Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Pemusatan PPN & Registrasi Ulang PKP

Posted by Faisal, S.Mn. pada 21 September 2012


Pengusaha Kena Pajak yang memiliki beberapa cabang yang terdaftar dan sudah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak pada masing-masing kantor pelayanan pajak terdaftar dapat memilih kantor pusat atau salah satu cabang sebagai pusat pelaporan, kecuali pusat atau cabang tersebut berada dalam kawasan berikat, KEK.

Untuk pengusaha yang berada di kawasan bebas karena pengusaha tersebut tidak perlu menjadi PKP maka tidak dapat baik sebagai pusat pelaporan atau dilakukan pemusatan.

Melalui Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-8/PJ/2012 maka bagi pengusaha kena pajak yang sudah dilakukan pemusatan pelaporan baik melalui permohonan atau pun jabatan diterbitkan SK Pemusatan yang baru yang berlaku sampai akhir tahun ini (31 Desember 2012). Untuk selanjutnya bagi cabang-cabang yang berada di wilayah DKI Jakarta maka akan diterbitkan kembali SK Pemusatan yang baru yang berlaku sejak 1 Janurai 2013 dan seterusnya sedangkan cabang-cabang yang berada di luar wilayah DKI Jakarta bagi pengusaha kena pajak yang ingin pelaporan PPN tetap dipusatkan diminta untuk mengajukan pemberitahuan pemusatan pelaporan PPN ke KPP tempat pusat pelaporan  terdaftar paling lambat tanggal 31 Oktober 2012 dan akan diterbitkan SK baru yang berlaku seterusnya  sejak awal bulan berikutnya dari bulan pemberitahuan disampaikan Wajib Pajak.

Registrasi ulang PKP adalah proses penelitian administratif kantor dan/atau lapangan terhadap Pengusaha Kena Pajak untuk memastikan keberadaan Pengusaha Kena Pajak dan kebenaran usahanya. Mengingat jumlah Pengusaha Kena Pajak yang cukup banyak maka proses registrasi ulang diperpanjang sampai 31 Desember 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: