Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Teknis Penggunaan e-Faktur

Posted by Faisal, S.Mn. pada 15 Maret 2015


e-faktur

Penerapan e-faktur untuk Jawa dan Bali  semakin mendekati, berikut slide bahan pelatihan e-faktur (Klik di sini -kalau berat (lama tampil di layar monitor silahkan didownload terlebih dahulu) semoga mendapatkan gambaran tentang cara installasi dan penggunaannya.

Berikut juga terlampir contoh format file impor(ms. excel-klik di sini) ke aplikasi e-faktur, silahkan semoga bermanfaat…

Oh ya bagi bagi Pengusaha Kena Pajak di Jawa dan Bali yang ingin  menggunakan sebelum 1 Juli 2015 boleh loh mengajukan untuk segera dapat menggunakan aplikasi e-faktur sebelum 1 Juli 2015, keterangan lebih lanjut hubungi Account Representative masing-masing…

19 Tanggapan to “Teknis Penggunaan e-Faktur”

  1. Agus Riyanto said

    selamat sore pak, saya mohon bantuannya untuk dikirimkan formulir spt tahunan pph badan th 2014 format pdf aotomatis…ths sebelumnya atas bantuannya

    ========Faisal==========

    Maaf pak agus, saya tidak punya…

    Terima Kasih. 🙂

  2. dani said

    selamat siang pak…mau tanya kalo usaha badan (cv) omset ny <4.8m dan sudah bayar pph final nya ..di spt tahunan lampirkan neraca+rugi laba tidak? atau cukup rekap omset+pph distor saja ? dan kalo aktiva tanah+bangunan dari warisan boleh langsung di tambahkan ke neraca / tidak?
    terima kasih
    Dani

    ========Faisal=========

    Mohon maaf pak dani, mohon diposting ulang pertanyaan bapak tidak relevan dengantulisan saya di atasnya…

    Terima Kasih. 🙂

  3. Pak.., Cara Download Slide bahan pelatihan e-Faktur nya gimana ya..? soalnya saya klik hanya dpt membuka, dan itupun lama bangat..

    =======Faisal=======

    Klik kanan bu, pilih “save as” atau “Simpan tautan dengan Nama”
    Namun demikian sudah saya email ke ibu…

    Terima Kasih. 🙂

  4. Winda said

    Selamat sore pak faisal,
    Saya mau menanyakan, kalau input data Referensi Lawan transaksi harus lengkap semua pak ? RT, RW, Kode Pos dll…
    saya coba aplikasi dummy yang saya dapat dari KPP setempat dan saya coba input Faktur keluaran tapi gak berhasil.

    Mohon Bantuannya.

    Terima kasih.


    =======Faisal=======

    RT/RW atau kode pos apabila bu winda tidak tahu, bisa menuliskan dengan tanda hubung “-” (strip)
    Tidak berhasil bagaimana bu, mohon lebih detail…

    Terima Kasih. 🙂

    • Winda said

      Terima kasih pak untuk masukannya, RT/RW & kode pos saya input 000 & 00000 dan yg lain saya strip.
      Saya sudah berhasil input Administrasi faktur PM & PK pak… Tapi setelah SPT berhasil dibuat, saya kesulitan Buat file CSV & PDF. Sudah saya klik tapi file tidak berhasil ke Save. Bagaimana yahh pak ?

      =========Faisal=========
      Untuk OS Windows XP seperti tidak masalah karena rata-rata aplikasi java run timenya masih dibawah 1.7 jadi begitu diupdate java langsung bisa dijalankan sampai proses buat csv dan cetak. Coba diupdate java run timenya bu Winda..

      Terima Kasih. 🙂

      • Winda said

        Iya pak, nanti saya coba cek dan update run timenya.
        Ma’af pak saya mau nanya lagi…
        Bulan juli ini ternyata masih banyak WP yang belum menggunakan e-Faktur dan alhasil saya masih menerima beberapa Faktur Pajak (PM) juli yg blm menggunakan e-Faktur. Bagaimana atas Faktur Pajak tersebut pak..? Bolehkah jika dikreditkan ?
        Apa tidak ada sanksi terkait WP yg masih menerbitkan Faktur biasa pdahal perusahaan/WP tersebut seharusnya sudah wajib menggunakan e-Faktur..


        =======Faisal========

        Oh iya bu silahkan dicoba.. e-faktur Per-1 Juli 2015 wajib untuk PKP yang berada di Jawa dan Bali bu, kalau ibu ada pajak masukan tetapi tidak dari aplikasi e-faktur maka faktur pajak tersebut ketika ibu winda approval di faktur pajak masukan akan direject secara sistem DJP dengan demikian otomatis ibu winda tidak dapat mengkreditkan faktur pajak masukan tersebut. Kan di PER-16/PJ/2014 jika faktur pajak dibuat tidak mendapat approval DJP maka tidak dianggap sebagai faktur pajak.

        Terima Kasih. 🙂

      • Winda said

        Ooo..begitu yaa pak.
        Ok pak, terima kasih atas penjelasannya. Saya sangat terbantu 🙂


        =======Faisal========

        Alhamdulillah… 🙂 Sama-sama bu winda..

        Terima Kasih. 🙂

  5. albert said

    Terima kasih Pak Faisal atas dukungan dan program Aplikasinya.


    =========Faisal=========

    Sama-sama pak albert… Senang mendengarnya..

    Terima Kasih. 🙂

  6. yuliana said

    slamat siang pak,saya sdh dowlowd dan sudah berhasil namun sewaktu registrasi dr kemarin kok nga bisa bisa error etax kenapa ya pak

    ========Faisal==========

    Ga bisanya bagaimana bu yulia…

    Terima Kasih. 🙂

  7. yuliana said

    saya sudah downlowd e-faktur pak ,tp gagal terus kenapa ya pak


    ========Faisal==========

    Kemungkinan sedang banyak yang download bu..

    Terima Kasih. 🙂

  8. Bagaimana cara pembuatan e-faktur jika pembeli tidak ber-NPWP?
    Diinformasikan : Dalam hal pembeli tidak ber-NPWP, maka pengisian NPWP Pembeli dalam aplikasi e-faktur diisi dengan angka 00.000.000.0-000.000.

    Pada prakteknya kita tidak bisa meng-input nomor NPWP yang sama pada database ( dalam hal ini nomor 00.000.000.0-000.000.)

    ========Faisal===========

    Silahkan diinput manual pak Daniel tanpa memilih referensi lawan transaksi pak atau dengan cara impor data faktur pajak keluaran..

    Terima Kasih. 🙂

  9. Yusuf said

    Selamat sore pak faisal

    Mau bertanya mengenai input refensi barang/jasa kok tidak bisa di efaktur online ya, padahal waktu tanggal 1 kemarin saya impor berhasil, tapi ketika saya mau simpan barang baru tidak bisa mohon bantuannya… terima kasih

    ========Faisal===========

    Menambah refensi barang/jasa pak yusuf? data yang lama sudah tampil ? Tidak bisanya tidak bisa klik tambah atau tidak bisa disimpan pak?

    Terima Kasih. 🙂

    • Yusuf said

      Ya pak, data yang lama sudah tampil, tidak bisanya tidak bisa disimpan pak… ada pesan error etax 10003 ini karena apa ya pak??

      ========Faisal========

      Inputnya lewat komputer client ya pak kalau iya kemungkinan koneksi ke komputer server terputus…

      Terima Kasih. 🙂

  10. zian said

    selamat pagi pak faisal…n, selamat menjelang hari raya idul fitri pak…, saya mau tanya.., cara melapaor espt PPN nya seperti apa nanti ya pak melalui efaktur ini.., terima kasih pak sebelumnya…


    ========Faisal========

    Tatacara pelaporan SPT Masa PPN tidak berubah pak zian, masih seperti ketentuan sebelumnya… Sehingga bapak cetak SPT Induk, lampirkan SSP apabila kurang bayar dan juga softkopi csv-nya sampaikan ke KPP

    Terima Kasih. 🙂

  11. Pa Faisal, selamat siang, mau tanya cara ekspor lawan transaksi nama customer beserta npwp n alamat dari E-SPT ke efaktur, soalnya di efaktur kl rt/rw tidak diisi tidak bisa disimpan, sedangkan di sppkp tidak ada RT/RW dan blok. Terima kasih sebelumnya.


    ======== Fasal ========

    Ekspor datanya dari espt lalu sesuiakan format excelnya lalu impor ke e-faktur… Untuk input data yang tdak ada RT/RW atau Bloknya bisa diinput bu Sri asal sesuai misalnya untuk RT/RW ada 3 digit maka ketikan 0(nul) tiga digit atau blok ketikan – (strip).

    Terima Kasih. 🙂

  12. Lucyda said

    Pak, utk e-faktur apabila kita salah password ato lupa apa ada pemblokiran? Misalnya salah 3x ato berapa maximal?

    =======Faisal=======

    Setahu saya tidak ada ibu Lucy..

    Terima Kasih. 🙂

  13. Riyan Gunawan said

    Salam Pak Faisal. Mau tanya pak
    bagaimana ubah profil perusahaan ? Karena saya ada salah tulis alamat perusahaan. Padahal saya sdh ubah di pilihan profil pkp tapi gagal. Mohon beri petunjuk pak. Terima kasih pak.


    =======Faisal=======

    Alamat pembeli pak Riyan atau alamat pak riyan, kalau alamat pak riyan tidak dapat diubah melalaui e-faktur tetapi dengan cara pengajuan perubahan alamat PER-20/PJ/2013 tetapi yang bapak maksud alamat pembeli pada faktur pajak keluaran atau alamat penjual pada faktur pajak masukan maka update referensi lawan transaksi apabila sudah terlanjur diupload maka buat faktur pajak pengganti entery data tersebut sampai selesai kemudian edit data tersebut lalau sesuaikan dengan alamat yang sebenarnya.

    Terima Kasih. 🙂

  14. tiar said

    Slamat sore pak,

    saya mau nanya, pada saat saya input faktur di e-faktur secara tidah sengaja fakturnya kena hapus pak, dan saya coba rekam faktur lagi, untuk nomor yang kena hapus sdh ga keluar lagi sudah lanjut ke nomor berikut nya, itu bagaimana ya pak ?

    thanks
    tiar


    ============Faisal==========

    Coba diinput manual nomornya bu tiar…

    Terima Kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

 
