Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

Keuntungan Penjualan Aktiva Komersial atau Fiskal ??

Posted by Faisal, S.Mn. pada 28 Oktober 2015


21Ketika aktiva dijual secara fiskal atau komersial tidak ada lagi nilai buku ini tidak menjadi masalah, lalu bagaimana ketika aktiva dijual sebelum masa manfaatnya habis baik secara fiskal atau secara komersial? Lalu nilai buku manakah yang dipakai untuk mendapatkan keuntungan/kerugian penjualan aktiva dalam menghitung pajak penghasilannya?

Ada yang berpendapat nilai buku secara fiskal dong, kan untuk menghitung pajak penghasilannya… Ada yang berpendapat secara komersial dong, kan laporan keuangan yang di lampirkan dalam SPT Tahunan PPh adalah laporan keuangan komersial.. Iya bener juga ya..mana yang bener nih? o..o.. oh ya kedua benar  hanya saja melihat dari sudut pandang yang berbeda, satu melihat dari sudut pandang perhitungan PPh dan satu lagi dilihat dari sisi penyajiannya di laporan keuangan. Kalau begitu saya berikan 100 buat kedua-nya…

Tapi kok bisa bener keduanya sih?? Oke.. kalau begitu kita gabungkan pendapat keduanya, memang dalam perhitungan pajak penghasilan berkaitan dengan keuntungan/kerugian penjualan aktiva maka nilai buku yang dipakai adalah nilai fiskal tetapi nilai yang disajikan di laporan keuangan adalah keuntungan/kerugian penjualan aktiva secara komersial. Kalau begitu tidak ketemu dong, masing-masing jalan sendiri?? Tentu tidak !! kan anak saya.. eh salah..

Begini teman, setiap menyatukan sesuatu seperti dua insan yang berbeda dipersatukan melalui sebuah ikatan yang disebut pernikahan, begitu pun perbedaan ini.. Oala tole..tole.. udah deh to the pint aja deh.. Oke..oke.. i’m deal tetapi kita kan budaya timur yang tidak biasa to the point jadi ya basa- basi dulu..

Ok back to ……, dalam kasus ini maka perbedaan tersebut akan dipersatukan dengan yang disebut dengan koreksi fiskal.. eit, kok bisa bukan kah selama ini sudah dilakukan koreksi fiskal dalam setiap tahun pembebanannya kok pas dijual dikoreksi fiskal lagi?? yang betoel dong teman… Begini, kalau keuntungan/kerugian yang disajikan dalam laporan keuangan adalah secara fiskal maka pendapat panjenengan bener… tapi kan laporan keuangan adalah laporan keuangan komersial maka yang disajikan juga secara komersial…  Upss.. bener juga ya… Nah untuk itulah karena yang disajikan adalah laporan keuangan secara komersial maka untuk menghitung pajak penghasilan atas keuntungan/kerugian penjualan aktiva perlu dilakukan koreksi fiskal positif/negatif.. Ok..ok.. ane ngerti sekarang, sorry ye ane cao dulu soale lagi ngaronin nasi neh… ups.. lupa.. muliate da lae..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: