Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Update eSPT PPh 23/26 dan Ketentuan DER

Posted by Faisal, S.Mn. pada 17 September 2015


Sehubungan dengan terbitnya ketentuan tentang jasa lain obyek PPh Pasal 23 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri keuangan nomor 141/PMK.03/2015 berikut update eSPT PPh Pasal 23 sesuai ketentuan tersebut.

Patch update eSPT PPh Pasal 23/26 (08-09-2015)

Berikut disampaikan  ketentuan tentang rasio utang terhadap Modal (DER) yang diatur di PMK-169/PMK.010/2015

6 Tanggapan to “Update eSPT PPh 23/26 dan Ketentuan DER”

  1. Via Molyta said

    sore pak faisal..

    saya ingin menanyakan tentang SE no 26 thun 2015..apakah itu berlaku surut?? Karena  tdk ada sosialisasi terlebih dahulu sbelum peraturan itu ditetapkan .

    terimakasih..

    salam

    Via

    Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

    ============Faisal==========

    Mohon untuk diposting ke tulisan saya yang sesuai ibu….
    Pertanyaan ibu senada dengan pertanyaan sebelumnya silahkan dibaca bu via…

    https://faisalsmn.wordpress.com/2015/04/29/faktur-pajak-sebelum-tanggal-jatah-nomor-seri-faktur-pajak/

    http://diskon.smfforfree.com/index.php/topic,267.0.html

    Terima Kasih.🙂

  2. Nanang ardiansyah said

    Mohon maaf pa paisal ini diluar pertanyaan diatas mengenai aplikasi fatur pajak atomatis setelah saya isi untuk pemberian no seri faktur dari pajak terjadi NA mohon updatenya yg terbaru pa tks


    ============Faisal==========

    Mohon maaf juga pak nanang saya belum sempat update… Mohon untuk selanjutnya dipostingan yang sesuai…

    Terima Kasih.🙂

  3. Wilem said

    Selamat siang pak Faisal,
    Apakah rumah sakit yang kerjasama dengan asuransi melakukan medical check up juga dipotong pph psl 23 oleh pihak asuransi. Trims pak.

    ======Faisal=====

    Sepertinya tidak pak willem, kalau dimasukan jasa lain obyePPh Pasal 23 dikategori apa ya?

    Terima Kasih.🙂

  4. rohim said

    Selamat pagi pak Faisal,
    Apakah atas biaya angkut pembelian barang dipotong pph 23? sebagaimana diatur dalam peraturan 141/PMK.03/2015
    ilustrasinya :
    PT. A Penjual Barang
    PT. B Pembeli Barang
    CV. C Perusahaan jasa angkutan
    Jika kami PT. B beli barang ke PT. A misal harga 1000, PPN 100, Ong.kirim 25 total kami bayar ke PT. A 1.125.
    Pertanyaanya:
    1. Jika kami bayar ke PT. A sebesar 1.125. Barang dikirim PT. A melalui CV. C siapakah yang wajib potong PPh 23?
    2. Jika kami bayar ke PT. A 1.100 ong.ong kirim 25 dibayar ke CV. C siapakah yang potong PPh 23?

    Terimakasih atas jawabanya.

    =========Faisal========

    Iya pak rohim jasa freight and forwarding adalah obyek PPh Pasal 23… Untuk kasus pertama obyek PPh Pasal 23 atas PPhnya dipotong oleh PT A atas pembayaran ke CV C, PT A ke PT B tidak ada obyek PPh 23-nya karena menurut saya bagian dari tanggung jawab PT A (penjual) mengantar barang sampe ke PT B (pembeli) sedangkan pada kasus kedua yang memotong PPh Pasal 23 adalah PT B atas pembayaran jasa angkut yang dibayarkan ke CV C pak rohim..

    Terima Kasih.🙂

    • rohim said

      Terima kasih penjelasanya membantu sekali, Saya boleh nyambung pertanyaan di atas pak.
      Jika perusahaan kami PT. B Omset di bawah 4,8M termasuk PP.46 masih wajibkah kami memotong PPh 23 atas jasa Freight and forwading tersebut. kan seluruh penghasilan dan beban perusahaan sudah diangap final. maaf jika saya salah mengartikan final tersebut. satu lagi pak kok setelah saya jalankan patch update pph 23 141/PMK.03/2015 yang saya ambil dari link diatas tapi tidak berubah ke E-spt pph 23 saya masih versi lama 1,0 th 2009. apakah ada cara saya yang salah dalam menjalankan update tersebut.
      terima kasih atas jawabanya.

      =========Faisal========
      Ketentuan PP 46 tahun 2013 keitannya dengan pemotongan dan pemungutan PPh dengan pihak yang dipotong/dipungut pak rohim bukan pihak yang kedudukan sebagai pemotong/pemungut. Jadi dalam kasus ini yang dilihat adalah CV C, apakah yang bersangkutan dikenakan PP 46 atau tidak, jika iya lalau dilihat dulu apakah CV. C dapat memberikan fotokopi SKB PPh dari KPP terdaftar yang telah dilegalisir maka jika iya, pihak CV C tidak perlu dilakukan pemotongan PPh Pasal 23 baik oleh PT A dalam kasus pertama atau oleh PT B dalam kasus kedua.
      Update eSPT PPh Pasal 23/26 dengan PMK-141 tidak mengubah versi eSPT-nya pak rohim hanya saja menambah list yang menjadi obyek PPh Pasal 23/26 menurut PMK-141, coba perhatikan apakah listnya sudah bertambah atau belum. Jika belum kemungkinan cara updatenya yang keliru pastikan hanya ada satu database eSPT PPh 23/26 kemudian cek koneksinya baru jalankan updatenya. Untuk OS Windows 7 ke atas jalankan update file tersebut di Virtual Storenya.

      Terima Kasih.🙂

  5. rizha said

    Selamat Siang Pak Faisal,

    Saya sangat terbantu dengan blog yang bapak buat, namun saya ada pertanyaan mohon sekiranya bapak dapat membantu menjawab pertanyaan saya.
    Kebetulan di perusahaan saya saat ini untuk Gaji kami dibayar di muka, yang artinya kami dibayar dahulu baru bekerja.
    Sebagai contoh gaji untuk bulan November dibayarkan di bulan October, namun untuk overtime bulan October dibayarkan di bulan November.
    Sebagai tambahan informasi tempat saya tidak ada pemotongan gaji apabila karyawan tidak masuk karena sakit atau hal lain, dan pemotongan pada gaji hanya untuk Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan serta BPJS Kesehatan dan PPH 21 di tanggung perusahaan
    Yang saya mau tanyakan bagaimana dengan perhitungan PPH 21 nya, sejauh ini saya menghitung PPH 21 berdasarkan upah yang diterima tidak melihat untuk bulan apa gaji itu di bayarkan.
    Namun saya bingung pada saaat pencatatan,apakah PPH 21 tetap PPH 21 Masa Oktober?
    Berikut gambaran pencatatan yang saya lakukan ;
    Jurnal Pencatatan salary pada bulan Oct ;

    Dr Cr
    Prepaid Salary 900
    Income Tax Allowance 100
    Bank 900
    Accrued W/H Tax 21 100

    mohon pencerahannya pak.

    terima kasih

    =========Faisal========

    Maaf, mohon diposting ke tulisan saya yang relevan dengan pertanyaan Pak Rizha

    Terima Kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

 
