Beda Form 1771 Tahun Pajak 2009 dengan 1771 Tahun Pajak 2010

Posted by Faisal, S.Mn. pada 25 April 2012


Masih bingung SPT PPh Badan Tahun Pajak 2011 menggunakan formulir yang mana ?  SPT Tahunan PPh Badan tahun pajak 2011 masih menggunakan formulir SPT Tahunan tahun pajak 2010. Lalu apa sih bedanya formulir SPT Tahunan PPh Badan (1771) Tahun Pajak 2010 dengan 2009. Perbedaannya adalah :

  1. 1171 Induk halaman pertama, bagian C yakni kredit pajak pada PPh Yang Dibayar Sendiri sudah tidak ada lagi Fiskal Luar Negeri  karena memang mulai tahun pajak 2010 sudah tidak ada kewajiban membayar Fiskal Luar Negeri bagi yang berpergian keluar negeri.
  2. 1771-III Kredit Pajak Dalam Negeri ,  adanya pemisahan kolom antara Nama dan NPWP sedangkan sebelumnya di formulir SPT Tahunan Tahun Pajak 2009 adalah satu kolom.
  3. 1771-IV PPh Final dan Penghasilan Yang Tidak Termasuk Obyek Pajak bagian A angka 2, di tahun pajak 2009 disebutkan bunga/diskonto obligasi yang diperdagangkan/dilaporkan di bursa efek sedangkan di formulir tahun pajak 2010 menjadi bunga/diskonto obligasi saja, karena ketentuan yang baru pengenaan PPh Final atas bunga/diskonto obligasi tidak dibatasi hanya yang diperdagangkan di bursa efek saja.
  4. 1771-V Daftar Pemegang Saham/Pemilik Modal dan Deviden yang dibagikan serta Daftar Pengurus dan Komisaris, pada Bagian A Daftar Pemegang Saham/Pemilik Modal dan Deviden dibagikan terdapat pemisahan kolom antara Nama dan Alamat Pemegang Saham/Pemilik Modal, begitu pun pada bagian B Daftar Pengurus dan Komisaris terdapat kolom pemisahan Nama dan Alamat Pengusrus dan Komisaris.
  5. 1771-VI Daftar Penyertaan Modal pada Perusahaan Afiliasi, Daftar utang dari Pemegang Saham dan/atau Perusahaan Afiliasi, dan Daftar Piutang dari Pemegang Saham dan/atau Perusahaan Afiliasi pada bagian A Daftar Penyertaan Modal pada Perusahaan Afiliasi terdapat pemisahaan kolom antara nama dan alamat perusahaan afiliasi.

8 Tanggapan to “Beda Form 1771 Tahun Pajak 2009 dengan 1771 Tahun Pajak 2010”

  1. Mirawati said

    selamat pagi pak faisal salam kenal. pak saya mau tanya, pajak penghasilan pasl 25 itu kan diangsur setiap bulan ya,,,, knp pajak terutang tahun lalu mesti diangsur ke tahun selanjutnya?

    =======Faisal========

    PPh Pasal 25 adalah pembayaran pendahuluan atas PPh Badan/Orang Pribadi kurang bayar tahun berjalan bu mira, karena tahun berjalan belum dapat diketahui pasti berapa besarnya pajak kurang bayar tahun berjalan maka digunakan pendekatan berdasarkan nilai pajak yang disetor sendiri tahun pajak lalu dengan pertimbangan jika pajak tahun berjalan lebih besar dari tahun lalau maka wajib pajak dapat menyetorkan PPh Pasal 25-nya lebih besar atau jika ternyata PPh lebih kecil dari tahun lalu maka wajib pajak dapat mengajukan permohonan pengurangan angsuran PPh Pasal 25.

    Terima Kasih.🙂

  2. Noer ik said

    Met sore.. Saya ingin menanyakan, jika seorang karyawati bekerja, penghasilannya sdh >PTKP, tetapi si pemberi kerja tidak pernah melaporkan PPh Ps.21nya sehingga karyawati tersebut juga tidak punya bukti potong 1721-A1. Karena karyawati tersebut ber NPWP, bagaimana pelaporan SPTnya, menggunakan formulir apa, karena kendalalanya adalah tidak memiliki bukti potong 1721–A1.
    Terimakasih..

    ======Faisal======

    Mohon diposting pertanyaan selanjutnya ke tulisan saya tentang PPh Pasal 21 ibu noer… Solusinya tolong diingatkan ke tempat karyawati ini bekerja agar membuat bukti potog dan melaporkan SPT-nya, karena unutuk PPh Pasal 21 tidak ada diatur cara penyetoran sendiri.

    Terima Kasih.🙂

  3. Faisal_31 said

    Selamat siang pk, saya mau tanya nech. gmna jika pembuatan SPT 1771 sudah dilakukan dan dibayar juga dilapor. lalu setelah dicek trnyata ada salah rumus di excel. ternyata malah jadi LEBIH BAYAR, apa yang harus dilakukan ??

    mohon pencerahannya.
    Terima Kasih

    Faisal_31

    =======Faisal========

    Status SPT 1771 Normalnya apakah Kurang Bayar ? Lebih Bayar yang pak faisal maksud apakah dari kelebihan setor dari PPh Kurang Bayar SPT 1771 Normalnya ? Maka jika lebih bayar karena kelebihan setor dari PPh Kurang bayar SPT Badan dapat diperhitungkan ke setoran PPh Pasal 25 tahun berjalan dengan cara pengajuan permohonan pemindahbukuan, tetapi SPT Badan 1771 pak faisal sebelumnya statusnya nihil kemudian dibetulkan menjadi lebih bayar maka lebih bayar ini dapat dikembalikan melalui prosedur pemeriksaan.

    Terima Kasih.🙂

    • Faisal_31 said

      Status SPT 1771 nya kurang bayar pk, akan tetapi setelah dikroscek ulang ternyata seharusnya lebih bayar. sedangkan SPT 1771 tsb terlanjur disetor dan dilapor. bagaimana pk??

      Mohon Penjelasan kembali pk.

      Terima Kasih
      ======Faisal======

      Jka misalnya pak faisal tertangnya 10juta kredit pajak 8 juta sehingga kurang bayar 2 juta kemudian pembetulan menjadi terutang 10juta kredit pajak 9 juta sehingga kurang bayar hanya 1 juta maka kelebihan setor 1juta bisa diajukan permohonan pemindahbukuan tetapi kalau pembetulannya ternyata terutang 10juta kredit pajak 13juta maka menjadi LB 3 juta, maka kelebihan setor 2 juta dapat diajukan pemindahbukuan sedangkan kelebihan 3 juta dikembalikan melalaui proses pemeriksaan.

      Terima Kasih.🙂

      • Faisal_31 said

        tarif PPh Badan th 2011 25% ataw 28% pk ??

        Terima kasih

        =======Faisal=======

        25% pak faisal…

        Terima Kasih.🙂

  4. ANDRE said

    SAAT SAYA MENCETAK TRANSKRIP LAP KEU ITU KOK MUNCUL TULISAN “TIDAK UNTUK DILAPORKAN”? PADAHAL SDENGAN VERSI YG LAMA TIDAK MUNCUL TULISAN TSB. APAKAH KEDEPANNYA TRANSKRIP TIDAK PERLU DICETAK LAGI?

    TERIMA KASIH

    =======Faisal=======

    Tidak apa-apa pak Andre, tetapi menurut saya walaupun eSPT lampiran transkrip laporan keuangan tetap harus dilaporkan secara hardkopi karena ada tanda tangan basahnya..

    Terima Kasih.🙂

  5. lizha said

    Pak Faisal, Tarif PPh Pasal 17 WP Badan Tahun 2012, apakah 25% / 12.5%(apabila peredaran bruto / tahun <= 4.800.000.000,- otomatis pajak terutang = 50% x 25 % x PKP ) ?
    terima kasih

    =======Faisal========

    Iya bu lizha, untuk omzetnya tidak lebih dari 4,8 Milayr setahun maka tarif PPh Badanya adalah 12,5% otomatis tanpa permohonan…

    Terima Kasih.🙂

  6. winda said

    Pagi pak faisal…
    Saya bingung dengan pembulatan saat menghitung pajak terutang dengan Tarif PPh pasal 31E.
    Yg saya bulatkan jumlah PKPnya atau hasil dari Perhitungan PKP yg mmperoleh fasilitas dan yg tdk memperoleh fasilitas pak ?
    Terima kasih.


    ========Faisal=========

    PKP-nya ibu winda dibulatkan dalam ribuan rupiah penuh…

    Terima Kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: