Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Billing System

Posted by Faisal, S.Mn. pada 25 Mei 2012


Ada salah satu cara pembayaran yang sedang dikembangkan DJP nih yakni Billing System. Lalu apa sih Billing Sistim ini ? Billing System adalah sistim pengiputan data pembayaran pajak secara online oleh Wajib Pajak yang kemudian dapat dibayarkan melalui teller di bank atau ke kantor pos atau melalui ATM hanya dengan mencatumkan kode billing saja.

Kalau begitu bagaimana caranya mendapatkan kode billing ini atau menggunakan fasilitas Billing Sistim ini ? Semua Wajib Pajak selain Bendaharawan Pemerintah dapat menggunakan fasilitas Billing Sistim ini dengan cara mendaftar diri ke http://sse.pajak.go.id  dengan syarat memiliki email, untuk pembatasan otorisasi user yang diberikan untuk satu NPWP hanya satu user saja dan saat ini hanya dapat digunakan untuk pembayaran rupiah saja, belum dapat untuk pembayaran pajak dalam rangka impor,  dan wilayah dalam tahap uji coba yakni wilayah jakarta dan bandung serta unit penerimaan pembayaran masih terbatas di Bank Mandiri (melalui Teller) dan Kantor Pos.

Setelah Wajib Pajak mendapat user maka wajib pajak cukup mengentrykan data pembayaran pajak melalui Billing Sistem tersebut kemudian setelah selesai dientry dan disimpan maka user akan mendapatkan kode billing, kode billing akan terhapus otomatis apabila dalam 48 jam wajib pajak belum melakukan pembayaran untuk itu wajib pajak dapat mengentrynya ulang dan mendapatkan kode billing yang baru.

Kedepannya akan dikembangkan Billing System dapat dilakukan melalui ATM dan bank-bank lain, serta dapat dilakukan satu kode billing untuk pembayaran beberapa jenis pajak atas wajib pajak yang sama serta dapat juga dilakukan untuk pembayaran pajak menggunakan mata uang asing.

Harapannya dengan adanya Billing System ini diharapkan menghilangkan kesalahan teller dalam menginput data pembayaran (karena teller tidak menginput ulang), pengurangan penggunaan kertas, dan mengurangi antrian (karena prosesnya dapat lebih cepat dan dapat dilakukan di ATM) dibandingkan dengan pembayaran pajak dengan menggunakan SSP Manual yang disampaikan ke Bank /Kantor Pos.

 

2 Tanggapan to “Billing System”

  1. sulis said

    Selamat Sore Pak Faisal
    Saya mencoba mendaftar di sse, dan berhasil disimpan, akan tetapi ada masalah pada saat menuliskan email ternyata saya salah ” id ” tertulis ” ld ”
    bagaimana solusinya Pak..
    Terimakasih

    ========Faisal========

    Sudah dicoba daftar ulang lagi bu sulis, salah email berarti ibu kan ga bisa aktivasi..

    Terima Kasih.🙂

  2. wiwid said

    kenapa user id n pin tdk masuk ke email kami padahal sdh hampir 2 hari daftarnya


    ========Faisal=======

    Pada saat pendaftaran di http://www.sse.pajak.go.id tidak ada masalah bu wiwid? Hanya kode aktvasi tidak terkirim ke email ibu, coba dicari di email ibu folder spam, siapa tau secara email dikateorikan spam..

    Terima Kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: