Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Mengenal eSPT

Posted by Faisal, S.Mn. pada 29 November 2012


Pada awal mengenalnya seiingat saya eSPT digunakan tahun 2006 waktu itu yang ada adalah eSPT PPh Masa, eSPT PPN 1107, dan  eSPT Tahunan walaupun sejarahnya sebenarnya eSPT sudah ada sejak tahun 2003 walaupun saat itu wajib menggunakan hanya untuk Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar .  eSPT PPh Masa digunakan untuk pelaporan SPT PPh Pasal 21/26, PPh Pasal 23/26, PPh Pasal 4 ayat (2), dan PPh Pasal 15 eSPT PPN 1107 untuk melaporkan SPT Masa PPN, eSPT PPN 1107 PUT untuk pelaporan SPT PPN Pemungut, sedangkan eSPT Tahunan digunakan untik pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi, Badan, dan SPT Tahunan PPh Pasal 21. eSPT PPh Masa bagi Wajib Pajak yang menggunakan memerlukan kode aktivasi sehingga untuk menggunakannya wajib pajak perlu meminta kode aktivasi dari KPP terdaftar sedangkan eSPT Tahunan akan masuk ke registry komputer yang digunakan sehingga hanya bisa digunakan untuk satu NPWP sehingga untuk mengganti NPWP digunakan aplikasi Delet Registry. Pada  aplikasi eSPT ini juga diperlukan setting database secara manual.

Kemudian eSPT dikembangkan lagi tahun 2009, eSPT PPh Masa dipecah menjadi sesuai jenis pajaknya sehingga menjadi eSPT PPh Pasal 21/26, eSPT PPh Pasal 22, eSPT PPh Pasal 23/26, eSPT PPh Pasal 15, dan eSPT PPh Pasal 4 ayat (2), dan eSPT Tahunan dikembangkan lagi menjadi eSPT Tahunan Badan, eSPT Tahunan Orang Pribadi, eSPT 1770 S dan eSPT 1770 SS pada seri ini tidak diperlukan lagi kode aktivasi dan setting manual database karena sudah secara otomatis terbentuk pada saat installasi, kecuali bagi yang ingin menggunakan eSPT untuk beberapa Wajib Pajak (NPWP) dalam satu komputer. Malah untuk eSPT PPN 1111 untuk yang menggunakan multi NPWP cukup mengkopikan beberapa database kosong dalam folder database eSPT PPN 1111.

Beberapa fasilitas eSPT Saat ini :

  1. Compact Database, adalah fasilitas untuk memperkecil file database eSPT karena file database yang digunakan adalah Ms. Access maka ketika eSPt sering digunakan file menjadi lebih besar karena selaian datanya menjadi lebih banyak juga muncul template baru yang memperbesar kapasitas file untuk fasilitas compact database ini digunakan untuk memperkecil file dengan menghilangkan duplikasi tampilan. Untuk eSPT selaian eSPT PPN 1111 fasilitas ini akan otomatis ada di eSPT ketika Bapak/Ibu menginstallnya sedangkan untuk eSPT PPN 1111 file aplikasi ini terpisah dari eSPT jadi perlu dilakukan intallasi tersendiri.
  2. Petunjuk Manual (User Manual) dalam setiap aplikasi tentu ada petunjuk manualnya begitu pun pada eSPT ada di menu help ketika bapak/ibu berhasil menginstall eSPT.
  3. File untuk impor data, eSPT juga menyediakan fasilitas untuk mengimpor data dari file excel sehingga tidak perlu dilakukan input secara manual tentu dengan format file yang ditentukan, untuk eSPT PPN 1111 file ini ada di folder program file installasi eSPT PPN 1111 ketika bapak/ibu berhasil menginstall sedangkan untuk eSPT lain contoh file ini ada di softkopi file installasinya di folder support.
  4. Database Kosong, database kosong disediakan bagi yang menggunakan eSPT untuk multi NPWP untuk eSPT PPN 1111 file ini ada di folder program file folder db kosong, folder ini muncul ketika sudah berhasil menginstall aplikasi eSPT PPN 1111 sedangkan  untuk eSPT lain database kosong ini ini ada di softkopi file installasinya di folder support.

5 Tanggapan to “Mengenal eSPT”

  1. mloonk said

    maaf sebelumnya,, saya mau nanya dmana saya bisa mendapatkan data mengenai tingkat kepatuhan penyampaian spt tahunann untuk pph op dan badan??

    ========Faisal===========

    Di tempat dimana wajib pajak tersebut terdaftar pak…

    Terima Kasih.🙂

  2. winda said

    Selamat siang pak…
    Ma’af pak, saya mau tanya utk kelebihan eSPT PPN DN versi 1.4 apa yah…?
    Selama ini saya menggunakan eSPT, saya update setiap ada versi terbaru.
    Tapi menurut saya versi 1.4 ini kok tidak lebih baik dari versi 1.3 yah pak…
    Jika pada 1.3 saya hanya kesulitan jika impor nota retur (Entah knpa selalu gagal…?? hee… ).
    Versi 1.4 pda 1111AB I.C1. tidak bisa otomatis ngeSUM alhasil ke induk I.A.2 jd nol, Saya harus buka lagi lampiran PK lalu diposting ulang dan setelah itu jika saya langsung buka induk hasilnya benar tapi jika kembali buka 1111AB diinduknya berubah jadi nol lagi. Bolak balik seperti itu terus jadi malah gak efektif…
    (sorry, just sharing pak..)

    ========Faisal=========

    Penomoran dapat dilakukan auto berurut sedangkan versi 1.3 tidak dapat dilakukan jika menggunakan nomor seri sesuai per-24. Lampiran selain itu perbaikan kata-kata dilampiran B3 dengan menghilangkan kata “dapat”..
    Sedangkan permasalahan bu winda di versi 1.4 telah disadari tim pembuat eSPT dan hal ini sudah diperbaiki pada versi 1.5.

    Terima Kasih.🙂

  3. winda said

    Jika saya sudah menggunakan nomor seri sesuai per-24 tetapi tidak menggunakan eSPT versi terbaru apa akan ada masalah dikemudian hari pak? Dan jika dari versi 1.0 langsung dipatch ke 1.5 bisa tidak yah pak?

    Terima kasih sebelumnya pak karena bpk sudah memberikan info dan solusi utk saya.

    ========Faisal========

    Bisa jadi bermasalah karena bentuk formulir SPT PPN 1111 versi 1.3 dan sebelumnya tidak sesuai dengan ketentuan saat ini. Bisa kok bu winda.

    Terima Kasih.🙂

  4. imelda said

    selamat siang pak,

    perusahaan saya bergerak di bidang penjualan spare part alat berat, untuk KLU saya masuk yang mana ya pak, alat berat saya cari tidak ada, apakah bisa dimasukkan ke dalam penjualan aksesoris motor dan mobil. terima kasih pak


    ======Faisal=========

    Sparepartnya impor atau dari lokal ibu imelda, atau apabila ada keduanya yang dominan yang mana ?

    Terima Kasih.🙂

  5. imelda said

    spare part nya import semua pak. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: