Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

SPT Masa PPN, Masa Penerbitan FP atau Masa PPN Terutang??

Posted by Faisal, S.Mn. pada 25 Juni 2014


SPT PPNAwalnya saya berpikir masa pelaporan dalam SPT Masa PPN (selain WAPU) adalah sesuai masa PPN/PPnBM terutang bukan masa penerbitan faktur pajak. Hal ini sebenarnya tidak masalah sih, sepanjang Pengusaha Kena Pajak(PKP) tepat waktu pada penerbitan faktur pajaknya yakni faktur pajak diterbitkan pada saat terutang.  Lalu apakah dimungkinkan faktur pajak diterbitkan tidak pada saat terutangnya?

Menurut Anda bagaimana? Jawabnya tentu saja mungkin, yaitu ketika PKP tidak menerbitkan faktur pajak pada saat terutangnya. Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Banyak kemungkinan hal itu terjadi, misalnya PKP lupa menerbitkan faktur pajak, PKP tidak tau bahwa atas penyerahan tersebut terutang PPN sehingga harus diterbitkan faktur pajak, PKP tidak menyadari atas transaksinya wajib dibuatkan faktur pajak, atau atas penyerahan tersebut tidak dilaporkan dalam SPT Masa PPN.

STOP.. sebelum dilanjut, sebenarnya perlu tidak sih atau penting ga sih membahas permasalahan ini? Menurut saya penting karena ada beberapa permasalahan di sana.  Pertama, UU PPN terakhir nomor 42 Tahun 2009 mengatur bahwa faktur pajak yang dilaporkan bukan pada masanya akan dikenakan sanksi denda 2% dari DPP sesuai Pasal 14 ayat (4) UU KUP.  Kedua, PKP yang menerbitkan faktur pajak tidak pada saat terutangnya akan dikenakan sanksi yang sama hal ini bisa dilihat indikasinya dari tidak equalnya PPN dengan PPh dan agar menghindarkan PKP menambah kesalahannya sehingga ketentuan faktur pajak yang saat ini berlaku (PER-24/PJ/2012 s.t.d. PER-08/PJ/2013) tidak lagi memungkinkan untuk membuat faktur pajak dengan tanggal mundur.

Ok, kita kembali ke topik di atas.. So, sebenarnya pelaporan SPT Masa PPN adalah sesuai masa penerbitan faktur pajak atau masa PPN terutang? Menurut saya adalah sesuai masa penerbitan faktur pajak, hal ini saya pahami setelah menerima masukan dan memahami kembali petunjuk pengisian spt bahwa, apa yang dilaporkan PKP dalam SPT Masa PPN sebagai Pajak Keluaran adalah sesuai dengan faktur pajak atau dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak yang diterbitkan dalam bulan/masa yang bersangkutan.   Dengan demikian apabila misalnya pelaporan SPT Masa PPN/PPnBM masa pajak April 2014 maka yang dilaporkan sebagai pajak keluarannya adalah faktur pajak atau dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak yang diterbitkan pada bulan April 2014. Namun demikian perlu diingat, hal ini tidak berlaku untuk pelaporan faktur pajak pengganti karena faktur pajak secara khusus diatur dilaporkan sesuai dengan masa pelaporan faktur pajak yang diganti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: