Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Kok Tidak Sama PPh 21 Satu Masa dengan Setahun??

Posted by Faisal, S.Mn. pada 21 Januari 2015


Satu Masa

Banyak pertanyaan muncul, apakah harus sama total PPh Pasal 21 kurang(lebih) bayar pada 1721 A1 dengan PPh Pasal 21 yang terutang pada masa Desember tahun yang bersangkutan? Maka jawabannya harusnya sama?

Oh begitu ya ? Iya dong.. Kok bisa ya ?? ya bisa dong.. hehe

Karena PPh Pasal 21 masa Desember dalah PPh Pasal 21 karyawan yang bersangkutan pada akhir tahun dengan demikian maka PPh Pasal 21 yang terhutang masa Desember sama dengan total PPh Pasal 21 yang kurang(lebih) bayar dari masing-masing pegawai yang bekerja selama tahun yang bersangkutan.

Ok kalau begitu, lalu kenapa PPh Pasal 21 perusahaan tempat saya bekerja tidak sama? Penyebabnya adalah karean pegawai di pelaporan masa Desember hanya pegawai yang masih bekerja di bulan Desember dan ketika ada pegawai yang berhenti dipertengahan tahun kita tidak mengikuti ketentuan yakni paling lambat akhir bulan berikutnya sejak karyawan berhenti perusahaan membuat 1721 A1 (maka pada umunya 1721A1 pegawai yang berhenti dipertengahan tahun adalah lebih bayar (kecuali karyawan asing) karena asumsi awalnya adalah bekerja s.d. akhir tahun ternyata tidak) sehingga nilai lebih bayarnya belum dilaporkan pada bulan yang bersangkutan dan tentunya di pelaporan masa desember (1721-I satu masa pajak) pegawai ini tidak masuk sehingga perhitungan menjadi tidak sama. Oh i see.. kalau begitu saya understand..

Sebentar ada satu pertanyaan lagi nih… Gaji saya bulan ini sama dengan bulan-bulan lainnya, ga ada bonus tetapi kenapa pajak(PPh Pasal 21-pen) saya dipotong lebih besar bulan ini? Nah kalau itu bisa jadi pada salah satu bulan di bulan-bulan sebelumnya Bapak ada menerima bonus dari perusahaan, sementara perusahaan belum melakukan penghitungan secara benar (tidak disetahunkan atas penghasilan rutin, baca ketentuan PER-31/PJ/2012 tentang perhitungan bonus) sehingga pada saat itu masih dikenakan lapisan tarif yang sama, nah di bulan desember setelah dijumlah penghasilan bapak selama setahun maka jumlahnya masuk ke pengenaan tarif yang lebih tinggi, dengan demikian seharusnya PPh Pasal 21 tersebut dikenakan pada saat Bapak menerima bonus… Oala begitu toh, pantes take home pay saya bulan ini lebih kecil…😦

Nah untuk menghitung ulang pajaknya silahkan gunakan file simulasi ini pak… (klik di sini)

 

Satu Tanggapan to “Kok Tidak Sama PPh 21 Satu Masa dengan Setahun??”

  1. M. Faisal said

    mas faisal, berarti jika ada kryawn kluar bln feb. kita harus lgsg membuat 1721 A1 nya paling lambat bln berikutnya, agar pada akhir tahun nanti 1721 A1 des dan 1721 A1 bisa sama ???

    thanks
    faisal

    =========Faisal==========

    Iya seperti itu mas Faisal..

    Terima Kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: