Faisal Tax's Blog

Pajak Demi Pembangunan

PTKP 2016

Posted by Faisal, S.Mn. pada 30 Juni 2016


Telah diterbitkan PTKP yang berlaku mulai 2016, yakni:

  1. PMK-101/PMK.010/2016
  2. PMK-102/PMK.010/2016

Berikut contoh kertas kerja PPh Pasal 21 untuk karyawan swasta dan pensiunan yang menerima penghasilan rutin setiap bulan. (klik disini, klik tombol unduh atau klik ini)

Tambahan 02-09-2016

Untuk penyesuaian PTKP pada aplikasiΒ  eSPT PPh Pasal 21 untuk kondisi saat ini tidak dapat dilakukan penyesuaian PTKP yang berlaku tahun 2016 dalam satu database, karena ketika mengupdate PTKP 2015 berlaku hanya di tahun 2015 tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu solusinya adalah menggunakan database baru pada masa yang belum disampaikan SPT PPh Pasal 21-nya dan digunakan masa pajak seterusnya sedangkan masa pajak yang terakhir dilaporkan dan sebelumnya tetap menggunakan database yang lama begitu pun ketika melakukan pembetulan SPT, lalu bagiamana caranya?

Langkah pertama rename database kosong yang diperoleh dari folder db kosong seperti gambar dibawah ini:

Rename db

lalu kopi databe kosong yang telah direname (rename seuai keinginan Anda untuk membedakan dengan databe yang lama) seperti gambar dibawah:

Rename db

kemudian pastekan ke folder db, seperti gambar dibawah ini:

db baru

maka ketika membuka eSPT ada dua pilihan database

eSPT 21

Semoga menjadi jelas dan bermanfaat bagi Anda, salam tax amnesti!

36 Tanggapan to “PTKP 2016”

  1. tunata_jeep said

    Selamat siang,

    Saya mau tanya, kenapa kertas kerja 2016nya tidak bisa di dwonload ya, Mohon infonya

    Teeimakasih

    Dikirim dari perangkat Samsung saya

    =========Faisal===========

    Tidak bisa diunduh bagaimana pak? Sudah klik unduhnya ? Menyaratkan log in dulu sih…
    Tetapi sudah saya email kok…

    Terima Kasih.πŸ™‚

  2. Albert said

    Dear Pak Faisal

    Terima kasih sebelumnya Pak Faisal atas informasinya, Cuma saya tidak bisa download kertas kerja yang dari Bapak, sudah saya coba berkali kali tetap tidak bisa. Apabila Bapak berkenan dapat mengirimkan via email saya kertas kerjanya. Terima kasih.

    Best Regards,

    Albert


    =========Faisal===========

    Sudah pak Albert..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  3. tabuti said

    terimakasih pak


    =========Faisal===========

    Sama-sama bu charissa..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  4. sartika@indosight.com said

    halo, pak faisal.

    password kertas kerja nya apa ya pak? supaya saya mudah gunain nya.

    Thanks


    ======Faisal=========

    Bisa digunakan tanpa membuka protek kok bu tika…

    Terima kasih.πŸ™‚

  5. Budiono said

    Dear P. Faisal,

    Terima kasih untuk sharing lembar kerja PPH 21.
    Saya mencoba download file PTKP 2016 tetapi dinyatakan file link is not valid.
    Apabila bapak berkenan mohon dapat mengirimkan via email.

    Terima kasih.

    Regards,
    Budi


    ======Faisal=========

    Sudah saya email pak budi

    Terima kasih.πŸ™‚

  6. Aboutwoman said

    Terima kasih pak infonya


    ======Faisal=========

    Sama-sama bu..

    Terima kasih.πŸ™‚

  7. Siang Pak Faisal… sebelum nya.. Terima kasih Infonya… Pak.., kalo merubah PTKP di eSPT nya, bagaimana caranya ya pak… saya coba gak bisa pak..mohon panduannya pak.. terima kasih

    ======Faisal=========

    Panduan yang lama ada di
    https://faisalsmn.wordpress.com/2012/11/09/penyesuaian-ptkp-pada-aplikasi-espt-pph-pasal-21/
    tidak jauh berbeda kok bu ambar tetapi mohon maaf karena setting PTKP di espt yang baru hanya tahun seperti tidak bisa dibuat antara awal dengan akhir tahun yang sama, kemungkinan akan ada update espt terbaru bu…

    Terima kasih.πŸ™‚

  8. Selamat Pagi Pak Faisal

    Pak Faisal untuk Kertas Kerja kok tdk bisa di download yaa ? dan untuk kertas kerja yang tahun lalu mengapa tdk dierikan password yang diprotek sheet nya pak ??
    apabila pak faisal berkenan tolong krimkan ke email saya pak kertas kerja tahun 2016 nya
    terimkasih banyak info yang telah membantu saya


    ======Faisal=========

    Sudah diemail bu atien..

    Terima kasih.πŸ™‚

  9. Sel…Pagi Bang Faisal
    Untuk kertas kerja perubahan PTKP terbaru tahun 2016 apa dikirim ke alamat email saya (nngrmipjk@yahoo.co.id)
    Trims…


    ======Faisal=========

    Sudah diemail pak nanang..

    Terima kasih.πŸ™‚

  10. Ricky said

    Dear Pak Faisal,

    Boleh minta tolong untuk dikirimkan contoh kertas kerja untuk pph 21 ke email saya pak?
    Terima Kasih atas bantuannya.

    Regards
    Ricky


    ======Faisal=========

    Sudah saya email pak ricky…

    Terima kasih.πŸ™‚

  11. Andika said

    Pak Faisal mohon maaf tapi sheetnya semua di protect. Apakah bisa dibagi passwordnya? (Saya mau ganti nama pun ndak bisa). Saya coba cari passwordnya di situs bapak tp tidak ketemu,


    ======Faisal=========

    Bisa digunakan tanpa membuka protek kok pak ricky…

    Terima kasih.πŸ™‚

  12. Putri said

    Siang Pak Faisal,

    Saya boleh minta kertas kerja PPH Pasal 21 untuk PTKP terbaru 2016?
    Boleh di Emailkan pak?

    Terima kasih.

    ======Faisal=========

    Sudah saya email bu putri…

    Terima kasih.πŸ™‚

  13. frangky said

    Siang pak faisal,

    apakah PerDirjen Pengganti PER-32/PJ/2015 sudah terbit/belum pak? ths


    ======Faisal=========

    Belum pak frangky…

    Terima kasih.πŸ™‚

  14. Wahyulianto said

    hallo pa Faisal,

    boleh minta kertas kerja PPH Pasal 21 untuk PTKP terbaru 2016? bisa di email, karena saya coba download tidak bisa,

    terima kasih,

    Wahyulianto
    (wahyulianto@akuntanindonesia.or.id)


    ======Faisal=========

    Sudah saya email Pak Wahyu…

    Terima kasih.πŸ™‚

  15. Sekar wati said

    Selamat pagi Pak Faisal,

    Untuk kertas kerja perubahan PTKP terbaru tahun 2016 apa bisa dikirim ke alamat email saya ?

    Terimakasih


    ======Faisal=========

    Sudah saya email Bu Sekar…

    Terima kasih.πŸ™‚

  16. gimana cara ganti ptkp tahun 2016 di espt ya, tks sebelumnya


    ======Faisal=========

    Sepertinya belum bisa pak, karena begitu diubah PTKP 2015 berlaku hanya satu tahun data tidak bisa disimpan..
    Mudah-mudahan ada update eSPT-nya pak.

    Terima kasih.πŸ™‚

  17. Nesa Muriyanti said

    Assalamualaikum Pak Faisal,

    Saya sudah coba download kertas kerjany pak..tapi tidak bisa terbuka..bisa tolong di email ke alamat email saya..terima kasih……


    ======Faisal=========

    Wa’alaikumsalam warahmatullohi…
    Sudah saya email Bu Nesa…

    Terima kasih.πŸ™‚

  18. Siang Pak Faisal… Kalau Juklak nya belum keluar.. apa sudah bisa melakukan Pembetulan dari Jan – Juni 2016 ya pak..? karena mau di kompensasi masa u/ masa Juli nya..
    terimakasih…


    ======Faisal=========

    Belum bu Ambar, tolong ditunggu saja dulu…

    Terima kasih.πŸ™‚

    • selamat siang pak Faisal
      sebelumnya terima kasih atas bantuan yang sangat membantu sekali aplikasinya, akan tetapi ada yang mau saya tanyakan rumus pada Jumlah kotor ditambah dengan THR/Bunus ada selesih satu dan berpengaruh juga apabila jumlah karyawannya lebih seratusan pak bagaimana untuk sulosinya tks.


      ======Faisal=========

      Karena pembualatan pak nanang, solusi diperhitungkan diakhir tahun atau diakhir masa kerja pegawai yang bersangkutan pak..

      Terima kasih.πŸ™‚

  19. Andre said

    Yth pak Faisal.
    Saya sudah coba dowload kertas kerja perubahan PTKP terbaru tahun 2016, tetapi tidak berhasil..
    Mohon kiranya bapak berkenan mengirim ke email saya pak di :
    andre_shn@yahoo.com

    Terimakasih
    Andre


    ======Faisal=========

    Ok, sudah saya email pak Andre…

    Terima kasih.πŸ™‚

  20. Jefry Pieter said

    Selamat sore Pak Faisal,
    Saya coba download kerta kerjanya, tapi tidak bisa, mohon bantuan bapak untuk di email ke saya.
    Terimakasih sebelumnya Pak


    ======Faisal=========

    Ok, sudah saya email pak Jefry…

    Terima kasih.πŸ™‚

  21. frangky said

    Malam Pak Faisal,

    Berkaitan dengan perubahan PTKP 2016 bagaimana cara setting di referensi tarif di aplikasi eSPT PPh21 2014 ?

    Saya sudah mencoba untuk merubah PTKP 2015 namun tidak bisa di save (simpan) karena awal mulai berlaku (thn 2015) tidak bisa sama dengan masa berakhir (thn 2015). sehingga saya tidak bisa menginput baru PTKP 2016-nya.

    Terima Kasih


    ======Faisal=========

    Nah itu yang jadi masalah pak frangky..hehe. Mudah-mudahan ada updatenya tetapi toh penerapnnya baru saat pembuatan 1721 A1/A2 di masa Desember nanti kecuali ada yang berhenti dipertengahan tahun ini…

    Terima kasih.πŸ™‚

  22. Rudy said

    Selamat siang Pak Faisal,

    Untuk kertas kerja perubahan PTKP terbaru tahun 2016 apa bisa dikirim ke alamat email saya ?

    Terimakasih


    ======Faisal=========

    Sudah diemail pak Rudy…

    Terima kasih.πŸ™‚

  23. Firna said

    Slmt siang Pak,,,

    Mohon bantunya untuk mengirimkan kerta kerja PPh Pasal 21 atas penyesuaian PTKP 2016 ?

    Terima kasih


    ======Faisal=========

    Sudah diemail bu Firna… Tombol yang diklik jangan tombol “Download” tetapi “Unduh”

    Terima kasih.πŸ™‚

  24. Reni said

    Pagi Pak Faisal,

    Saya coba download kertas kerja PPh 21 tetapi tidak bisa Pak, apakah bisa diemailkan ke email saya Pak?

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak Pak Faisal.


    =======Faisal=======

    Klik tombol unduhnya bu reni bukan download…
    Btw, sudah saya email..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  25. siang pak faisal,

    bisa minta di email password protek kertas kerja pph 21

    email sy : kingdomchao@gmail.com

    makasih sebelumnya…

    ========Faisal=========

    Maaf pak tidak bisa, ada yang bisa dibantu?

    Terima Kasih.πŸ™‚

  26. susanto said

    Siang pak faisal,

    minta di emal kertas kerja 1721 penyesuaian PTKP tahun 2016.

    ke email : susanto_bangka@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya

    ========Faisal=========

    Sudah diemail pak susanto..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  27. Adhe said

    siang pak,
    saya kesulitan untuk mendownload kertas kerjanya…. bila bapak berkenan mohon diemailkan ke : kyadza@gmail.com

    terima kasih pak

    ========Faisal=========

    Sudah diemail bu Adhe..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  28. ria said

    Pagi Pak..
    Saya sudah coba download kerta kerja 2016 nya tapi tidak bisa pak..
    Mohon dibantu untuk mengirimkan ke email saya bisa pak?

    terima kasih

    ========Faisal=========

    Sudah diemail bu Ria..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  29. putri silvia hidayati said

    siang pak_ minta bantuannya ,ini kertas kerjanya 2016 tidak bisa dibuak_mohon dibantu diemailkan ke email saya

    putriahp_pst@yahoo.com

    terima kasih

    ========Faisal==========

    Sudah saya email bu Putri..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  30. dian3105 said

    Selamat siang Pak Faisal…

    Mohon bantuannya untuk diemailkan kertas kerja 1721 PTKP 2016 nya pak.. download kertas kerjanya tdk bs terbuka,
    Terima kasih banyak sebelumnya pak…

    Regards
    Dian


    ========Faisal==========

    Sudah saya email bu Dian..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  31. Melly said

    Siang Pak, bisa minta bantuan untuk dikirimkan kertas kerja 2016 untuk perhitungan PPh21 karyawan ke clementiamaria@yahoo.co.id


    ========Faisal==========

    Sudah saya email bu Melly..

    Terima Kasih.πŸ™‚

  32. Ade said

    Pak Faisal.. saya juga mohon dikirim via email kertas kerja yang terbaru ya..

    Terimakasih,

    Salam
    Ade


    ========Faisal==========

    Sudah saya email bu Ade..
    eSPT versi 2.4 juga sudah dibuat namun belum dilaunching… Selain perbaikan input PTKP juga memperbaiki perhitungan pegawai tidak tetap berkaitan dengan terbitnya PER-16/PJ/2016 berkaitan dengan penyesuaian dan batasan PTKP pegawai tidak tetap.

    Terima Kasih.πŸ™‚

  33. winazir said

    Dear Pak Faisal, mohon juga dikirimkan kertas kerja perhitungan pph 21 dengan PTKP terbaru ya.
    terimakasih

    Salam,
    Winazir


    ========Faisal==========

    Sudah saya email pak winazir..
    eSPT versi 2.4 juga sudah dibuat namun belum dilaunching… Selain perbaikan input PTKP juga memperbaiki perhitungan pegawai tidak tetap berkaitan dengan terbitnya PER-16/PJ/2016 berkaitan dengan penyesuaian dan batasan PTKP pegawai tidak tetap.

    Terima Kasih.πŸ™‚

  34. peni said

    Sama dengan laiinnya pak, mohon saya dikirimkan juga kertas kerja pph 21 th 2016.

    Terima kasih


    ========Faisal==========

    Sudah saya email bu peni…

    Terima Kasih.πŸ™‚

  35. Suriati said

    Selamat siang, Pak Faisal. Mohon bantuannya untuk mengirimkan kertas kerja PPh 21 dengan PTKP 2016. Terima kasih atas bantuannya, Pak.

    Best regards,
    Suriati


    ========Faisal==========

    Linknya sudah saya buat alternatif di google bu, tolong coba diunduh bu Suriati..

    Terima Kasih.πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

 
